Cara Transfer SMS Banking BRI, Mudah Diajarkan ke Orang Tua

transfer sms banking bri
transfer sms banking bri

Masih bingung cara transfer sms banking BRI? Redaksi Ajaib akan menjabarkannya dengan detail dan mudah diajarkan ke orang tua.

Hampir semua lembaga perbankan kini memiliki fitur SMS banking, internet banking, dan mobile banking. Apabila generasi milenial lebih menyukai internet dan mobile banking maka biasanya paruh baya seperti orang tua lebih memilih SMS banking. Alasannya karena fitur ini jauh lebih sederhana dipahami dan digunakan.

Kekurangan fitur ini adalah layanan yang ditawarkan terbatas. Akses perbankan yang ditawarkan hanya sebatas pada informasi saldo, transfer, mutasi rekening, informasi kurs dan kartu kredit. Bandingkan dengan internet banking atau mobile banking yang menyediakan berbagai layanan termasuk transaksi reksa dana.

BRI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia juga menyediakan SMS banking ini. Bahkan fitur ini jauh lebih berguna bagi nasabah BRI yang basisnya lebih banyak di pedesaan. Daerah pedesaan umumnya masih belum terjangkau koneksi internet dan hanya mengandalkan jaringan seluler. Karena itu, perbankan via SMS bagi nasabah BRI masih sangat digemari.

SMS BRI bekerja dengan format berbeda untuk setiap perintah transaksinya. Diperlukan perintah dan kode akses berbeda ke nomor operator 3300. Untuk setiap transaksi ada biaya yang dikenakan diambil dari pulsa nasabah sesuai tarif provider yang berlaku. Besarannya mulai dari Rp250 per SMS.

Cara Transfer SMS Banking BRI Beserta Formatnya

Format kode perintah SMS Banking ini harus diperhatikan benar. Karena kalau tidak tepat maka transaksinya dipastikan gagal dan biayanya tetap tersedot.

Format sms transfer ke sesama rekening BRI

TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN

Format sms transfer ke rekening bank lain

TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN

Mudah sekali bukan caranya? Format transfer sms banking BRI ini bisa kamu ajarkan untuk orang tua, paman atau bibi yang sulit menggunakan mobile maupun internet banking. Kuncinya hanya format yang benar dan handphone yang memiliki pulsa reguler.

Sebelumnya, nasabah harus melakukan pendaftaran dan aktivitasi untuk mendapatkan layanan ini. Bisa datang langsung ke kantor cabang terdekat atau melalui mesin ATM. Pendaftaran via mesin ATM harus dilakukan secara mandiri meskipun waktunya bebas dan bisa dilakukan di banyak lokasi. Sedangkan aktivasi di kantor cabang akan dibantu oleh petugas meskipun hanya bisa dilakukan di jam operasional.

Cara daftar SMS Banking BRI via ATM

  • Masukkan kartu ATM dan pin
  • Pilih opsi ‘Transaksi Lain’
  • klik sub menu ‘Registrasi’
  • Pilih submenu ‘SMS Banking’
  • Masukkan nomor handphone yang digunakan untuk transaksi SMS Banking. Pastikan nomor tersebut masih aktif dan terdaftar atas nama nasabah yang bersangkutan.
  • Masukkan PIN SMS Banking yang akan dipakai. PIN terdiri dari 6 digit dan sebaiknya berbeda dari PIN ATM agar lebih aman.
  • Cara daftar SMS Banking via kantor cabang BRI
  • Datang ke kantor cabang BRI terdekat di jam kerja
  • Bawa serta dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP dan kartu ATM BRI
  • Ambil antrian Customer Service (CS) untuk melakukan pendaftaran
  • Nasabah akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi untuk registrasi SMS Banking dengan dipandu oleh petugas
  • Setelah dinyatakan selesai maka fitur SMS ini bisa langsung digunakan. 

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait