Lima Langkah Terbaik Sebelum Berinvestasi Saham SOCI

saham-soci
saham-soci

Saham SOCI milik PT Soechi Lines Tbk. yang melakukan penawaran perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Desember 2014. Sejak kemunculan perdananya hingga pertengahan September, saham SOCI cenderung menurun. Bagaimana potensinya?

PT Soechi Lines Tbk (SOCI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan logistik melalui laut. Perusahaan menawarkan penyewaan kapal tanker (mengangkut batu bara, bahan kimia, dan lainnya) serta pembuatan dan perawatan kapal.

Di Indonesia, emiten perkapalan ini sangat diperhitungkan. Karena memiliki kapal tanker berbagai macam ukuran dan layanan yang berhubungan dengan industri pelayaran. Sebenarnya bisnis perusahaan berpotensi bagus. Apalagi perusahaan mendapatkan kontrak jangka panjang dengan Pertamina. Tetapi kondisi keuangannya berisiko karena beban hutang.

Sebelum memiliki saham SOCI atau saham sektor lain, kamu harus melakukan banyak riset agar bisa memulai di jalur yang lurus. Riset ini bertujuan agar kamu bisa menentukan langkah-langkah yang tepat sebagai sarana investasi dan memaksimalkan potensi investasi dari saham SOCI. Seperti apa langkahnya? Simak paparan ini.

Membuka Rekening Efek

Langkah pertama yang harus dilakukan calon investor adalah membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Kamu bisa membuka di perusahaan sekuritas yang terafiliasi dengan bank (kamu punya tabungan di bank tersebut) atau perusahaan sekuritas lain. Setelah semua administrasi pembukaan rekening selesai, kamu bisa bertransaksi melalui laman atau aplikasi saham milik perusahaan. Perusahaan sekuritas menjadi perantara transaksi antara kamu dan emiten di BEI.

Anggaran Pembelian Saham

Berinvestasi harus siap dengan anggaran atau dana. Transfer sejumlah dana dari tabungan ke rekening efek. Anggarkan 10 persen atau 20 persen dari total tabungan. Kalau tidak memungkinkan, kamu mengisi rekening efek setelah menerima gaji bulanan.

Beli saham SOCI atau saham lainnya sesuai kemampuanmu. Misal membeli saham 10 lot per bulan, tetapi kamu harus mempertimbangkan mengenai biaya administrasi setiap transaksi, meskipun biayanya tidak begitu besar. Atau bisa juga semua anggaran danamu buat membeli salah satu saham indeks LQ45.

Kuasai Dunia Saham

Kuasai dunia saham, supaya kamu dapat cuan. Sempatkanlah waktu untuk mempelajari dunia saham, apalagi kalau kamu punya rencana jangka menengah dan panjang dalam menambah kekayaan. Mulai dari mengikuti workshop saham, menguasai fitur aplikasi atau laman transaksi saham, memahami tools trading saham, hingga mempelajari analisis fundamental dan teknikal dan bergabung dalam grup investor saham. Kalau ada hal yang tidak dimengerti, kamu bisa bertanya ke sesama investor.

Jeli Melihat Peluang

Lo Kheng Hong, investor tersohor di Indonesia, pernah mengatakan bahwa investor pemula harus jeli melihat peluang. Seperti membeli saham dengan kriteria: harga saham murah, pendapatan perusahaan besar (cenderung naik), reputasi manajemen perusahaan baik, dan memiliki prospek bagus di masa mendatang. Hong juga mengatakan saham adalah pilihan terbaik dalam investasi. Tetapi diimbangi dengan riset terhadap dunia pasar modal.

Evaluasi

Setelah beberapa bulan kamu berinvestasi, lakukan evaluasi terhadap saham yang kamu miliki. Misalnya saham SOCI, apakah hasilnya sudah sesuai dengan tujuan atau jauh dari tujuan yang kamu tetapkan? Pertimbangkan pula apakah kamu harus diversifikasi investasi atau tidak? Dana diversifikasi dapat kamu ambil dari anggaran saham atau dari tabungan.

Setelah melakukan langkah-langkah ini. kamu jadi bisa melakukan strategi bisnis yang baik demi merespon nilai dari saham SOCI ini. Jadi, apa kamu sudah mau memulai melangkah?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait