Investasi, Saham

Market Cap Perusahaan Tinggi Menstabilkan Harga Saham

market cap

Ajaib.co.id – Harga saham perusahaan yang memiliki market cap tinggi dinilai memiliki nilai fundamental yang baik dan tidak mudah terombang-ambing oleh gejolak ekonomi dan permainan bandar.

Market Cap Adalah Market Capitalization

Diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai kapitalisasi pasar, market capitalization – sering disingkat sebagai market cap – adalah sebuah terminologi bisnis yang mengacu pada harga total market secara keseluruhan saham dari sebuah perusahaan, yang harus dibayar oleh pihak yang ingin membeli perusahaan tersebut.

Market cap yang ideal adalah yang setara dengan ekuitas sebuah perusahaan – bukan asetnya – karena ekuitas adalah modal bersih sebuah perusahaan, sedangkan aset merupakan akumulasi dari ekuitas, ditambah utang. Semakin tinggi market cap sebuah perusahaan dibanding ekuitas atau asetnya, maka semakin mahal harga perusahaan tersebut.

Daftar Perusahaan Dengan Market Cap Tertinggi 2019

  • (BBCA) PT Bank Central Asia Tbk – Rp739 M
  • (BBRI)  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. – Rp512 M
  • (TLKM) Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. – Rp423 M
  • (UNVR) PT Unilever Tbk. – Rp364 M
  • (BMRI)  PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. – Rp326 M
  • (HMSP) PT HM Sampoerna Tbk. – Rp319 M
  • (ASII)    PT Astra International Tbk. – Rp270 M
  • (TPIA)  PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. – Rp165 M
  • (BBNI) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. – Rp143 (ICBP)  
  • PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. – Rp140 M

Perusahaan Dengan Pertumbuhan Market Cap Tertinggi 2019 Sejak IPO (Initial Public Offering)

Perusahaan publik (emiten) fast moving consumer good PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) mencatatkan pertumbuhan market cap terbesar sejak aksi go public pada 1982.

Pada saat Initial Public Offering (IPO) 1982 –penawaran umum saham perdana – harga saham UNVR bernilai Rp 3.975,- per unit, dengan total jumlah saham yang dilepas untuk dibeli publik adalah 9.200.000 per unit. Sebagai hasilnya, market cap perdana PT Unilever Indonesia Tbk. mencapai Rp36,57 Miliar.

Pada kuartal I tahun 2019, total jumlah saham UNVR yang beredar di pasar saham adalah 7.630.000.000 unit, dimana harga per unitnya adalah Rp 45.900. Artinya, market cap PT Unilever Indonesia Tbk. telah berhasil tumbuh menjadi Rp 350,22 Triliun. Wow!

Perusahaan Dengan Rata-rata Pertumbuhan Market Cap Tertinggi Per Tahun

a. UNVR tidak hanya mencatatkan laju pertumbuhan market cap tertinggi, tapi juga rata-rata pertumbuhan market cap per tahun tertinggi, sebesar 320,22%.

b. PT United Tractors Tbk. (UNTR) yang selama hampir 30 tahun terdaftar di BEI mencatatkan laju pertumbuhan market cap perusahaan senilai Rp 102,58 Triliun, dan rata-rata pertumbuhan market cap per tahun tertinggi ke-2 sebesar 176%.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Nilai Market Cap Sebuah Perusahaan

Total jumlah saham terbaru yang beredar di pasar saham.

Cara mendapatkan info tentang jumlah saham yang telah dilepas oleh sebuah perusahaan publik di pasar saham, adalah dengan mendownload laporan keuangan terbaru dari perusahaan tersebut dari situs resmi IDX.

Caranya:

  • Ketik kode sahamnya di kolom kode (misalnya: UNVR)
  • Pilih ‘laporan keuangan’ di kolom kata kunci.
  • Ketik ‘Cari’
  • Pengumuman jumlah saham sebuah perusahaan biasanya terletak di bagian Ekuitas. Pilih modal saham dari ‘Modal ditempatkan dan disetor penuh’
  • Umumnya nilainya ditampilkan dalam jumlah sesungguhnya, bukan dari nilai konversi, sehingga lebih mudah dibaca.

Harga Saham Terkini

Berberapa aspek yang mempengaruhi perbedaan harga tiap saham adalah nilai buku perusahaannya, dan bagaimana investor menghargai sahamnya, atas analisa yang mereka lakukan. Seringkali harga saham bisa naik atau turun bukan karena nilai fundamentalnya yang berbasiskan kualitas kinerja sebuah perusahaan, tapi kerapkali karena alasan prospek dan sentimen positif, atau negatif, yang dihembuskan oleh para analis, dan banyak beredar di berbagai media.

Untuk dapat lebih mengetahuinya hal itu secara rinci:

  • Kunjungi dan buka laman harga saham.
  • Klik linknya dan ketik kode saham yang ingin dicek harganya di tools tersebut.
  • Widget yang diberikan oleh analis.co.id di halaman tersebut merupakan sistem yang dapat melakukan update otomatis, sehingga harga yang terpampang dijamin ter-update.

Adanya Aksi Korporasi Sebuah Perusahaan

Aksi korporasi dilakukan oleh sebuah perusahaan terkait dengan kegiatan bisnisnya, khususnya dalam hal keterlibatannya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Cap sebuah perusahaan tidak hanya ditentukan oleh kenaikan harga, tapi juga bertambahnya jumlah unit saham perusahaan yang beredar di pasar saham akibat rights issue (penerbitan saham baru) atau stock split (pemecahan nilai nominal saham).

Tujuannya tentu untuk menambah modal kerja dari bisnis, agar nantinya bisa meningkatkan skala dan kualitas kinerjanya menjadi lebih baik lagi.

Market Cap Tertinggi Termasuk Dalam 20 Blue Chip/ Big Cap

Perusahaan publik yang tergolong dalam perusahaan publik dengan nilai market cap dan nilai pertumbuhan rata-rata market cap per tahun tertinggi, otomatis akan masuk dalam daftar deretan emiten saham Blue Chip, atau juga disebut dengan Big Cap.

Pengertian saham Blue Chip atau Big Cap adalah saham papan atas atau saham unggulan, yang memiliki angka cap besar, yaitu di atas 40 Triliun. Perusahaan yang tergolong emiten Blue Chip atau Big Cap ini adalah perusahaan besar dengan fundamental, etos kerja, kinerja dan pengelolaan oleh jajaran profesional terbaik.

Umumnya bergerak di bidang industri produk yang dibutuhkan banyak orang. Saham kategori Blue Chip yang diterbitkan oleh perusahaan publik papan atas ini memiliki nilai keuntungan tinggi yang akan dibagikan kepada investor dalam bentuk deviden.

Sehingga sangat potensial untuk dijadikan investasi jangka panjang yang memberikan penghasilan terus-menerus berkat kehandalan fundamental dan kinerjanya, dan “nggak gampang digoreng” oleh para Bandar karena pangsa pasarnya yang sangat besar.

Bagaimana, sudah menyusun daftar calon deretan Blue Chip-mu?

Nah, jika sudah, kamu bisa mulai membeli sahammu di Ajaib, platform investasi saham dan reksa dana yang dapat membantu kamu memulai investasi secara online, kapan dan di mana saja. Melalui Ajaib, kamu bisa mulai berinvestasi saham hanya dengan modal Rp100 ribu. Ada banyak perusahaan atau emiten saham yang bisa kamu pilih di Ajaib, mulai dari saham blue chip hingga saham di berbagai industri.

Sebelum kamu memulai investasi saham, pastikan kamu melakukan analisa secara mendalam untuk melihat kinerja saham perusahaan. Sehingga kamu bisa menentukan investasi secara tepat dan tidak merugi. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi kamu sekarang juga di Ajaib dan dapatkan return terbaik dengan analisa secara tepat. Jangan lupa juga untuk belajar dan update masalah dunia saham hanya di Ajaib!

Artikel Terkait