Mengintip Saham CPIN di tengah Harga Ayam yang Turun

saham-cpin
saham cpin

Kinerja PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) pada kuartal I-2019 lalu terbilang kurang memuaskan. Sebab, laba bersih perusahaan ini merosot 18,5%. CPIN mengalami kerugian operasional dari ayam broiler dan turunnya performa ayam ternak yang berpengaruh pada saham CPIN.

Namun, harga saham CPIN di akhir Agustus 2019 tercatat sebesar Rp 5.025. angka tersebut turun 0,99% dalam sebulan. Selama periode tersebut, RTI mencatatkan jual bersih asing terhadap saham di seluruh pasar sebesar Rp 72,58 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan Januari – Juni 2019, CPIN mampu mencetak penjualan sebesar Rp 29,57 miliar. Jumlah ini naik 15,46% yoy. Meskipun naik, laba CPIN justru merosot 29,21% menjadi Rp 1,72 triliun.

Padahal, semester pertama tahun lalu, laba CPIN mencapai Rp 2,43 triliun. Hal itu dikarenakan beban yang naik hingga 24,08% yoy menjadi Rp 25,92 triliun.

Dilihat dari sisi valuasi, tercarat PER perusahaan ini mencapai 23,82 kali dengan PBVR sebesar 4,29 kali.

Menurut survei dari Pinsar (survei Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat) Indonesia, harga ayam broiler memang mengalami keturunandi bulan Oktober. Contoh, di Jawa Tengah dan Yogyakarta harga broiler berada di rentang Rp 16.000 per kilogram (kg) – Rp 17.000 per kg.

Sementara bila dibandingkan dengan harga pada hari Minggu akhir September, harga broiler lebih mahal dengan nilai Rp 16.500 – Rp 17.700 per kg. Penurunan inilah yang membuat CPIN dan saham perusahaan ayam anjlok di Bursa Efek Indonesia.

Penurunan harga ayam ditingkat peternak ini berdampak pada hari saham perusahaan ayam di Bursa Efek Indonesia.

Hal serupa juga terjadi di harga saham JPFA yang harus rela turun 1,90% menjadi Rp 1.550 per saham. Memang, ada banyak aspek yang bisa mempengaruhi naik turunnya nilai sebuah saham. Jadi kamu harus jeli sebelum menginvestasikan uang kamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait