Saham Cleo Meningkat, Kenapa Penting untuk PT Sariguna Primatirta?

Saham Cleo Meningkat, Kenapa Penting untuk PT Sariguna Primatirta?
Saham Cleo Meningkat, Kenapa Penting untuk PT Sariguna Primatirta?

Saham Cleo yang dimiliki oleh PT Sariguna Primatirta terus menunjukkan indikasi yang baik. Perusahaan air mineral ini mencatat rekor perdagangan tertinggi pada 14 Agustus 2019 dengan harga Rp565 per saham, atau menguat hingga 5.61%

Ini menjadi indikasi baik bahwa saham ini layak dipertimbangkan oleh para investor. Lalu apa dampak kenaikan saham, seperti saham Cleo, terhadap perusahaan itu sendiri?

Kesehatan finansial

Harga saham yang baik adalah ukuran dari kesehatan finansial perusahaan. Analis finansial terus-menerus meneliti pendapatan perusahaan dan pendapatan di masa depan. Analis dan investor tentunya akan lebih memilih perusahaan yang memiliki harga saham dengan performa yang baik dengan sejarah pendapatan yang solid. Banyak perhitungan keuangan melibatkan harga saham perusahaan dalam perhitungan mereka.

Dengan menganalisis data finansial perusahaan dengan harga sahamnya, investor dan analis bisa memutuskan apakah perusahaan tersebut secara finansial bagus. Harga saham sering menjadi indikasi utama bahwa partisipan entah senang atau khawatir dengan prospek perusahaan.

Pembiayaan

Harga saham yang baik penting bagi perusahaan yang mencari pembiayaan ekuitas. Perusahaan pada awalnya menerima modal dengan penawaran umum perdana atas saham perusahaan. Pembiayaan ekuitas memungkinkan sebuah perusahaan untuk mengembangkan upaya pembiayaan, membayar utang hingga membeli perusahaan lainnya.

Selama masih ada keinginan besar untuk saham yang dimiliki, sebuah perusahaan bisa meningkatkan penjualan saham mereka ke punlik untuk meningkatkan modal. Namun, penting untuk manajemen untuk tidak terlalu banyak menjual saham, karena bisa mengurangi nilai yang ada. Jika terlalu banyak saham tersebar di pasar, maka permintaan akan semakin mengurang.

Indikator performa dari manajemen eksekutif

Karena nilai saham perusahaan sering digunakan sebagai indikasi keseluruhan kekuatan dan kesehatan sebuah perusahaan, ketika harga saham naik seiring berjalannya waktu, manajemen harus melakukan pekerjaan yang bagus. Jika pemegang saham bahagia dan perusahaan berjalan dengan baik, seperti yang tergambarkan pada harga saham itu sendiri, manajemen akan bertahan dan mendapatkan peningkatan kompensasi.

Namun, jika perusahaan tidak berjalan dengan baik dan harga saham terus menurun, manajemen eksekutif berada dalam risiko tinggi untuk dicopot oleh jajaran petinggi, yang dipilih oleh pemegang saham. Dengan kata lain, jika keuntungan pemegang saham tidak signifikan dan harga saham stagnan, manajemen yang ada bisa dengan mudah dicopot.

Sebagai seorang investor, mungkin tidak terlalu penting memahami sudut pandang dari perusahaan. Namun, untuk menjadi investor yang baik, Anda harus juga memahami lingkup dunia finansial, terutama terkait perusahaan yang sahamnya bertarung di bursa efek, agar keputusan-keputusan penuh risiko bisa Anda lakukan dengan pertimbangan matang, termasuk faktor-faktor di atas.

Untuk membekali dirimu tentang dunia investasi, baik itu investasi saham, investasi reksa dana hingga investasi emas, berkunjunglah ke blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait