Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik
Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Masyarakat Indonesia belum seluruhnya menyadari pentingnya memiliki asuransi kesehatan keluarga. Padahal keberadaannya penting untuk memberikan perlindungan pada anggota keluarga dan dampaknya besar sekali bagi aspek finansial suatu keluarga.

Biasanya banyak yang baru menyadari akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan ketika sudah menderita penyakit kritis dengan biaya perawatan yang terus-menerus. Misalkan saja orang yang menderita kanker dan harus mengeluarkan biaya untuk kemoterapi besera obatnya.

Jumlah biaya yang dikeluarkan untuk penyakitnya juga tentu saja cukup besar. Sesuatu yang kadang tak bisa ditanggung semua orang. Untuk itulah pentingnya memiliki asuransi kesehatan untuk memastikan kebutuhan tersebut aman terlindungi.

Asuransi kesehatan keluarga sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Namun, asuransi kesehatan keluarga terbaik di Indonesia masih menjadi tanda tanya. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada sekitar 70 perusahaan asuransi umum di Indonesia. Seluruh perusahaan tersebut memiliki layanan asuransi kesehatan keluarga yang berbeda-beda.

Sebagai konsumen, kamu harus berhati-hati dalam memilih asuransi kesehatan keluarga. Sebab, kamu harus menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Bagi kamu yang ingin memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik di Indonesia, berikut ini adalah tipsnya.

Namun pertama, kamu harus paham dulu apa itu asuransi kesehatan keluarga dan benefit memilikinya.

Apa Itu Asuransi Kesehatan Keluarga?

Sebelum mengetahui tips memilih produk asuransi kesehatan terbaik bagi keluarga, kamu harus mengetahui terlebih dulu apa itu asuransi kesehatan?

Asuransi ini merupakan salah satu produk asuransi yang memberikan penggantian biaya kesehatan, jika pemegang polisnya dirawat di rumah sakit akibat terkena penyakit atau kecelakaan. Umumnya biaya perawatan yang ditanggung oleh asuransi kesehatan berupa rawat inap dan rawat jalan. Namun ada pula beberapa produk asuransi yang menanggung perawatan lebih komplit dan detail dari sekedar 2 jenis kebutuhan ini.

Besaran penggantian biaya tersebut disesuaikan dengan jumlah tagihan dari pihak RS dengan limit tertentu. Limit itu ditentukan berdasarkan rencana asuransi yang diambil oleh pemegang polis. Misalnya ada produk asuransi yang membatasi jumlah biaya rawat inap yang dikeluarkan untuk pemegang polisnya, begitu pula dengan jumlah biaya rawat jalan yang bisa diakomodir.

Ada pula berbagai layanan tambahan yang disediakan bagi pemegang polis. Bukan hanya biaya saat sakit namun juga layanan maupun santunan ketika pemilik asuransi tersebut meninggal dunia.

Apakah itu berarti asuransi tidak bisa menanggung penuh semua biaya kesehatanmu? Jawabannya bisa iya dan tidak. Kamu bisa mencari produk proteksi kesehatan yang nilai jaminannya sangat besar sehingga bisa menutup semua biaya yang harus kamu keluarkan.

Tentunya untuk mendapatkannya kamu harus membayar iuran bulan yang cukup besar. Namun tanpa yang seperti itu pun, nilai jaminan asuransi kesehatan biasanya sudah cukup memadai. Paling tidak, keberadaan asuransi kesehatan bisa membantumu meringankan beban finansial yang muncul ketika dibutuhkan.

Produk asuransi kesehatan disediakan oleh pemerintah lewat perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa dan perusahaan asuransi umum. Banyak pula asuransi kesehatan maupun jiwa yang berafiliasi dengan lembaga perbankan sehingga kerap memberikan penawaran menarik.

Misalnya dengan membuka tabungan berjangka dengan minimal waktu tertentu maka kamu akan sekaligus mendapatkan perlindungan kesehatan. Biasanya paling tidak kamu harus membuka tabungan berjangka selama 5 tahun untuk mendapatkan benefit ini. Cara ini paling tidak menjadi solusi terbaik bagimu yang masih punya penghasilan terbatas untuk membayar asuransi dan menabung sekaligus.

Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi kesehatan keluarga merupakan salah satu bagian penting jika kamu ingin mengelola keuangan keluarga dengan baik. Paling tidak ini akan menjadi antisipasi ketika harus mengeluarkan dana yang sangat banyak ketika terserang penyakit.

Harus kamu pahami bahwa kesehatan merupakan suatu kebutuhan primer yang pemenuhannya wajib diutamakan. Tak terhitung sudah berapa banyak orang yang merasakan manfaat memiliki asuransi kesehatan ketika tiba waktunya. Ada pula orang yang menyesali tak punya asuransi ketika harus terus-menerus membayar tagihan rumah sakit tanpa bantuan keuangan apapun.

Awalnya mungkin kamu akan merasa berat mengeluarkan sejumlah dana rutin per bulannya untuk sesuatu yang tidak kamu rasakan segera manfaatnya. Apalagi jika kamu mengambil program asuransi kesehatan keluarga dengan jumlah tertanggung sesuai dengan anggota keluarga. Rasanya nominal yang dibayarkan besar sekali dan sebenarnya bisa dipakai untuk kebutuha lainnya.

Namun percaya lah asuransi kesehatan adalah suatu kebutuhan utama yang tidak bisa diganggu-gugat. Daripada kamu menyesal ketika waktunya nanti sebaiknya segera pilih program asuransi kesehatanmu. Jika saat ini belum punya perlindungan kesehatan sama sekali, sekarang adalah waktunya untuk memperbaiki fakta ini dengan sesegera mungkin mendapatkannya.

Salah satu saran keuangan yang bisa digunakan untuk kamu yang sudah berkeluarga yakni ambillah program khusus asuransi kesehatan keluarga. Besarannya jelas lebih terjangkau dibandingkan memiliki asuransi secara terpisah setiap orang namun manfaat yang dirasakan akan sama baiknya.

Kalau kamu dan pasangan sudah terlanjur memiliki asuransi kesehatan yang berbeda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggabungkannya. Kamu bisa berkonsultasi kepada agen asuransimu untuk mendapatkan solusi terbaik. Bisa pula mengubah produk asuransimu menjadi lebih ramah keluarga dan rencanamu di masa depan bersama pasangan misalnya dengan punya anak.

Terdapat beberapa kriteria dari asuransi kesehatan keluarga yang bagus, yaitu:

Jika ingin memilih asuransi kesehatan yang bagus, maka kamu harus menentukan perusahaan asuransi yang tepercaya. Perusahaan asuransi yang baik akan memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas. Jadi, kamu harus cerdas dalam memilih asuransi kesehatan keluarga yang cocok untuk menjamin kehidupan keluargamu. Berikut ini adalah cara memilih asuransi kesehatan yang baik:

  1. Terdaftar d Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Memberikan pelayanan klaim asuransi kesehatan yang baik.
  3. Agen asuransi profesional.
  4. Ada perjanjian secara tertulis
  5. Memiliki finansial yang layak.
  6. Biaya perawatan dan biaya rumah sakit transparan.
  7. Bisa mengklaim penyakit kritis.
  8. Bekerja sama dengan rumah sakit dengan pelayanan kesehatan yang baik.

Kriteria Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

a. Jaringan Rumah Sakit yang Meluas

Selain kriteria di atas, kamu juga harus memilih perusahaan asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit secara luas. Jika perusahaan asuransi memiliki banyak jaringan rumah sakit, maka kamu akan diberikan kemudahan dalam bentuk sistem klaim cashless.

Asuransi cashless hanya bisa dilakukan melalui rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak perusahaan asuransi terkait. Pastikan juga rumah sakit langgananmu telah bekerja sama dengan pihak asuransi kesehatan yang kamu pilih.

Meskipun biasanya pihak asuransi bersedia memberikan reimburse biaya yang kamu keluarkan dalam 30 hari, tentunya dirawat di rumah sakit yang masuk dalam jaringan akan jauh lebih memudahkan. Misalkan saja kamu tidak perlu terlalu mengurus administrasi rumah sakit karena akan ada agen asuransi yang turun tangan langsung.

Faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan dalam soal jaringan rumah sakit adalah mengenai lokasinya. Akan lebih baik jika produk asuransi kesehatan keluargamu bekerja sama dengan rumah sakit berkualitas yang dekat dengan rumah. Hal ini untuk mengantisipasi kerepotan di kemudian hari.

Ketika kamu, pasangan atau anak-anak sakit tentunya ingin langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan tindakan medis. Karena itu sebaiknya carilah asuransi yang sanggup memberikan layanan tersebut. Jangan buang waktumu ketika sakit untuk sekedar pergi ke rumah sakit yang lebih jauh dengan alasan bekerja sama dengan asuransi milikmu.

b. Fasilitas Rawat Inap

Biasanya, asuransi kesehatan menawarkan dua manfaat, yakni fasilitas rawat jalan dan fasilitas rawat inap. Sebaiknya, kamu memanfaatkan fasilitas rawat inap. Sebab, fasilitas tersebut akan menanggung biaya yang lebih besar dibanding fasilitas rawat jalan.

Ketika sedang dirawat di rumah sakit, tentunya kamu ingin mendapatkan perawatan terbaik baik dari segi tenaga kesehatan maupun fasilitas ruang rawat inapnya. Hal ini bias diwujudkan jika kamu cermat memiliki asuransi dengan layanan rawat inap terbaik. Pertimbangkan faktor ini matang-matang karena bagaimanapun kamu pasti ingin berada di lokasi yang nyaman ketika sakit mendera.

Jika kamu memiliki dana yang lebih, maka kamu bisa mengambil manfaat dari fasilitas tambahan atau riders asuransi rawat jalan.

c. Sistem Pembayaran Auto Debit Kartu Kredit

Saat memilih asuransi kesehatan, kamu harus memperhatikan sistem pembayarannya. Auto debit merupakan fasilitas untuk membayar premi asuransi secara otomatis. Artinya, pembayaran premi asuransi kesehatan harus dilakukan dengan cara debit secara otomatis dari kartu kredit.

Nantinya, tagihan itu akan muncul saat beberapa hari kemudian sesuai dengan tanggal cetak kartu kreditnya. Hampir semua produk asuransi kini menyediakan fitur ini di layanannnya. Sebaliknya, para pemegang polis asuransi juga banyak yang telah memanfaatkannya.

Namun, kamu harus tetap berhati-hati saat melakukan pembayaran auto debit di kartu kredit. Sekilas cara pembayaran ini jauh lebih nyaman dan praktis apalagi jika kamu sibuk dengan aktivitas lainnya. Pembayaranmu juga dijamin tepat waktu dengan cara ini.

Meski demikian, fitur auto debit ini akan membuatmu kurang jeli mengontrol pengeluaran yang kamu lakukan. Selain itu, ada banyak dokumen yang harus diurus jika terjadi perubahan dalam pengaturan produk asuransi kesehatan keluargamu.

#Apakah BPJS Kesehatan Saja Tidak Cukup?

Pemerintah Indonesia sudah beberapa tahun belakangan menyedikan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat melalui BPJS Kesehatan. Keanggotaannya belakangan menjadi suatu hal yang wajib. Manfaatnya sendiri sudah terlihat khususnya bagi masyarakat dengan kondisi finansial yang terbatas.

Premi bulanannya sendiri sangat terjangkau dengan nilai jaminan yang cukup besar. Namun bukannya layanan ini tanpa pro kontra. Sebabnya banyak masyarakat yang mengaku belum mendapatkan layanan dengan maksimal meskipun sudah melakukan pembayaran rutin.

Beragam masalah mulai dari antrian yang panjang, keterbatasan fitur dan nilai pelayanannnya menjadi salah satu yang banyak dikeluhkan. Belum lagi banyak rumah sakit yang kerap membedakan pelayanannya karena asuransi plat merah ini masih banyak menunggak.

Mungkin kamu merasa cukup terlindungi dengan adanya BPJS Kesehatan. Namun apakah itu cukup khususnya untuk mendapatkan proteksi kesehatan terbaik bagi keluargamu? Jawabnnya bias berbeda untuk setiap orang. Hanya saja jelas akan jauh lebih baik apabila kamu punya perlindungan berlapis termasuk soal asuransi kesehatan.

Tidak ada salah memiliki BPJS Kesehatan sekaligus produk asuransi swasta jika kondisi finansialmu memungkinkan. Mungkin premi asuransi kesehatan terasa lebih mahal namun jelas ada banyak kelebihan yang ditawarkan khususnya soal kecepatan dan kemudahan. Kamu tidak perlu antre panjang atau lebih leluasa memilih rumah sakit karena jaringannya yang luas. Ada sejumlah nama besar asuransi kesehatan yang bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihan bagi keluargamu.

Berdasarkan poin-poin di atas, sebaiknya kamu memilih asuransi kesehatan yang cocok untuk menjamin kehidupan keluargamu. Jangan sampai kamu memilih dan tidak mendapatkan keuntungan serta manfaat dari asuransi tersebut.

Bacaan menarik lainnya:

Gramat. Amrin, Abdullah. (2007). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait