Cara Membuat Lamaran Kerja Dan CV Profesional

membuat lamaran kerja
membuat lamaran kerja

Semakin kamu dewasa, kamu akan mulai memikirkan tentang kebutuhan dan keperluan untuk bekal dimasa yang akan datang. Kamu akan mulai berpikir bagaimana membantu orang tua, ikut membiayai adik kuliah. Dari situ kamu akan mulai mencari cara membuat lamaran kerja.

Hal lain untuk melamar suatu pekerjaan adalah CV. Surat lamaran kerja tentu berbeda dengan CV, jadi jangan asumsikan keduanya ada dalam 1 lembar. Surat lamaran kerja merupakan pernyataan bahwa kamu melamar pekerjaan dalam sebuah perusahaan. Untuk contoh surat lamaran kerja sudah tersedia banyak di internet.

Sedangkan CV atau Curriculum Vitae berisi riwayat hidup, ringkasan pribadi, keterampilan, pengalaman dan seterusnya. Di internet tersedia banyak sekali contoh dan cara membuat CV sebagai syarat atau cara membuat lamaran kerja yang bisa kamu ikuti.

Untuk cara membuat lamaran kerja kamu tidak perlu pusing karena desain cenderung begitu saja sejak dulu. Tidak mengalami banyak perubahan. Namun berbeda dengan CV. Sebelum membuat CV, kamu harus tahu bagaimana membuat CV profesional.

Berikut beberapa tips membuat CV profesional yang perlu kamu tahu:

Desain Simpel

Untuk membuat desain CV yang berwarna-warni, kamu perlu jasa pembuat CV yang sudah banyak tersedia. Atau kamu bisa mendesain CV mu sendiri. Namun kamu akan kehilangan waktu dan uang. Karena itu buatlah desain CV dengan simpel.

Gunakan desain sesimpel mungkin. Misal dengan warna putih, font hitam yang akan terlihat jelas. Tinggal kamu atur posisi dari tiap tiap bagian informasi. Misal bagian kiri atas untuk riwayat pendidikan, kanan atas untuk pengalaman kerja dan seterusnya.

Kamu tidak perlu ragu jika desain CV mu terlihat biasa saja, karena yang terpenting adalah informasi di dalam CV yang bisa dengan cepat dan mudah dibaca pihak HRD. Dengan desain berwarna-warni tentu akan sedikit menyusahkan pihak HRD.

Buat CV Online

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan berbagai solusi untuk semua masalah, yakni dengan online. Teknologi industri 4.0 memberikan banyak manfaat yang memudahkan kehidupan manusia dalam menjalankan aktivitasnya.

Cara membuat lamaran kerja pasti sudah kamu kuasai. Lalu bagaimana dengan membuat CV mu secara online. Kamu tinggal membeli domain nama kamu sendiri.com. Dengan begitu saat melamar pekerjaan, untuk mengirim CV kamu tinggal memberikan link.

Terlihat profesional dan praktis. Ketika CV mu sudah berbasis online, kamu bisa mengupgrade kapanpun. Meskipun kamu tidak tahu tentang dunia website, kamu bisa dengan cepat menguasainya karena terdapat plugin yang akan mempermudah.

Waktu Yang Tepat Untuk Mengirimnya

Jika semua syarat yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan sudah kamu kumpulkan dengan lengkap. Tinggal waktu yang tepat untuk mengirimnya melalui email yang sudah disediakan pihak HRD.

Waktu mengirim lamaran pekerjaan yang pertama adalah saat pagi hari. Kira-kira jam berapa HRD datang ke ke kantor, jika jam 08:00 maka kamu bisa mengirimnya 10- 20 menit setelah itu. Jadi ketika HRD sudah siap duduk didepan komputer, notifikasi dari mu akan muncul.

Pagi hari biasanya mood seseorang juga sedang baik baiknya, masih banyak stamina dan tenaga. Waktu yang tepat untuk mengirim lamaran pekerjaan selanjutnya adalah siang hari, setelah istirahat makan siang.

Setelah makan siang, biasanya stamina dan tenaga HRD sudah terisi lagi. Jadi setelah HRD siap melanjutkan pekerjaannya di depan komputer, notifikasi dari kamu bisa langsung dibaca. Itulah waktu yang dianjurkan untuk mengirim lamaran pekerjaan. 

Setelah mengetahui cara membuat lamaran kerja ini, kamu diharapkan dapat membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk dapat diterima saat melamar kerja. Jangan sampai, sebenarnya kamu memiliki kompetensi yang dibutuhkan, tetapi karena lamaran kamu tidak mewakili yang perusahaan mau, kamu jadi ditolak.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait