Cara Membuat SKU untuk Mengajukan Kredit

cara membuat sku

Apakah kamu ingin membuat Surat Keterangan Usaha atau SKU? SKU biasanya diperlukan sebagai salah satu persyaratan dokumen untuk mengajukan pinjaman atau kredit bank dan lembaga keuangan. Salah satunya adalah mengembangkan usaha. Oleh karena itu, penting sekali kamu yang memiliki bisnis tahu cara membuat SKU.

SKU sendiri dibuat oleh pihak yang berwenang, seperti Kelurahan atau Kepala Desa. Sebab, SKU akan menerangkan bahwa orang yang tertera di dalamnya adalah penduduk di RT atau RW yang berada di Kelurahan atau Desa tersebut, serta benar-benar memiliki sebuah usaha.

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman ke bank dan belum memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU), yuk simak dulu persyaratan dan cara membuat SKU berikut ini

Cara Membuat SKU

Ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan sebelum mengurus SKU di Kantor Kelurahan atau Kecamatan, yaitu :

  • Surat Pengantar dari RT/RW
  • Fotokopi KTP (asli) yang masih berlaku
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Permohonan atau Pernyataan

Setelah mempersiapkan beberapa dokumen di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah umum untuk membuat SKU.

Membuat Surat Pengantar dari RT/RW

Kalau kamu belum mengetahui cara membuat surat pengantar RT/RW, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu datang ke pengurus RT, Sekretaris, atau Ketua RT.

Kemudian, buat permohonan untuk dibuatkan Surat Pengantar RT/RW yang akan digunakan untuk keperluan SKU. Kamu hanya perlu membawa KTP asli dan KK.

Nantinya, pengurus RT akan membuatkan surat pengantar tersebut, atau Surat Keterangan Domisili sebagai bukti bahwa kamu memang tinggal di lingkungan tersebut.

Surat pengantar yang sudah jadi akan ditandatangani oleh Ketua RT, kemudian disahkan oleh RW. Tidak ada biaya untuk membuat Surat Pengantar RT/RW.

Mendatangi Kantor Kelurahan atau Kepala Desa

Setelah mendapatkan Surat Pengantar dari RT/RW, kamu tinggal membawa berkas lengkapnya ke Kantor Kelurahan/Kepala Desa.

Kamu akan diminta untuk mengisi formulir pembuatan SKU. Setelah itu, persyaratan dan formulirnya diserahkan kepada petugas, dan kamu tinggal menunggu SKU tersebut dibuat.

Waktu menunggunya pun tergantung dari masing-masing Kantor Kelurahan/Kepala Desa. Kamu bisa menanyakan langsung kepada petugas. Pembuatan SKU di Kantor Kelurahan/Kepala Desa tidak dipungut biaya apa pun.

Mendatangi Kantor Kecamatan

Setelah SKU jadi dan sudah ditandatangani oleh Lurah atau Kepala Desa, kamu bisa membawa SKU ke Kantor Kecamatan.

SKU tersebut akan ditandatangani oleh Camat dan disahkan dengan stempel atau cap Kecamatan. Pembuatan SKU di Kantor Kecamatan juga tidak dipungut biaya. SKU sendiri memiliki masa berlaku hingga satu tahu, atau sejak tanggal surat tersebut diterbitkan.

Cara Membuat SKU Sangat Mudah

Secara resmi, proses pembuatan SKU tidak dikenakan biaya. Namun, kamu harus siap jika diminta untuk membayar administrasi atau sumbangan sukarela.

Persyaratan dari pembuatan SKU bertujuan untuk memperkuat jaminan agar kredit yang kamu ajukan bisa berjalan lancar. Pihak bank biasanya akan meminta jaminan untuk mengantisipasi jika kredit yang diambil terdapat masalah. Setelah mendapatkan SKU, kamu bisa pergi ke bank untuk mengajukan kredit atau pinjaman.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait