Saham BRI Syariah Terindikasi Share Swap, Apa Maksudnya?

Saham BRI Syariah Terindikasi Share Swap, Apa Maksudnya?
Saham BRI Syariah Terindikasi Share Swap, Apa Maksudnya?

Peminat keuangan syariah pasti mengenal BRI Syariah yang merupakan anak perusahaan dari BRI (Bank Rakyat Indonesia). Bank syariah ini juga merupakan salah satu emiten yang ada di pasar saham Indonesia. Saham BRI Syariah bahkan kerap menjadi favorit investor syariah karena harganya yang masih terjangkau namun memiliki kinerja yang potensial.

Hal ini mungkin berbeda dengan harga saham bank umum unggulan yang jelas lebih mahal. Kamu harus merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki sahamnya. Saham dari PT Bank BRIsyariah Tbk sendiri telah melantai di bursa saham sejak bertahun yang lalu.

Namun tahun lalu, BRI Syariah berhasil mendapatkan suntikan modal dari masyarakat yang cukup besar. Caranya yakni dengan melakukan penawaran umum initial public offering alias IPO dengan hasil Rp1,31 triliun. Modal dari investor publik kemudian memberikan dampak bagi struktur kepemilikannya.

Jika sebelumnya saham PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIS) didominasi oleh BRI maka kini terdilusi menjadi 73,0%, sesuai dengan diberitakan oleh Bisnis.com. Sedangkan sisanya dibagi oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) BRI Syariah dan investor publik dengan besaran 8,67% dan 18%.

Kabar berikutnya yang datang soal saham BRI Syariah adalah soal potensi terjadi share swap atau istilah lokalnya tukar guling. Jika sebelumnya penambahan modal lebih mudah dipahami oleh investor saham pemula sepertimu mungkin tidak demikian dengan share swap.

Agar tak bingung, cari tahu lebih jauh soal tukar guling ini dan dampak apa yang bisa berakibat pada saham syariah ini. Apalagi jika kamu berminat untuk memiliki sahamnya untuk masuk dalam portfolio sahammu.

Dampak Share Swap pada Saham BRI Syariah

Saham BRI Syariah baru-baru ini terindikasi akan tukar guling sama dengan Paytren. Ini karena para fund manager lokal memburu Saham BRI Syariah dengan jumlah yang signifikan. Jika fund manager sudah membeli saham dengan jumlah yang tidak umum, maka kecenderungan share swap atau tukar guling saham akan semakin berembus kencang.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan share swap atau tukar guling saham? Dan kenapa, saham BRI Syariah bisa berpotensi untuk share swap? Berikut penjelasannya.

#Apa itu share swap?

Definisi paling umum untuk share swap adalah pertukaran satu aset berbasis ekuitas atau saham dengan aset lain yang bisa juga saham terkait dengan keadaan merger atau akuisi sebuah perusahaan. Tukar guling saham biasanya terjadi ketika satu perusahaan atau saham ditukar dengan perusahaan yang mau mengakuisi.

Istilah share swap sering terjadi dalam situasi yang tidak umum, seperti karyawan yang ingin menggunakan opsi saham mereka untuk mendapatkan keuntungan. Seorang karyawan yang dulunya co-founder atau jajaran petinggi dari sebuah perusahaan startup yang berhasil mungkin melihat bahwa ia memiliki opsi untuk membeli lembar saham, tapi uang yang digunakan untuk membeli saham tersebut terlarang.

Dalam situasi seperti ini, karyawan tersebut mungkin bisa menggunakan nilai saham yang dimiliki untuk membeli saham baru. Daripada menjual saham tersebut untuk mendapatkan uang tunai, karyawan tersebut menukar saham yang ada untuk “membeli” saham lainnya.

#Keuntungan dan Kerugian Share Swap

Share swap yang terjadi antara saham BRI Syariah dengan Paytren memiliki keuntungannya sendiri. Seorang pemegang saham BRI Syariah akan secara otomatis menjadi pemegang saham dari entitas yang telah merger, sehingga risiko dan keuntungan dari sinergi tersebut akan sangat menguntungkan bagi kedua pihak, dalam hal ini BRI Syariah dan Paytren. Selain itu, pada share swap, tidak ada biaya tambahan untuk untuk proses akuisisi, sehingga menghemat biaya yang ada. 

#Investor Harus Memahami Share Swap

Jika kamu pemegang lembar saham, seperti saham BRI Syariah yang akan terindikasi merger dengan perusahaan lain, maka kamu butuh melihat prospek jangka panjang setelah proses share swap terjadi. Termasuk diversifikasi portofolio dan hal-hal lainnya.

Dalam sejumlah kondisi, share swap bisa menjadi sesuatu yang positif bagi kinerja perusahaan. Sesuatu yang biasanya juga menghasilkan keuntungan bagi investornya. Telaah lebih jauh bagaimana tukar guling ini akan memberikan dampak bagi portofoliomu ya.

Memahami apa itu share swap adalah langkah kesekian dari dunia investasi saham. Sebelum kamu mendalami share swap, kamu harus lebih dulu mengetahui hal-hal dasar seperti apa itu saham blue chip, saham gorengan, analisis teknikal, dan fundamental serta chart yang ada di pasar saham, baik di Indonesia ataupun di luar negeri.

Semua hal tersebut, bersama dengan share swap dan istilah investasi saham lain, bisa kamu temukan di blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait