Mengenal Mandiri Clickpay, Kekurangan dan Kelebihannya

Mengenal Mandiri Clickpay

Perkembangan teknologi dan telepon seluler yang semakin pesat memberikan dampak pada perilaku masyarakat dalam belanja produk tertentu. Kehadiran smartphone di dalam genggaman membuat minat masyarakat untuk membeli barang langsung di toko mulai menurun, dan lebih memilih belanja secara online. Ditambah lagi kehadiran e-commerce yang makin menjamur memanjakan pembeli berbelanja via smartphone.

Sistem pembayaran pun hadir dengan berbagai macam pilihan yang memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran, baik menggunakan aplikasi maupun dengan internet banking, salah satunya adalah Mandiri Clikpay. Ini merupakan internet banking dari Bank Mandiri, diperuntukkan bagi mereka nasabah Bank Mandiri yang butuh cepat dalam bertransaksi. Dengan Mandiri Clickpay ingin membayar tagihan belanja secara online jadi lebih mudah.

Apa Itu Mandiri Clickpay

Mandiri Clickpay adalah salah satu layanan e-banking dari Bank Mandiri yang memudahkan para nasabahnya melakukan pembayaran maupun pembelian online di situs merchant yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri. Caranya, memasukkan 16 digit nomor kartu mandiri debit dan menggunakan Token PIN Mandiri sebagai validasi transaksi.

Nasabah harus mendaftar ke Bank Mandiri untuk dapat bertransaksi menggunakan fitur ini. Dengan menggunakan Mandiri Clickpay maka mereka dapat melakukan metode pembayaran di beberapa toko online yang telah menyediakan metode pembayaran jenis ini, di antaranya ialah Tokopedia, Blibli, dll.

Bagi Anda yang melakukan pembayaran jenis ini tidak perlu melakukan konfirmasi pada penjual, karena sudah terverifikasi secara otomatis.

Cara Menggunakan Layanan Mandiri Clickpay

Syarat yang utama untuk bisa menggunakan layanan ini tentunya Anda harus mempunyai rekening Bank Mandiri, lalu kemudian Anda melakukan pendaftaran layanan internet banking di Bank Mandiri terdekat. Setelah layanan Internet Banking Mandiri aktif dan Anda sudah memiliki token Mandiri, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk (Login) ke dalam layanan internet bank mandiri dan pilih submenu Mandiri Clickpay, kemudian pilih aktivasi.
  • Masukkan 16 digit nomor kartu ATM/Debit Bank Mandiri Anda yang akan digunakan untuk bertransaksi online, kemudian tekan tombol Lanjutkan.
  • Masukkan 6 digit PIN yang dikeluarkan dari token.
  • Aktivasi berhasil, Anda dapat menggunakan nomor kartu yang didaftarkan tersebut untuk bertransaksi online di situs Mitra Bank Mandiri

Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Mandiri Clickpay

Dengan menggunakan Mandiri Clickpay tentunya transaksi Anda jadi lebih mudah, dan tidak terikat waktu dan tempat. Meskipun begitu ada juga beberapa kekurangan dalam menggunakan fitur ini, salah satunya kita diharuskan untuk selalu membawa token. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakannya.

Kelebihan:

  • Setiap melakukan transaksi menggunakan token fisik, Anda tidak memerlukan pulsa untuk menerima OTP (One Time Password), ini adalah password dinamis yang dikirimkan ke nomor telepon seluler pemegang rekening.
  • Banyak merchant ternama yang telah terdaftar.
  • Sistem keamanan yang digunakan adalah yang standar internasional dengan enkripsi SSL 2048 bit (Secure Socket Layer 2048 bit Encryption) yang akan mengacak data transaksi.
  • Berbagai transaksi perbankan dapat dilakukan, seperti: transfer uang, bayar tagihan, isi pulsa, dll.
  • Tidak membutuhkan perangkat khusus.

Kekurangan :

  • Ribet, karena Anda harus selalu membawa token fisik.
  • Proses otorisasinya berjenjang sehingga relatif lebih lama.
  • Bagi Anda pecinta promo mungkin ini agak mengecewakan, karena jarang ada promo dari merchant-merchant yang kerja sama.
  • Bagi pemula ini agak merepotkan karena penggunaanya tidak user friendly.

Metode pembayaran Mandiri Clickpay sangat memudahkan bagi Anda nasabah Bank Mandiri yang  mempunyai mobilitas yang  tinggi, terutama jika Anda mempunyai usaha dan sering melakukan transaksi. Meskipun saat ini banyak bermunculan metode pembayaran terbaru, dan pembayaran dengan metode ini  jarang mendapat promo, namun masih banyak yang menggunakan metode pembayaran jenis ini.

Bagi Anda yang hobi belanja juga akan terbantukan dengan metode pembayaran jenis ini. Karena beberapa e-commerce telah melakukan kerja sama dengan bank mandiri menggunakan metode pembayaran Mandiri Clickpay. Tapi ingat ya, buat Anda yang suka belanja jangan sampai kebablasan, sisihkan uang Anda untuk menabung dan berinvestasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait