Sedang Jalani Bisnis Online? Cek Dulu Hukum Jual Beli Online di sini!

Sedang Menjalankan Bisnis Online? Cek Dulu Hukum Jual Beli Online di sini!
Sedang Menjalankan Bisnis Online? Cek Dulu Hukum Jual Beli Online di sini!

Masyarakat Indonesia, khususnya wanita terlebih lagi ibu-ibu muda, paling sering belanja melalui online ketimbang ke pasar tradisional atau supermarket. Belanja online dinilai lebih praktis, dan menghemat tenaga dan anggaran. Namun, kamu pasti sering membaca artikel yang isinya menceritakan tentang penipuan setelah belanja online. Entah itu tertipu karena barang tidak sampai, rusak, hingga tidak sesuai dengan yang ada di gambar.

Tapi kamu tidak perlu khawatir soal itu. Namun sebelumnya, tahukah kamu kalau di Indonesia, ada hukum jual beli online? Di Indonesia, ada Undang-Undang khusus yang mengatur mengenai kegiatan transaksi elektronik, yakni Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Ada dua hal penting dalam UU ITE. Pertama, pengakuan transaksi elektronik dan dokumen elektronik berdasarkan kerangka hukum perikatan dan hukum pembuktian, sehingga kepastian hukum transaksi elektonik dapat terjamin.

Yang kedua adalah, klasifikasi terhadap tindakan-tindakan pelanggaran hukum yang terkait penyalahgunaan teknologi informasi beserta sanksi pidananya. Pada transaksi jual beli melalui internet, bila para pihak terkait melakukan suatu bentuk perjanjian, berdasarkan Pasal 1 butir 17 UU TE disebut sebagai kontrak elektronik.

Unsur Dalam Jual Beli Online

Setidaknya terdapat 6 (enam) unsur dalam aktivitas jual beli online, apa saja itu?

1. Ada kontrak dagang.

2. Kontrak itu dilaksanakan dengan media elektronik.

3. Kehadiran fisik dari para pihak tidak diperlukan.

4. Kontrak itu terjadi dalam jaringan publik.

5. Sistemnya terbuka, yaitu dengan internet atau World Wide Web (WWW).

6. Kontraknya terlepas dari batas, yuridiksi nasional.

Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Belanja Online

Sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UU Pelindungan Konsumen) dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE). 

PP PSTE sendiri merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elekronik (UU ITE) sebagaimana telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU 19/2016).

Dengan pendekatan UU Perlindungan Konsumen, kasus yang Anda sampaikan tersebut dapat kami simpulkan sebagai salah satu pelanggaran terhadap hak konsumen. Sesuai dengan Pasal 4 UU Perlindungan Konsumen menyebutkan bahwa hak konsumen adalah:

1. Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang/jasa.

2. Hak untuk memilih barang/jasa serta mendapatkan barang tersebut sesuai nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.

3. Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang/jasa.

4. Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang/jasa yang digunakan.

5. Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut.

6. Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan .

7. Hak unduk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur, juga tidak diskriminatif.

8. Mendapatkan kompensasi, ganti rugi atau penggantian, apabila baran/jasa yang diterima tidak sesuai perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya;

9. Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundangundangan lainnya.

Jadi dengan adanya hukum jual beli online yang ditetapkan pemerintah, kamu yang belanja via internet tidak perlu takut lagi terkena tipu. Namun, buat kamu yang memiliki online shop atau penjual. Kamu juga harus memerhatikan beberapa hal di atas untuk terhindar dari risiko masalah hukum.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait