Saham Cakk Termasuk Saham Falling Knife, Apakah Itu?

Saham Cakk Termasuk Saham Falling Knife, Apakah Itu?
Saham Cakk Termasuk Saham Falling Knife, Apakah Itu?

Saham Cakk milik PT Cahayaputra Asa Keramik adalah salah satu lembar saham yang cenderung menurun. Bahkan, pada April 2019, saham Cakk sempat terjun bebas dan membuat khawatir para investor. Dalam dunia saham, nilai saham perusahaan yang terjun bebas disebut juga falling knife atau berarti pisau jatuh, karena sifatnya yang rawan dan sulit untuk bangkit lagi. Lalu, sebenarnya apa makna falling knife sesungguhnya? Berikut penjelasannya.

Apa itu falling knife?

Apa yang menimpa saham Cakk pada April tahun ini disebut dengan falling knife, yang merupakan istilah sehari-hari untuk penurunan mendadak harga atau nilai sekuritas. Istilah ini biasanya digunakan dalam kalimat, “jangan coba-coba untuk mengambil falling knife”, yang bisa juga diterjemahkan sebagai “tunggu harga turun sebelum membelinya.” Sebuah falling knife bisa dengan cepat naik kembali, atau dikenal juga dengan istilah whipsaw, atau sekuritas bisa juga kehilangan seluruh nilainya, seperti dalam kasus kebangkrutan perusahaan.

Apa makna falling knife?

Istilah falling knife yang sempat menimpa saham Cakk menyarankan bahwa membeli pada pasar yang memiliki momentum penurunan yang banyak bisa sangat berbahaya, seperti mencoba menangkap pisau yang jatuh atau falling knife. Pada praktiknya, ada banyak nilai keuntungan dari falling knife. Jika diukur dengan tepat, seorang investor yang membeli saham yang sudah jatuh bisa mendapatkan keuntungan signifikan ketika harga sudah mulai sembuh.

Lebih lanjut, investor yang ingin membeli dan menahan saham bisa menggunakan falling knife sebagai peluang membeli asalkan mereka memiliki hal mendasar untuk memiliki saham.

Dengan begitu, ada risiko yang benar-benar nyata bahwa masalah waktu bisa berpengaruh kepada kerugian yang didapatkan sebelum kamu mendapatkan keuntungan.

Bagaimana menggunakan falling knife?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada banyak cara untuk mendapatkan keuntungan dari falling knife. Banyak jual-beli saham sangat sensitif dengan waktu dan membutuhkan lebih banyak alat daripada sekadar mengindentifikasi daripada melihat saham terjun tajam. Dalam analisis fundamental, falling knife bisa dilihat dari alasan penurunan. Ada banyak penyebab potensial kenapa falling knife terjadi, termasuk:
1. Laporan pendapatan: Perusahaan yang melaporkan pendapatan mereka sering merupakan subjek yang rawan. Jika hasil finansial lebih rendah daripada yang diperkirakan, saham mungkin bisa menjadi falling knife.

2. Laporan ekonomi: Indeks saham yang ternama terkadang dipengaruhi oleh laporan ekonomi, termasuk laporan karyawan. Jika laporan ini negatif, saham bisa terjun bebas sebagai respon.

3. Gangguan teknis: Beberapa falling knife terjadi karena masalah teknis daripada fundamental. Jika sekuritas turun dari sistem pendukung utama, harga bisa turun dengan cepat sebelum menemukan bantuan di bawah.

Memahami pengertian falling knife bisa menjadi modal untuk menambah kepercayaan dirimu dalam investasi saham. Karena istilah bisa menjadi kunci untuk memicu diskusi antara para investor saham lainnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait