Saham CPIN dan Pengertian Koreksi yang Menimpanya

Saham CPIN dan Pengertian Koreksi yang Menimpanya
Saham CPIN dan Pengertian Koreksi yang Menimpanya

Pada bulan Juni 2019 lalu, saham CPIN mengalami tekanan hingga anjlok pada angka 14,6%. Saham CPIN yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index ini perlahahan mulai bangkit setelah didera koreksi. Sebenarnya, makna koreksi dalam dunia saham itu apa?

Apa itu koreksi?

Koreksi, atau diketahui juga sebagai koreksi pasar adalah penurunan harga saham di pasar atau indeks lebih besar dari 10% namun masih di bawah 20%. Istilah ini juga bisa diterapkan pada sekuritas lain di mana karakteristik utama masih berkisar di angka 10% hingga 20%.

Memahami koreksi atau koreksi teknis

Istilah koreksi menyiratkan bahwa harga mungkin menurun dan perlu dikembalikan ke harga semula. Mengingat bahwa definisi koreksi dalam saham adalah bahwa harga harus turun setidaknya 10% tetapi tidak melebihi 20%, maka dapat dipastikan bahwa istilah koreksi akan jatuh ke bidang analisis teknis.

Karakteristik utama koreksi

  • Koreksi tidak bisa diprediksi, jarang bertahan dalam periode yang lama, tapi terjadi cukup sering.
  • Kebanyakan dari koreksi tidak disukai oleh investor ekuitas jenis apapun, koreksi juga lebih mengkhawatirkan untuk investor jangka pendek daripada investor jangka panjang.
  • Koreksi bisa menawarkan investor saham peluang untuk mengambil lembar saham yang berkualitas dengan potongan harga.
  • Koreksi memaksa semua investor, terutama investor jangka panjang, untuk menyesuaikan ulang toleransi risiko portofolio mereka, dan membuat perubahan apapun jika dibutuhkan.

Apakah koreksi sama dengan bear market?

Koreksi pasar memiliki kesamaan dengan bear market dalam faktor penurunan. Namun, koreksi biasanya hanya terjadi rata-rata 2 bulan lebih atau selama 71 hari. Biasanya, pasar baru akan pulh ketika investor mulai kembali membeli saham yang ada.

Kekhawatiran bahwa koreksi pasar akan bertahan lama tentunya merupakan pemahaman yang salah. Koreksi pasar tidak akan berujung kepada bear market, yaitu penuran hingga 20% ke atas dalam indeks pasar selama setidaknya dua bulan lebih.

Langkah investor ketika koreksi terjadi

Catatan penting lainnya bagi investor adalah pola pikir bahwa investasi adalah jangka panjang. Jadi, jika koreksi pasar terjadi hari ini, kamu tidak perlu panik yang tentunya akan mengubah bahkan mengacaukan strategi pasar. Ketika koreksi terjadi, pahami bahwa ini merupakan siklus pasar yang umum terjadi. Dengan begitu, maka koreksi pasar hanya angin lalu yang tidak akan mengubah rencana masa depan kamu sedikitpun.

Koreksi pasar yang terjadi dengan saham CPIN bisa terjadi kepada saham apapun dalam berbagai indeks. Sehingga, memahami, memerhatikan hingga memprediksi koreksi pasar penting bagi investor pemula. Seperti yang telah disinggung pada isi artikel secara keseluruhan, koreksi pasar adalah suatu hal yang lumrah terjadi dalam bursa efek sehingga penting bagi kamu untuk tidak panik dan gegabah dalam mengambil keputusan yang justru, mungkin bisa merusak strategi investasimu.

Buat kamu yang masih bingung mengenai masalah dan istilah saham, yuk belajar di Ajaib sekaligus memulai investasi saham di aplikasi Ajaib sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait