Dunia Kerja, Milenial

5 Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan, Kejar Kariermu!

Surat lamaran pekerjaan merupakan gerbang utama yang menentukan, apakah kamu akan mendapatkan panggilan untuk proses wawancara kerja atau tidak. Proses ini kemudian akan diikuti proses lainnya.

Sudah tentu surat lamaran kerja bukan poin utama apakah kamu akan diterima kerja pada tempat yang kamu lamar atau tidak. Namun dengan surat lamaran ini perusahaan yang kamu tuju mendapatkan gambaran kemampuanmu untuk posisi yang kamu lamar. Jadi, sangat dianjurkan para pelamar mempromosikan dirinya dalam surat lamaran tersebut, agar perusahaan tertarik untuk merekrut atau mengikutkan dalam proses wawancara kerja.

Untuk yang telah memiliki pengalaman kerja, membuat surat lamaran kerja mungkin tidak terlalu membingungkan, namun beda halnya dengan pelamar yang baru saja lulus sekolah atau kuliah alias fresh graduate. Fresh graduate yang akan memasuki dunia kerja, rupanya masih banyak yang bingung loh bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang benar.

Beberapa di antaranya menulis surat lamaran kerja dengan berbelit-belit dan membuat staf HRD bosan. Jika begitu, maka kesempatan kamu untuk masuk ke perusahaan impian bisa raib begitu saja. Yuk, ketahui cara membuat surat lamaran pekerjaan di bawah ini!

Menulis Nama dan Alamat Surat yang Dituju

Tuliskan nama surat yang akan dituju dan alamat lengkap perusahaan di surat lamaranmu. Jangan lupa menuliskan tanggal pembuatan surat lamaran kerja. Menulis tanggal pembuatan surat biasanya terletak pada pojok kanan atas.

Jika kamu tidak mengetahui nama pimpinan HRD sebuah perusahaan yang berwenang menerima surat lamaranmu, kamu bisa mengosongkannya. Kamu cukup menyantumkannya dengan, Yth. Bapak/Ibu.

Salam Hormat dan Pembukaan

Jika surat lamaranmu menyertakan cover letter, jangan lupa berilah salam hormat dalam pembukaan dan penutupan. Kemudian dilanjutkan dengan isi surat, yakni melamar pekerjaan untuk posisi tertentu.

Kamu wajib menyantumkan asal informasi lowongan kerja perusahaan yang kamu lamar. Apakah berasal dari surat kabar, internet, situs lowongan kerja, website perusahaan, atau teman kamu yang berada di perusahaan tersebut.

Meski umumnya para pelamar menyantumkan satu posisi lowongan yang ditujunya, kamu boleh saja melamar dua posisi yang berbeda jika kamu menganggap sebagai posisi alternatif. Namun wajib menjelaskan kemampuanmu di dua posisi yang berbeda tersebut.

Umumnya para pelamar hanya menyantumkan satu posisi saja. Jika menginginkan ada alternatif posisi, biasanya para pelamar hanya menuliskannya secara tersurat. Seperti, “Saya bersedia ditempatkan posisi lain sekiranya kemampuan saya dibutuhkan,”

Biodata Pribadi

Tuliskan biodatamu secara lengkap. Yakni, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, atau nomor handphone, e-mail. Jika kamu ingin menulis latar belakang pendidikan, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi kamu.

Jika terdapat hobi yang cukup positif yang kamu percaya cukup menjual dalam surat lamaranmu, kamu bisa menyantumkannya. Misal, hobi olahraga lari atau sepakbola, membaca, menulis, atau hobi positif.

Kamu bisa saja menyantumkan hobi bermain game online misalnya, hanya saja tidak setiap perusahaan menyukai karyawannya memiliki hobi tersebut. Kecuali perusahaan yang kamu lamar merupakan perusahaan esport atau mendukung hobi tersebut.

Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan pengalaman magang jika kamu pernah magang di sebuah perusahaan. Kamu juga bisa menuliskan organisasi yang pernah yang kamu ikuti. Pengalaman organisasi ini akan sangat berguna bagimu, karena akan dinilai bagaimana peran dan kerjasamamu dalam sebuah organisasi.

Cantumkan kemampuan yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Tulislah dalam bentuk kalimat yang singkat dan padat. Ingat, kamu membuat surat bukan sebuah artikel.

Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

Agar perusahaan yang kamu tuju semakin tertarik untuk menerimamu, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang juga meminta kamu melampirkan hal lain seperti surat kesehatan, transkrip nilai dan lain-lain.

Kamu perlu mencermati syarat apa saja yang harus dipenuhi saat kamu akan melamar pekerjaan. Beberapa hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:

  1. Pas foto (foto terbaru).
  2. Daftar riwayat hidup atau CV.
  3. Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti).
  4. Portofolio.

Jadi, sudah tahu dong apa saja cara membuat surat lamaran pekerjaan? Selanjutnya, menentukan arah dan tujuan berkarir merupakan langkah terbaik untuk kamu. Setelah surat lamaran pekerjaan sudah jadi, jangan lupa untuk membuatnya menjadi bentuk PDF. Selamat mencoba ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait