Dunia Kerja, Milenial

Contoh CV Menarik dan Waktu Terbaik untuk Mengirimnya

contoh cv menarik

Ajaib.co.id – Contoh CV menarik saat ini banyak dicari. Terlebih bagi kamu yang sedang ingin melamar pekerjaan. Apalagi jika kamu menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan passion mu. Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah CV.

Cara membuat CV bukanlah sesuatu yang susah. Namun kamu tetap membutuhkan contoh CV menarik yang mudah dibuat sebagai pedoman. Semakin menarik CV yang kamu buat, semakin dilirik juga kamu oleh perusahaan yang sedang kamu lamar.

Tips Pembuatan CV yang Baik

Banyaknya contoh CV menarik selalu memperhatikan beberapa tips, berikut beberapa tips yang akan membuat CV mu mencuri perhatian HRD:

#1 Desain CV

Dalam membuat CV yang menarik, desain yang terlihat fresh dan enak dipandang akan membuat CV mu mencuri perhatian HRD. Terlebih lagi jika pekerjaan yang kamu lamar adalah industri kreatif.

Desainlah CV mu semenarik mungkin, kombinasikan dengan warna yang pas sehingga CV mu terlihat bagus dan tetap profesional. Buatlah beberapa garis atau gambar ilustrasi untuk memperindah isi dari CV mu.

#2 Pemilihan Font yang Tepat

Penggunaan font yang tepat akan menambah kesan profesional kamu. Jika kamu perhatikan, font dalam film horor tentu berbeda dengan font dalam film action. Seperti itulah kesan yang akan ditimbulkan dari font.

Kamu juga bisa memberikan warna untuk font mu. Namun perhatikan juga apakah nanti informasi yang ditampilkan dalam CV mu akan susah dibaca atau tidak. Hindari font yang terlalu meliuk-liuk karena akan susah dibaca.

#3 Gunakan Bahasa Sesuai EYD

Meskipun kamu membuat CV untuk industri kreatif, penggunaan bahasa sesuai EYD adalah hal yang harus kamu perhatikan. Tujuannya tentu agar CV mu mudah dipahami oleh HRD. Penggunaan bahasa tidak baku akan menimbulkan miss komunikasi.

#4 Waktu Yang Tepat untuk Mengirim CV

Dari semua aspek tentang contoh CV menarik, kamu juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengirim CV beserta dokumen lain untuk melamar pekerjaan. Waktu yang direkomendasikan adalah pagi hari.

Kamu harus tahu kebiasaan seseorang yang sedang bekerja di kantor. Jam berapa dia berangkat ke kantor dan apa yang dilakukan saat sampai ruangannya. Apakah membuat kopi dulu, melihat agenda hari ini atau langsung menyalakan komputer.

Kirim pagi hari pada waktu sekirannya HRD baru menyalakan komputer. Karena notif dari email yang kamu kirim akan langsung dibaca oleh HRD. Pada pagi hari, biasanya mood seseorang juga sedang baik.

a. Mengirim CV Pada Siang Hari

Jika kamu lupa mengirim CV mu pagi hari, kamu bisa mengirimnya siang hari setelah HRD selesai makan siang. Jadi saat mereka kembali ke ruangannya dan menghadap komputer lagi, notif dari emailmu akan terbaca.

Setelah makan siang, mood seseorang biasanya mulai baik lagi. Badan mulai segar lagi. Maka setelah makan siang adalah waktu yang tepat setelah pagi hari.

b. Mengirim CV Saat Sore Hari

Mengirim CV saat sore hari sebenarnya tidak begitu direkomendasikan. Karena sore hari biasanya seseorang sudah merasa lelah dan konsentrasinya juga menurun. Jika kamu benar-benar menginginkan suatu pekerjaan, maka kirimlah lamaran kamu pagi hari.

Itulah beberapa elemen untuk contoh CV menarik yang bisa kamu terapkan saat membuat CV. perhatikan juga waktu saat kamu akan mengirimnya. Semoga contoh CV menarik diatas dapat membuatmu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Elemen Penting yang Harus Ada di CV

Ketika kamu ingin membuat CV dengan baik, ada beberapa elemen penting yang harus kamu masukkan di dalam CV dan pastikan elemen tersebut adalah data yang sesungguhnya dan tidak dimanipulasi. Di bawah ini adalah beberapa elemen yang wajib ada di CV kamu.

1. Masukkan Data Identitas dengan Benar

CV yang benar harus memasukkan data diri atau data identitas dengan benar dan jujur. Mulai dari menulis nama lengkap, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, dan alamat sosial media lainnya. Pastikan sosial mediamu terlihat normal dan tidak mengandung konten SARA atau yang membuat karaktermu menjadi buruk. Sebab bisa jadi perusahaan yang kamu tuju benar-benar melihat sosial mediamu.

Kemudian deskripsikan dirimu dengan baik mulai dari usia, kondisi kesehatan, kemampuan berbahasa, dan sedikit penjelasan tentang pendidikan terakhir yang kamu jalani.

2. Masukkan Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan adalah hal penting lainnya yang harus kamu cantumkan di dalam CV. Tidak perlu menulis secara urut mulai dari pendidikan taman kanak-kanak. Cukup dari pendidikan di masa sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, sekolah menengah atas, dan universitas. Cantumkan juga durasi menempuh pendidikan di masing-masing riwayat pendidikan

Jika kamu memiliki riwayat pendidikan informal lainnya, kamu juga bisa mencantumkan di bagian riwayat pendidikan. Ini bisa menjadi nilai tambah bagi kamu. Apalagi jika selama masa pendidikan kamu aktif di beberapa organisasi.

3. Masukkan Pengalaman Kerja atau Organisasi

Jika sebelum melamar pekerjaan ini, kamu sudah memiliki pengalaman kerja, cantumkan pengalaman tersebut di dalam CV. Tuliskan secara detail di perusahaan apa kamu bekerja, durasi bekerja, posisi, dan jenjang karir yang kamu dapatkan. Meski bukan dari perusahaan besar, jangan ragu untuk menuliskannya di CV kamu ya. Kamu juga bisa menjelaskan secara singkat job description dari pekerjaan kamu tersebut, sehingga pihak HRD bisa mengetahui apakah kamu cocok mengisi jabatan yang kosong di perusahaan tersebut atau tidak berdasarkan penjelasan tersebut.

Selain pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi juga bisa menjadi nilai tambah. Apalagi jika dalam berorganisasi kamu menduduki atau memegang jabatan yang cukup berharga. Tuliskan atau deskripsikan secara detail kegiatan yang kamu lakukan dan pengaruhnya terhadap pengembangan diri.

4. Jelaskan Kualifikasi Diri yang Dimiliki

Selain pendidikan yang berkualitas, perusahaan juga akan melirik kualifikasi khusus yang kamu miliki. Apalagi jika kamu berhasil mencapai sesuatu berkat kemampuan tersebut. Sehingga jangan ragu untuk menuliskan di contoh CV kamu untuk kesan pertama yang menarik para rekruter.

5. Tuliskan Keahlian Pribadi yang Menunjang Kemampuan

Bukan cuma deskripsi diri dan pendidikan, perusahaan juga ingin mengetahui pribadimu seutuhnya. Jadi, cobalah kamu menuliskan atau menjelaskan keahlian pribadi yang bisa menunjang kemampuanmu dalam bekerja. Ini penting untuk memengaruhi keputusan para HR, apakah keahlian dan kemampuan kamu dibutuhkan atau tidak untuk mengisi posisi kekosongan.

6. Tuliskan Pencapaian yang Pernah Kamu Raih

Jika kamu memiliki capaian khusus, maka hal tersebut adalah sebuah nilai lebih. Tuliskan penncapaian atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan secara detail, termasuk di tahun berapa, di mana, dan seberapa besar pengaruhnya. Jika kamu fresh graduate, ini juga bisa jadi salah satu pengalaman baik yang akan dilihat oleh para HR. Di mana, mereka akan mengetahui bahwa kamu aktif melakukan kegiatan hingga mencapai sesuatu yang baik.

7. Tuliskan secara Singkat, Padat, dan Jelas

Untuk membuat CV yang baik dan tepat, pastikan kamu bisa menjelaskannya secara singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele. Gunakan dengan kata yang kaya makna, terdengar cerdas, dan efisien. Kemudian tuliskan setiap alur riwayat hidup dengan runtut. Termasuk pada bagian jenjang pendidikan, pengalaman kerja, atau prestasi yang pernah kamu raih. Jangan menuliskannya secara melompat-lompat.

Selain itu, hindari menggunakan nama yang berlebihan atau aneh untuk alamat email seperti anakbaikbangetzzz@gmail.com. Ini akan mengurangi nilai kamu di mata perusahaan.

Contoh-Contoh CV yang Menarik

#1 Contoh CV Fresh Graduate

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI
Nama: Prambudi Satriya
Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 3 Juni 2000
Alamat: Jalan Kramat Timur Nomor 6, Surabaya
No Hp: 0811892029
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Single
Email: prambudi00@gmail.com
Hobi: Mendengarkan Musik & Berenang
Kesehatan: Baik
Pendidikan Terakhir: Pendidikan SMA Pariwisata Surabaya

PENDIDIKAN FORMAL
2007-2013 SDN 1 Landungsari Surabaya
2013-2016 SMP 3 Surabaya
2016-2019 SMA 2 Surabaya

PENDIDIKAN INFORMAL
Kursus Bahasa Inggris Di Kampung Inggris Pare
Kursus Komputer Microsoft Word Dan Excel

PRESTASI
Olimpiade IPS Peringkat 1 Tahun 2017
Karya Ilmiah Remaja Antar Universitas Se Indonesia Juara 3 Tahun 2006

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

(Prambudi Satriya)

#2 Contoh CV PNS

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI
Nama: Novia Astuti
Tempat Tanggal Lahir: Malang, 3 Mei 1991
Alamat: Jalan Tirto Rahayu no 11 Surabaya
Nomor Telepon: 081902028
Jenis Kelamin: Perempuan
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
Alamat Email: noviastuti@gmail.com
Hobi: Menulis, Membaca, dan mendengarkan musik
Kesehatan: Baik
Pendidikan Terakhir: S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

PENDIDIKAN FORMAL
1998-2004 SDN 1 Malang
2004-2007 SMP 3 Takeran
2010-2013 SMA 2 Madiun
2013-2017 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

PRESTASI
Olimpiade Akuntansi Peringkat 1 Tahun 2013
Karya Ilmiah Remaja Antar SMA Se Indonesia Juara 2 Tahun 2013
Lomba Cerdas Cermat Di Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2017

PENGALAMAN KERJA
2017-2018 Administrasi Gudang di PT Sejahtera Abadi
2018-2020 Accounting di PT Merah Merdeka

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan
Novia Astuti

#3 Contoh CV Guru TK

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI
Nama: Dian Pitaloka
Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 3 Juni 1986
Alamat: Jalan Sisimangaraja Timur Nomor 6, Jakarta Selatan
No Hp: 081234567689
Jenis Kelamin: Perempuan
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Menikah
Email: dianpitaloka@gmail.com
Pendidikan Terakhir: D3 Pendidikan TK Universitas Negeri Surabaya

PENDIDIKAN FORMAL
1992-1998 SDN 1 Surabaya
1998-2001 SMP 3 Surabaya
2001-2004 SMA 2 Surabaya
2004-2010 Fakultas Keguruan Universitas Negeri Jakarta

PENDIDIKAN NON FORMAL
Kursus Bahasa Inggris
Kursus Bahasa Jepang
Kursus Komputer

PENGALAMAN KERJA
Guru TK Tunas Bangsa 2010-2012
Pengajar Bimbingan Belajar Membaca 2012-2014
Guru TK Tunas Muda Surabaya 2014 – sekarang

PRESTASI
Lomba senam Peringkat 1 Tahun 2003
Lomba Puisi SMA Se Indonesia Juara 2 Tahun 2002
Lomba Menyanyi Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2008
Lomba Menari Di Universitas Juara 3 Tahun 2009

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan


Diah Mardiani

Itulah elemen penting dalam pembuatan CV atau Curriculum Vitae beserta contoh CV dan surat lamaran kerja yang bisa kamu jadikan contoh dalam pembuatan CV yang baik dan benar.

Artikel Terkait