Istilah-istilah Reksa Dana Ini Harus Diketahui Oleh Investor Pemula

Istilah-istilah Reksa Dana Ini Harus Diketahui Oleh Investor Pemula

Kehadiran reksa dana telah menarik perhatian banyak orang. Selain karena modalnya yang lebih terjangkau, investasi ini juga sesuai bagi investor pemula yang masih belum terlalu paham dengan dunia investasi. Pada skema pengelolaannya, investor akan dibantu oleh Manajer Investasi (MI) sebagai pihak profesional dalam bidang investasi.

Kalau kamu tertarik untuk menjadi investor, maka tidak ada salahnya mulai mengenal istilah reksa dana yang sering digunakan. Jadi kamu bisa lebih mudah memahami cara kerja investasi ini.

Manajer Investasi (MI)

Seperti sudah disebutkan di atas, Manajer Investasi (MI) merupakan pihak profesional yang berhak melakukan pengelolaan dana para investor. Peluang untuk menjadi investor reksa dana terbuka bagi siapa saja, termasuk bagi mereka yang masih awam dengan dunia investasi.

Seorang MI harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelum mengalokasikan dana di berbagai jenis investasi. Untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi para investor.

Portofolio Efek

Portofolio efek merupakan salah satu istilah reksa dana yang akan sering kamu dengar dalam dunia investasi. Pada dasarnya, efek berarti berbagai kumpulan surat berharga. Termasuk di dalamnya adalah obligasi, saham, surat utang, tanda buku utang dan lain sebagainya.

Portofolio efek ini kemudian akan dikelola oleh MI selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap investasi dari para investor.

Bank Kustodian

Bank Kustodian adalah lembaga keuangan yang bertanggung jawab menjalankan tugas sebagai administrator dan pengawas. Kustodian berperan untuk mengamankan aset keuangan investor.

Tugas administrator yang dijalankan kustodian adalah mencatat berbagai aktivitas yang berkaitan dengan MI atau investor. Sedangkan aset yang dimaksud merupakan semua jenis sekuritas dan aset berharga lainnya.

Unit Penyertaan (UP)

Merupakan satuan transaksi yang menunjukkan berapa jumlah penyertaan milik investor. Kamu akan mendapatkan Unit Penyertaan pada saat membeli reksa dana. Saat kamu menjual kembali investasi, berarti Unit Penyertaan dijual kembali kepada MI.

Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Sering juga disebut sebagai asset under management (AUM) atau jumlah dana kelolaan. NAB menunjukkan jumlah total dan yang dikelola suatui reksa dana. Namun NAB tidak menunjukkan harga reksadana.

NAB bisa menjadi gambaran kepercayaan investor. Semakin besar nilai NAB semakin besar juga kepercayaan masyarakat/investor dalam mempercayakan pengelolaan dananya. Walaupun demikian, hal tersebut bukanlah patokan standar.

Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/UP)

Kalau kamu bertanya-tanya apa yang menjadi dasar penetapan harga suatu reksa dana, maka NAB/UP inilah jawabannya. NAB/UP menunjukkan nilai investasi yang dapat berubah setiap harinya. Untuk menghitungnya, dengan menjumlahkan dana kelolaan dan membaginya dengan jumlah unit penyertaan.

Transaksi Pengalihan (Switching)

Aktivitas transaksi di reksa dana tidak hanya beli (subscription) dan jual (redemption) saja. Ada satu istilah reksa dana lain yang juga harus kamu ketahui, yaitu transaksi switching atau pengalihan.

Sederhananya, pada transaksi switching dilakukan pengalihan dari satu reksa dana ke reksa dana lainnya. Pengalihan bisa dilakukan untuk seluruh atau sebagian unit saja. Namun instruksi switching hanya dapat dilakukan dengan syarat produk berada pada kustodian dan MI yang sama.

Itulah beberapa istilah yang harus kamu ketahui selaku investor pemula. Kamu juga bisa mulai mencari tahu mengenai jenis-jenis investasi yang paling sesuai untukmu. Para MI profesional di Ajaib bisa kamu jadikan konsultan untuk memulai investasi pertamamu.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait