Saham Mayora ke Zona Hijau Indeks IHSG, Apa Pentingnya?

Saham Mayora ke Zona Hijau Indeks IHSG, Apa Pentingnya?
Saham Mayora ke Zona Hijau Indeks IHSG, Apa Pentingnya?

Saham Mayora milik PT Mayora Indah bergerak ke zona hijau pada awal September tahun ini. Hal ini membuat banyak investor berbondong-bondong membeli saham yang berada di indeks IHSG ini.

Banyaknya investor pemula yang fokus kepada saham blue chip dan saham penny stock, serta pergerakan chart saham membuat satu indikator penting dalam investasi saham dilupakan, apakah indikator itu? Jawabannya adalah indeks saham. Lalu hal apa yang perlu dipelajari tentang indeks saham? Dan apakah indeks saham berpengaruh terhadap nilai keseluruhan saham yang kamu miliki? Jawabannya ada di bawah ini.

Apa itu indeks saham

Memahami saham Mayora yang ada di zona hijau indeks IHSG maka harus juga memahami tentang pengertian mendasar tentang indeks. Indeks saham sendiri adalah ukuran statistik yang menunjukkan perubahan yang terjadi di bursa efek atau pasar saham. Untuk menciptakan indeks, beberapa saham yang mirip dipilih di antara sekuritas yang telah terdaftar lau dimasukkan ke dalam grup yang sama.

Kriteria pemilihan saham bisa dari tipe industri, kapitalisasi pasar atau ukuran dari perusahaan itu sendiri. Nilai indeks pasar saham dihitung menggunakan nilai-nilai dari saham yang mendasarinya. Setiap perubahan harga yang ada pada saham dasar ini akan memengaruhi keseluruhan nilai dari indeks. Jika harga dari saham-saham dasar ini meningkat, maka indeks itu sendiri akan meningkat.

Dengan begitu, indeks saham mencerminkan keseluruhan sentimen pasar dan arah dari pergerakan harga dari produk baik industri finansial, komoditas atau pasar lainnya.

Kenapa indeks saham dibutuhkan

Indeks saham bekerja sebagai barometer yang menunjukkan kondisi keseluruhan dari pasar. Indeks memfasilitasi investor untuk mengenali pola umum dari pasar. Investor kerap menjadikan indeks saham sebagai referensi untuk memutuskan stok mana yang layak beli dan investasi.

Bagaimana indeks saham berkembang?

Indeks saham terbuat dari saham yang mirip berdasarkan kapitalisasi pasar, industri dan ukuran perusahaan. Proses pemilihan saham akan menentukan penghitungan nilai indeks itu sendiri. Setiap saham akan memiliki harga yang berbeda dan perubahan harga satu saham tidak akan setara dengan perubahan harga saham lainnya. Jadi, nilai dari indeks tidak dengan mudah merangkum nilai atau harga saham ang ada di dalamnya.

Pada saat seperti ini, penting untuk menimbang setiap saham yang ada. Setiap saham yang ada di indeks memiliki ‘berat’ khusus berdasarkan kapitalisasi pasar atau harga. Bobot ini mewakili tingkat dampak perubahan harga saham kepada nilai indeks yang menaunginya.

Selain memahami tentang istilah investasi saham, tekun mengecek naik-turun saham, kamu juga harus peka terhadap indeks saham, agar ketika kejadian saham Mayora kembali terjadi, kamu bisa dengan cepat membeli saham tersebut. Atau sebaliknya, jika harga saham yang telah kamu miliki bergerak ke zona merah, kamu bisa lebih peka untuk menentukan langkah yang bijak. Itulah kenapa, jika kamu memilih menyepelekan indeks saham dan hanya fokus kepada harga per saham, investasi sahammu bisa tidak berjalan dengan efisien.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait