Tip Memilih Asuransi Kesehatan, Sesuaikan Manfaat Dengan Kebutuhan

Memiliki tubuh sehat perlu kerja keras. Kamu bisa mulai dengan menjaga pola makanan, rutin olahraga, dan istirahat cukup. Akan tetapi itu saja tidak cukup, kamu perlu perlindungan ekstra dengan memiliki asuransi kesehatan.

Memang, banyak asuransi kesehatan di luar sana. Memilih asuransi pun rumit. Karena terdapat “perang” keunggulan di industri asuransi. Mereka menawarkan berbagai fitur, mulai dari fitur standar sampai premium, dan harganya pun kompetitif.

Buat kamu yang berminat memiliki asuransi kesehatan, pilih produk yang sesuai kebutuhan. Jangan mudah tergiur dengan embel-embel premi murah. Alih-alih ingin hemat, bisa jadi kamu malah tidak bisa menerima manfaat asuransi secara optimal. Berikut ini tip memilih asuransi kesehatan sesuai kebutuhan.

Mencari Referensi

Carilah referensi sebanyak mungkin dari berbagai situs resmi ataupun situs pembanding produk asuransi. Bandingkan satu produk dengan produk lain. Jika perlu, hubungi customer service dan tanyakan mengenai produk secara detail. Misalnya jenis perlindungan, premi, hingga klaim manfaat yang akan diterima oleh nasabah.

Kamu juga bisa menanyakan referensi memilih asuransi ke sahabat atau kerabat. Tanyakan kepada mereka mengenai pengalaman menggunakan produk asuransi, apa saja nilai plus dan minusnya, apakah ada kendala selama ini, dan lainnya. Jika masih ragu, minta mereka memberikan referensi agen asuransi yang telaten menjelaskan serta mendampingi nasabah.

Pahami Syarat dan Ketentuan

Kalau kamu sudah tertarik dengan salah satu produk asuransi, pahami syarat dan ketentuannya. Seperti sistem klaim yang mereka gunakan, daftar rumah sakit rekanan, layanan kesehatan yang akan diterima, kondisi yang masuk pertanggungan, kewajiban dan nilai pertanggungan, dsb. Lebih baik kamu tanya syarat dan ketentuan di awal, agar bisa menerima manfaat sesuai yang kebutuhan.

Prosedur Klaim Mudah

Diakui atau tidak, klaim adalah salah satu hal yang bisa membuat nasabah berpikir dua kali dalam memilih asuransi kesehatan. Kamu pastikan tentang sistem klaim yang mereka terapkan, cashless atau reimbursement. Sistem cashless lebih menguntungkan nasabah.

Karena cukup menunjukkan kartu asuransi ke pihak rumah sakit, nasabah akan menerima layanan kesehatan. Tetapi jika asuransi tidak memiliki fitur tersebut, pilih asuransi yang punya track record memudahkan nasabah mengajukan klaim. Misalnya klaim dapat diajukan melalui melalui aplikasi atau reimbursement klaim maksimal empat minggu.

Reputasi Perusahaan

Ini merupakan hal penting bagi sebuah perusahaan keuangan. Bagaimana reputasi perusahaan, baik atau buruk? Apakah perusahaan tersebut terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan? Apakah perusahaan pernah tersandung masalah hukum? Apakah perusahaan pernah bermasalah dengan nasabahnya?

Setelah perlindungan ekstra ini kamu miliki, pertimbangkan untuk menambah pundi-pundi di rekening. Salah satu caranya dengan berinvestasi. Ingat, investasi itu berbeda dari asuransi. Jika asuransi melindungi  dari hal-hal tak terduga. Investasi adalah menanamkan modal ke suatu perusahaan.

Dengan kata lain, investasi itu cara membuat kamu kaya. Siapa yang tidak mau kaya? Tapi tidak dengan cara instan. Investasi juga butuh pemahaman dan pengamatan pasar, serta memahami faktor risiko. Rumit? Sedikit.

Buat kamu yang baru pertama kali berinvestasi tapi tidak tahu caranya, pilih jenis investasi yang mudah. Baik mudah proses pendaftaran maupun mudah menjalankannya. Contohnya investasi reksa dana.

Reksa dana merupakan investasi yang cocok bagi anak muda. Karena sekarang bermunculan marketplace reksa dana yang menawarkan kemudahan administrasi, memilih produk, dan melakukan semua transaksi secara daring (online). Sehingga kamu bisa menanamkan modal ke portofolio investasi dengan mudah.

Kamu bisa berinvestasi di reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, atau reksa dana pasar uang. Pastikan perusahaan reksa dana yang kamu pilih terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait