Bisnis & Kerja Sampingan

7 Situs Paling Oke untuk Menjual Baju Preloved

Baju preloved

Ajaib.co.id – Ada beberapa alasan yang membuatmu tidak menggunakan baju yang sudah dibeli. Hal itu karena ternyata bentuknya tidak sesuai dengan yang diharapkan, ada yang sudah kebesaran atau kekecilan karena berat badanmu yang naik atau turun, atau kamu sudah merasa bosan menggunakannya. Pilihannya ada kamu dapat memberikan baju-baju itu pada yang membutuhkan atau menjual baju preloved.

Menjual baju preloved sebenarnya tidak terlalu menguntungkan dari segi harga karena pastinya kamu akan menurunkan harga dari ketika pertama kali membelinya. Namun, dengan menjualnya kamu bisa mengosongkan lemari dan mendapatkan uang tambahan buat kebutuhan sehari-hari. Uang hasil penjualan barang preloved tetap bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan yang kamu miliki. Atau kamu juga bisa mendatangkan baju preloved yang berasal dari luar negeri dan dijual di Indonesia. Bisnis baju bekas ini cukup diminati asalkan baju yang dijual masih terlihat bagus dan bisa digunakan dengan nyaman.

Apa itu Preloved?

Menurut Oxford Dictionary, preloved artinya adalah barang yang pernah dimiliki sebelumnya dan akan berpindah tangan. Istilah preloved juga sering disebut secondhand. Ada beberapa poin yang menjelaskan mengenai barang preloved yaitu:

  • Suatu produk yang pernah dibeli dan sempat digunakan beberapa kali;
  • Preloved adalah produk yang sempat dibeli, tetapi belum pernah digunakan; dan
  • Barang yang diberikan orang lain, tetapi tidak pernah digunakan.

Ketiganya dikategorikan sebagai barang preloved. Namun, setiap orang memiliki standar preloved yang berbeda. Ada yang berpendapat kalau barang preloved adalah produk yang masih layak digunakan meskipun kondisinya kurang bersih. Namun, ada juga yang menganggap bahwa barang preloved harus termasuk produk bermerek. Kenyataannya, pengertian preloved sangat luas dan tak terbatas pada masalah merek saja.

Tips Menjual Barang Preloved

Ketika kamu memutuskan untuk memulai bisnis preloved, maka kamu tidak bisa sembarangan. Ada beberapa strategi yang perlu kamu lakukan agar cepat memperoleh keuntungan. Di bawah ini adalah beberapa tips menjual barang preloved yang perlu kamu perhatikan.

1. Mengenali merek

Biasanya, orang mencari barang preloved dari merek ternama. Jadi, pastikan terlebih dulu apakah barang yang ingin dijual kembali tersebut termasuk produk bermerek atau bukan. Lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menjual. Kemudian, barulah kamu bisa menentukan harga jual dengan memeriksa harga asli produk versi terbaru. Jangan menjual barang preloved dengan harga barang baru karena akan mengurangi minat calon pembeli.

Jika memang bukan produk branded asli, katakanlah secara jujur kepada pelanggan. Jangan sampai menipu calon konsumen hanya untuk mendapatkan keuntungan besar. Selain itu, cobalah terangkan keunggulan apa saja yang dimiliki oleh barang tersebut tanpa menutup-nutupi kebenaran.

2. Mengecek kondisi barang

Pastikan kondisi barang yang akan kamu jual masih layak untuk digunakan kembali. Hindari menjual barang yang sudah benar-benar rusak. Periksa noda atau lubang yang mungkin ada pada permukaan barang. Jika barang yang kamu jual adalah baju, cobalah cek potensi kerusakan di bagian lutut, ritsleting, kerah leher, siku, ataupun ketiak. Cuci atau bersihkan terlebih dahulu barang-barang yang kotor agar tampilannya lebih menarik ketika ingin dijual.

3. Berikan harga yang sesuai

Siapa pun yang ingin membeli barang bekas atau preloved pasti menginginkan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, cobalah berikan harga yang sesuai dengan kualitas. Kamu bisa coba melakukan riset dengan berkeliling mengecek barang preloved milik orang lain yang sama dengan milik kamu. Jangan ambil keuntungan terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

4. Pasarkan lewat marketplace

Tidak perlu bingung mencari tempat berjualan. Saat ini banyak situs yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual barang preloved secara online. Kamu hanya perlu mengambil gambar terbaik, lengkapi deskripsi barang, dan pasang harga yang sesuai melalui online. Jangan lupa masukkan kategori barang untuk memudahkan calon pembeli mencari barang preloved yang kamu jual.

5. Pasarkan lewat media sosial

Media sosial juga bisa menjadi media yang kamu gunakan memasarkan produk preloved dengan cepat. Jangkauannya yang luas serta interaksi real-time membuat komunikasi dengan audiens menjadi lebih efisien. Kamu bisa mengiklankan lewat akun jejaring sosial pribadi dan membuat gambar atau foto sekreatif mungkin.

6. Membuka toko khusus preloved

Toko khusus preloved bisa kamu buka di berbagai macam platform. Mulai dari marketplace, jejaring sosial, blog, maupun situs web pribadi. Panduan ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki banyak barang preloved. Tidak hanya menjual barang milik sendiri, kamu juga bisa membuka jasa pemasaran preloved. Jadi, kamu akan memperoleh komisi ketika berhasil membuat produk laku.

7. Beri tahu alasan Anda

Beri tahu alasan yang sejujurnya tentang maksud kamu menjual suatu barang. Misalnya, sudah bosan menggunakannya, warnanya tidak sesuai keinginan, tidak muat di tubuh, atau ingin membeli produk keluaran terbaru. Alasan inilah yang akan menjadi pertimbangan bagi seorang pembeli.

8. Tulis kelebihan dan kekurangannya

Barang preloved tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, dan kamulah orang yang paling tahu tentang kondisi barang yang hendak dijual. Tuliskan deskripsi dan detail yang jelas agar calon pembeli memiliki gambaran dan dapat membuat pertimbangan. Misalnya, ketika kamu ingin menjual baju, maka berikan keterangan tentang kondisi fisik, lama pemakaian, dan sebagainya. Jangan lupa sertakan kelengkapan produk yang akan dijual.

9. Ambil foto terbaik

Teks deskripsi dan detail saja tidak akan cukup, kamu juga perlu menaruh foto produk dari berbagai sisi. Misalnya, memotret bagian yang sedikit rusak atau berlubang pada topi preloved yang dijual. Perangkat yang digunakan bisa berupa kamera atau smartphone. Semakin jelas wujud barang maka pelanggan semakin tertarik membawa pulang apa yang kamu pasarkan.

Sebaiknya tidak menggunakan efek-efek kamera yang berlebihan dan membuat penampilan barang menjadi jauh berbeda dari aslinya. Gunakan ornamen-ornamen yang sesuai agar tampilan foto semakin bagus. Tunjukkan juga bahwa barang preloved pun bisa tampil berkelas.

10. Bekerja sama dengan orang terdekat

Tidak mungkin jika kamu yang terus-terusan menjual barang pribadi. Jika stok barang preloved sudah habis, tidak ada salahnya bekerja sama dengan keluarga atau teman-teman. Terutama kenalanmu yang memang hobi belanja dan punya banyak barang menganggur.

Situs yang Digunakan untuk Menjual Baju Preloved

Ada banyak cara untuk menjual baju bekas ini. Kamu bisa saja membuka toko di pasar yang khusus menjual baju-baju bekas itu. Atau jika ingin cara yang paling mudah, kamu bisa memanfaatkan situs-situs e-commerce yang sudah tersedia. Di Indonesia sendiri ada beberapa e-commerce yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis ini.

1. Carousell

Situs ini merupakan situs yang bisa jual beli barang yang baru atau barang bekas apa saja, tidak ada batasan. Ada yang menjual buku bekas, ada juga baju preloved. Situs ini cukup diminati di Indonesia, terutama bagi mereka yang mengincar fashion wanita. Oleh karena itu sangat cocok untuk dijadikan tempat menjual baju-baju bekasmu yang masih layak digunakan.

Situs asal Singapura ini memiliki aplikasi yang bisa kamu unduh gratis. Setelah itu kamu bisa membangun tokomu sendiri di sana. Cara daftarnya pun cukup mudah.

Selain itu di dalam aplikasinya punya fitur untuk toko yang cukup membantu penjual. Misalnya saja mengedit foto barang yang dijual sehingga hasilnya jadi terlihat lebih bagus dan meyakinkan. Cara menggunakan fitur-fiturnya pun termasuk mudah.

2. BelanjaBekas

Situs ini khusus untuk berjualan barang bekas. Awalnya khusus untuk kamu-kamu yang ingin menjual barang elektronik. Barang-barang itu bekas, tapi tentunya masih layak digunakan. Biasanya kamu ingin menjualnya karena ingin membeli barang elektronik yang baru. Situs ini juga cukup diminati oleh mereka yang mencari barang bekas karena harga-harga yang ditawarkan jauh lebih murah.

Dalam perkembangannya situs ini akhirnya tidak hanya menjual barang elektronik, tapi juga barang-barang yang berhubungan dengan fashion dan barang lainnya. Jadi kamu bisa leluasa menjual baju bekas di sini dengan harga yang ditentukan sendiri.

3. Prelo

Prelo merupakan salah satu situs yang menyediakan fitur jualan beragam. Kamu bisa menjual barang-barang baru dan barang bekas. Kamu diperbolehkan juga membuka jasa titip di situs ini. Situs ini juga difavoritkan oleh mereka yang mengincar barang jastip. Lalu, ada juga kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan berjualan, kamu bisa menyewakan barang di sini dan tetap mendapatkan uang dari biaya sewa.

Prelo dapat kamu kunjungi di situs atau unduh secara gratis di ponsel pintar.

4. Jualo

Merupakan situs e-commerce yang menyediakan fitur menarik. Di sini kamu bisa mendeteksi posisi pembeli atau penjual yang ada di sekitarmu dengan cara mengaktifkan GPS. Kamu dapat berjualan baju preloved di sini dan pasti cepat laku. Selain itu kamu diperbolehkan menukar barang dengan orang lain asalkan sesuai dengan kesepakatan. Menawar harga menjadi lebih murah pun diperbolehkan.

Situs ini juga memiliki aplikasi yang dapat kamu unduh secara gratis di ponsel pintar.

5. OLX

Sejak awal berdiri, OLX memang menunjukkan branding-nya sebagai situs khusus menjual barang bekas. Barang bekas apa saja dapat kamu jual di sini, mulai dari mobil bekas, barang elektronik bekas, baju preloved pun bisa.

Selain itu, di situs ini kamu dapat mengiklankan rumah, apartemen, atau kos milikmu. Fungsinya sebagai situs e-commerce cukup beragam sehingga banyak orang dengan berbagai keperluan yang mendatanginya. Situs ini pun memiliki aplikasi yang dapat kamu unduh gratis di ponsel pintarmu.

6. Bukalapak

Bukalapak sejak awal berdiri dikenal sebagai situs e-commerce yang membolehkan siapa saja untuk berjualan. Dari barang yang baru hingga barang bekas. Barang bekas yang dijual pun bisa apa saja, tidak dibatasi ragamnya. Jadi, kamu bisa menjual baju-baju bekas yang tidak digunakan lagi. Untuk saat ini Bukalapak paling banyak menjual barang-barang elektronik dari yang baru maupun yang bekas.

Apabila kamu ingin menjual baju bekas pria di sini juga sangat disarankan. Selain itu Bukalapak mudah diakses. Kamu dapat mengaksesnya melalui situs atau mengunduh aplikasnya secara gratis.

7. Tokopedia

Tokopedia merupakan e-commerce yang cukup populer saat ini. Tokopedia menjadi tempat yang difavoritkan orang untuk membuka toko apa saja asalkan sesuai dengan syarat yang berlaku. Jadi, yang ada di Tokopedia pun mulai dari toko-toko resmi dan toko-toko yang didirikan sendiri oleh individu.

Kamu juga bisa menjual baju bekas di sini asalkan bajunya masih terlihat bagus dan layak pakai. Walaupun tergolong baju bekas, ada baiknya kamu mencucinya terlebih dahulu sebelum dijual ke orang lain untuk menjaga kualitasnya.

Cukup banyak situs menjual baju bekas yang dapat kamu pilih sesuai dengan kriteria. Masing-masing situs itu punya kelebihan yang mungkin sesuai dengan kebutuhanmu.

Artikel Terkait