Saham BRI Syariah Terindikasi Share Swap, Apa Maksudnya?

Saham BRI Syariah Terindikasi Share Swap, Apa Maksudnya?
Saham BRI Syariah Terindikasi Share Swap, Apa Maksudnya?

Saham BRI Syariah baru-baru ini terindikasi akan tukar guling sama dengan Paytren. Ini karena para fund manager lokal memburu Saham BRI Syariah dengan jumlah yang signifikan. Jika fund manager sudah membeli saham dengan jumlah yang tidak umum, maka kecenderungan share swap atau tukar guling saham akan semakin berembus kencang.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan share swap atau tukar guling saham? Dan kenapa, saham BRI Syariah bisa berpotensi untuk share swap? Berikut penjelasannya.

Apa itu share swap?

Definisi paling umum untuk share swap adalah pertukaran satu aset berbasis ekuitas atau saham dengan aset lain yang bisa juga saham terkait dengan keadaan merger atau akuisi sebuah perusahaan.  Tukar guling saham biasanya terjadi ketika satu perusahaan atau saham ditukar dengan perusahaan yang mau mengakuisi.

Istilah share swap sering terjadi dalam situasi yang tidak umum, seperti karyawan yang ingin menggunakan opsi saham mereka untuk mendapatkan keuntungan. 

Seorang karyawan yang dulunya co-founder atau jajaran petinggi dari sebuah perusahaan startup yang berhasil mungkin melihat bahwa ia memiliki opsi untuk membeli lembar saham, tapi uang yang digunakan untuk membeli saham tersebut terlarang. Dalam situasi seperti ini, karyawan tersebut mungkin bisa menggunakan nilai saham yang dimiliki untuk membeli saham baru. Daripada menjual saham tersebut untuk mendapatkan uang tunai, karyawan tersebut menukar saham yang ada untuk “membeli” saham lainnya.

Keuntungan dan Kerugian Share Swap

Share swap yang terjadi antara saham BRI Syariah dengan Paytren memiliki keuntungannya sendiri. Seorang pemegang saham BRI Syariah akan secara otomatis menjadi pemegang saham dari entitas yang telah merger, sehingga risiko dan keuntungan dari sinergi tersebut akan sangat menguntungkan bagi kedua pihak, dalam hal ini BRI Syariah dan Paytren. Selain itu, pada share swap, tidak ada biaya tambahan untuk untuk proses akuisisi, sehingga menghemat biaya yang ada. 

Investor Harus Memahami Share Swap

Jika kamu pemegang lembar saham, seperti saham BRI Syariah yang akan terindikasi merger dengan perusahaan lain, maka kamu butuh melihat prospek jangka panjang setelah proses share swap terjadi. Termasuk diversifikasi portofolio dan hal-hal lainnya.

Memahami apa itu share swap adalah langkah kesekian dari dunia investasi saham. Sebelum Anda mendalami share swap, kamu harus lebih dulu mengetahui hal-hal dasar seperti apa itu saham blue chip, saham gorengan, analisis teknikal, dan fundamental serta chart yang ada di pasar saham, baik di Indonesia ataupun di luar negeri. Semua hal tersebut, bersama dengan share swap dan istilah investasi saham lain, bisa Anda temukan di blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait