Saham IKAI, Tidak Tergerus Produsen Keramik Impor dari India

Saham IKAI, Tidak Tergerus Produsen Keramik Impor dari India
Saham IKAI, Tidak Tergerus Produsen Keramik Impor dari India

Perusahaan keramik asal Indonesia, Intikeramik Alamasri Industri (IKAI)  terus bersaing dengan produsen luar negeri. Bahkan, saham IKAI tidak goyah saat keramik India masuk ke dalam negeri. Hal tersebut bisa dilihat dari grafik yang ada di Bursa Efek Indonesia. Pada 4 September lalu, harga saham IKAI berada di angka Rp140 per unitnya.

Tetap menguatnya saham IKAI saat digempur impor keramik India juga dikatakan oleh Managing Director PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) Angelica Lie. Dia menyatakan untuk semester pertama ini impor keramik dari India tidak berdampak pada kinerja perusahaan. 

Produk India menyasar kelas bawah sehingga tidak berdampak pada produk kami yang menyasar kelas menengah ke atas,” kata Angelica seperti dikutip dari Kontan.

Strategi IKAI Dalam Mempertahankan Nilai Sahamnya

Produk keramik IKAI yang bermerk Essenza memproduksi granit high end yang berbeda dengan produk keramik India yang masuk pasar Indonesia. Selain itu, IKAI juga baru selesai melakukan peremajaan mesin dan baru mulai kembali produksi pada kuartal kedua di tahun 2019.

Bahkan, IKAI juga berencana menambah tiga hingga empat hotel dengan nilai investasi sebesar Rp500 miliar. Sebelumnya, mereka sudah mengakuisisi enam hotel dalam waktu yang singkat, dua tahun. Perlu diketahui, IKAI fokus pada bisnis hotel bintang tiga dan bintang empat.

Sumber pendanaan untuk ekspansi diakui masih lewat penjajakan roadshow regional untuk mencari strategic partner. Meski begitu, ekspansi hotel IKAI rata-rata bintang tiga dan bintang empat yang okupansinya tinggi sekitar 60% hingga 80%.

Target IKAI

IKAI punya target bahwa hotel-hotel yang mereka miliki bisa mempunyai sarana dan prasarana untuk penyelenggaraan kegiatan meeting, incentive, conference, dan exhibition (MICE) secara langsung seperti seminar, rapat tahunan, RUPS, rapat bujet secara reguler.

Selain itu, IKAI juga akan serius menekuni bisnis perhotelan yang bisa menyediakan fasilitas MICE dalam skala yang cukup besar. Bisnis hotel dan keramik sifatnya saling melengkapi dan mengkompensasi dari sisi penjualan. Sebab, bisnis keduanya bersifat musiman.

Bisnis hotel puncak tahunannya adalah pada periode awal tahun dan pertengahan tahun ketika biasanya penjualan keramik cenderung turun. Begitu juga sebaliknya, di saat periode tahunan penjualan keramik tinggi akan mengkompensasi pendapatan dari bisnis perhotelan yang sedang turun.

IKAI memproyeksikan pendapatan sebesar Rp69,5 miliar pada tahun ini dan menjadi sebesar Rp557,9 miliar pada tahun 2023 untuk bisnis baru. Sedangkan tanpa perubahan kegiatan usaha utama, pendapatannya diproyeksikan sebesar Rp131,5 miliar pada tahun 2019 dan menjadi sebesar Rp 25,8 miliar pada tahun 2023.

Sekilas Tentang IKAI

Perseroan didirikan dengan nama PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (PT IKAI Tbk), awalnya berdiri sebagai industri manufaktur dan bergerak dalam industri produksi dan pemasaran Keramik dengan merk dagang Essenza. Saat ini, sejak tahun 2017, PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk, telah hadir dengan manajemen baru yang terdiri dari sumber daya manusia yang profesional dibidangnya masing-masing.

PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) berlokasi di Kawasan Industri Palm Manis, Tangerang. Berawal dari perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur Homogeneous Tile (porcelain tile) dengan merk dagang Essenza dan mulai beroperasi secara komersial pada bulan Mei 1993. Perusahaan ini berada di bawah komando Raja Sapta Oktohari sebagai komisaris utama, yang juga sukses menggelar Asian Para Games 2018 di Jakarta.

Jadi, tertarik dengan angka target di atas yang diestimasikan oleh saham IKAI? Jika iya, yuk segera investasi saham keramik IKAI di Ajaib sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait