Investasi, Investor Pemula

5 Tips Tabungan Berjangka Ini Bikin Penghasilanmu Optimal

tips-tabungan-berjangka

Tabungan berjangka sangat membantu nasabah untuk menabung dengan tujuan tertentu. Apalagi jika tabungan dengan jangka yang panjang, walaupun nilai yang dipotong kecil, namun tabungan dengan periode waktu tertentu ini bermanfaat untuk tabungan di kemudian hari. Karenanya, tips tabungan berjangka ini harus kamu simak dengan baik.

Beberapa kendala yang dialami adalah proses menuju waktu yang sudah kamu tentukan di awal pembukaan tabungan berjangka. Kadang membuat ragu untuk tetap melanjutkan program. Untuk itu, ada baiknya kamu menjalani tips tabungan berjangka agar tidak merugi.

Jika kamu sudah memang ingin mengoptimalkan tabungan kamu ini, yuk simak lima tips tabungan berjangka untukmemaksimalkan program tabungan berjangka kamu.

Perhatikan Tanggal Jatuh Tempo

Biasanya bank memiliki tanggal jatuh tempo untuk setiap pembayaran tagihan dan penarikan bunga yang kamu dapatkan. Jika kamu sedang membutuhkan dana, cobalah bersabar menunggu tanggal penarikan yang telah disepakati saat awal menjalani proses, jadi kamu dapat menghindari biaya pinalti yang akan dikenakan.

Bandingkan Suku Bunga

Salah satu hal terpenting untuk memulai proses tabungan ini adalah melihat suku bunga yang ditawarkan oleh bank tersebut. Jangan terkecoh oleh suku bunga yang tinggi, biasanya suku bunga ini akan berubah-ubah mengikuti perkembangan ekonomian perusahaan bank. Lebih baik memilih bank yang stabil dan tepat ya!

Perhatikan Biaya Yang Terkait Dengan Rekening Pensiun.

Memulai tabungan berjangka untuk hari pensiun memang menggiurkan, apalagi dengan tawaran-tawaran atau pehitungan dari brosur bank. Tapi, ada biaya-biaya yang terkait di akhir pendapatan investasi, cobalah berkonsultasi dengan menanyakan biaya-biaya yang akan ditarik dari hasil akhir investasi hari pensiun.

Pilih Rekening Tabungan Berjangka Sesuai Jangka Waktu

Memilih tabungan berjangka harus sesuai dengan waktu yang kamu butuhkan. Jika kamu hanya menghendaki tabungan berjangka dalam jangka waktu tiga sampai enam bulan, maka kamu harus menerima konsekuensi bunga yang akan kamu dapatkan. Semakin panjang tabungan berjangkamu maka semakin tinggi bunga yang akan kamu dapatkan. Jadi, pilih yang sesuai kebutuhanmu ya!

Jangan Menguras Rekening Pensiun Sebelum Waktunya.

Dengan tabungan yang banyak, sering sekali orang tergiur untuk mengambil uang yanga ada di rekening sebelum waktu yang telah ditentukan. Nah, kebiasaan inilah yang biasanya akan membuat tabungan berjangkamu terasa tidak ada hasilnya. Lebih baik untuk bersabar, kecuali kamu membutuhkan dana yang benar-benar darurat.

Baiklah, itu adalah lima tips untuk memaksimalkan tabungan berjangkamu menjadi tabungan yang tetap berjalan sesuai perencanaanmu. Dengan kebutuhan mendadak yang bisa datang kapan saja, kadang perencanaan menjadi tidak seimbang.

Beberapa tips di atas mungkin bisa kamu terapkan untuk tetap fokus dalam program tabungan berjangka kamu. Jadi, apakah kamu siap berkomitmen lagi? 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait