Trik Menjual Saham untuk Memperoleh Keuntungan Sebesar-besarnya

Trik Menjual Saham untuk Memperoleh Keuntungan Sebesar-besarnya

Menjual saham untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya membutuhkan keterampilan khusus. Jika kamu memperhatikan pergerakan pasar, pergerakannya selalu berubah-ubah setiap detik. Naik dan turun, kadang melemah dan kadang menguat.

Hal tersebut karena permintaan dan penawaran dari pedagang sehingga membentuk harga saham. Bagi pembeli, mengetahui waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham sangatlah penting. Pengetahuan tersebut berguna supaya kamu dapat membeli dengan harga serendah-rendahnya.

Keuntungan dari menjual didapat dari selisih harga jual dikurangi dengan harga beli saham. Maka sangat penting mengetahui momentum yang tepat untuk membeli atau menjual saham. Lalu kapan waktu yang tepat tersebut?

Berikut kami jelaskan tentang waktu yang tepat membeli atau menjual saham. Ini bisa kamu gunakan sebagai rujukan investasi kedepannya.

Beli Saat Harga Turun

Saat harga saham suatu perusahaan turun. Itu adalah saat yang tepat untuk membelinya. Dengan begitu kamu akan membeli dengan harga lebih murah.

Maka dari itu kamu harus sering mengecek bursa. Jangan fokus hanya pada satu perusahaan. Agar tidak melewatkan kesempatan dari perusahaan lain.

Beli saat Pasar Mengalami Tren Menurun

Tren penurunan pasar biasa terjadi saat kondisi ekonomi memburuk. Misalnya karena dolar menguat dan melemahnya nilai rupiah. Hal tersebut membuat pengeluaran perusahaan bertambah.

Ketika hal tersebut terjadi. Semua perusahaan mengalaminya dan membuat harga mengalami penurunan. Momen itu adalah waktu yang tepat untuk kamu membeli perusahaan dengan kinerja bagus.

Beli saat Kinerja Mulai Membaik Setelah Menurun

Penentuan harga juga dipengaruhi oleh kondisi keuangan dan kinerja perusahaan. Saat kinerja perusahaan menurun, maka saham perusahaan tersebut tidak begitu diminati.

Namun ketika kinerja perusahaan mulai kembali membaik, investor akan mulai melakukan pembelian lagi.

Beli saat Jam Pasar Baru Buka

Melakukan pembelian pada jam 09.00 atau awal buka pasar merupakan waktu yang bagus. Terutama saat banyak diskon kemarin sorenya. Kamu bisa mencuri start dengan membelinya lebih awal.

Yang perlu kamu pertimbangkan adalah, pada jam tersebut harga masih belum stabil. Jadi tidak ada salahnya kamu menunggu sekitar lima sampai sepuluh menit. Agar harga saham mulai stabil.

Jual Saat Sudah Mencapai Target

Para investor profesional sudah menerapkan cara tersebut. Menjual saham ketika sudah mencapai target. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kerugian. Karena setelah mencapai target, tidak lama harga akan turun lagi.

Jual saat Kinerja Menurun

Ketika ada berita buruk mengenai sebuah perusahaan, jual bagianmu untuk menjaga modal yang kamu miliki.

Ketika kamu menjual saham dari perusahaan yang mengalami penurunan kinerja. Memang kamu akan mengalami kerugian, namun itu tak apa daripada kerugianmu membesar.

Jual Saat Perusahaan Bangkrut

Ketika perusahaan tempat kamu membeli saham bangkrut, itu adalah waktu yang tepat untuk menjual seluruhnya. Karena jika sudah mengalami kebangkrutan, membutuhkan waktu lama bagi perusahaan untuk bangkit lagi.

Itulah beberapa waktu yang tepat untuk investor membeli dan menjual saham. Pola ini dapat kamu terapkan untuk memulai investasi. Jika ada pertanyaan, kamu dapat meninggalkan komentar melalui kolom di bawah ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait