Keuntungan & Kekurangan Tabungan Rencana Mandiri

5 Keuntungan Tabungan Berjangka Mandiri
5 Keuntungan Tabungan Berjangka Mandiri

Setiap orang memiliki impian atau keinginan untuk diwujudkan, seperti berlibur, umroh, dana pendidikan, dan lainnya. Namun, jika hanya ditaruh dalam tabungan saja seringkali rencana tersebut gagal karena godaan untuk terus menerus mengambil dananya. Terlebih jika ada tawaran diskon belanja. Untuk mengatasinya ada tabungan rencana yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah Tabungan Rencana Mandiri.

Produk tabungan berjangka merupakan solusi tepat buat kamu yang sulit menabung. Jenis tabungan ini bisa membantu kamu mempersiapkan dana cadangan untuk masa depan. Menyimpan di tabungan jenis ini lebih menguntungkan daripada tabungan konvensional, dan memiliki jatuh tempo.

Keuntungan Tabungan Rencana Mandiri

Mandiri menawarkan tabungan berjangka bernama Mandiri tabungan rencana (MTR). Lalu apa itu tabungan berjangka Mandiri? Apa saja keuntungannya?

#1 Memakai Sistem Autodebet

Pada bank Mandiri, tabungan berjangka ini dimiliki dengan nama Tabungan Rencana. Sebelum memutuskan untuk membuka rekening tabungan rencana Mandiri, pastikan kamu sudah punya tabungan konvensional di bank yang bersangkutan.

Pasalnya tabungan berjangka menggunakan sistem autodebet, artinya setiap setoran dana per bulannya akan diambil secara otomatis dari rekening tabungan. Dengan begitu, kamu tidak lagi memiliki alasan untuk lupa bayar. Maka, pastikan dana di tabungan konvensional mencukupi tiap bulannya. Jika tidak cukup, akan ada sanksi berupa denda.

#2 Setoran Dana

Membuka tabungan berjangka Mandiri tidak perlu dana besar. Pada umumnya, setoran bulanan mulai dari Rp 100.000 dan secara otomatis akan diambil dari tabungan konvensional tiap bulan. Setoran dananya ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kemampuan, namun harus memberitahukan pihak bank terlebih dahulu. Hal ini untuk mengevaluasi target dari tabungan rencana.

#3 Jangka Waktu yang Fleksibel

Kamu tidak bisa begitu saja mengambil uang yang disimpan dalam rekening tabungan rencana. Di samping itu, kamupun tidak dapat menghentikan setoran rutin secara tiba-tiba dari kontrak jangka waktu yang sudah disepakati dengan pihak bank. Di tabungan berjangka Mandiri, kontrak jangka waktunya antara 1 tahun hingga 20 tahun.

Jadi, selama waktu tersebut secara tidak langsung pihak bank ‘memaksa’ kamu menyetorkan dana tiap bulan dari tabungan konvensional secara otomatis. Selama kontrak tersebut kamu tidak bisa menarik dana sebelum jatuh tempo di tabungan berjangka.

Jika kamu mengambil dana di tengah periode tersebut, akan dikenakan denda sekitar 1-2%. Lalu setelah periode jangka waktunya selesai, pihak bank akan mengalihkan dana dari tabungan berjangka ke rekening tabungan biasa. Selain itu, ketika jangka waktu telah selesai, dan kamu ingin memperpanjang tabungan ini, Mandiri Rencana ini juga menyediakan fitur ARO yang membantu kamu memperpanjang tabungan tersebut secara otomatis sesuai keinginanmu.

#4 Bunga Lebih Tinggi

Keuntungan dari membuka tabungan rencana adalah bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Persentasenya memang tidak lebih besar dari deposito ataupun reksa dana. Namun, dengan adanya kontrak jangka waktu yang cukup lama membuat nilai dana di rekening jadi lebih terkendali. Bunga yang diberikan pun berubah-ubah mengikuti kondisi pasar. Selain tabungan berjangka Mandiri tidak akan terpotong administrasi alias bebas biaya.

#5 Dilengkapi Asuransi

Dalam tabungan rencana ini disertai dengan asuransi jiwa dan kesehatan. Sehingga, kamu tidak perlu risau rencana masa depan yang sudah disiapkan sebelumnya. Kamu bisa mengklaim asuransinya jika suatu waktu terserang sakit yang membuat kamu tidak mampu membayar kewajiban, misalnya cacat total dan tidak bisa bekerja lagi.

Bank Mandiri bekerja sama dengan PT AXA Mandiri Financial Sevices untuk memberikan asuransi sebesar Rp 5 juta atau US$500 per bulan. Lalu andai kata kamu meninggal dunia, pihak bank akan menanggung sisa dari kewajiban setoranmu dan akan mengembalikan dana yang telah tersimpan kepada hak waris.

Sebagai bukti adanya perlindungan asuransi, kamu akan mendapatkan Sertifikat Asuransi sebagai bukti jaminan perlindungan asuransi yang bisa kamu gunakan ketika terjadi kondisi yang tidak diinginkan tersebut. Mendapatkan perlindungan asuransi jiwa gratis.

Kelemahan Tabungan Rencana

Di balik keuntungan tabungan berjangka, tetap ada kekurangannya yakni tidak cocok untuk investasi jangka panjang. Hal ini karena bunganya selalu di bawah inflasi. Jadi lebih cocok untuk rencana jangka pendek seperti traveling, umroh maupun kebutuhan persiapan pernikahan. Di bawah ini adalah beberapa kelemahan tabungan rencana.

#1 Tidak Cukup Membiayai Sekolah

Banyak orang tua yang memulai tabungan rencana ini dengan tujuan membiayai sekolah anak-anaknya, Namun, menurut riset, kenaikan biaya sekolah di Indonesia bisa mencapai 15%-20% per tahun. Hal ini jelas tidak bisa mencukupi. Kenapa? Karena bunga tabungan rencana biasanya tidak lebih dari 6% setahun. Itu juga belom termasuk potongan pajak.

Jadi, bagi kamu yang ingin menabung untuk keperluan pendidikan, jelas tabungan ini tidak bisa membantu kamu mempersiapkan dana pendidikan anak. Karena jika hal tersebut dilakukan, kami bisa menghadapi risiko tidak cukupnya dana pendidikan saat anak akan masuk sekolah.

#2 Tidak Bisa Mengubah Instrumen

Fleksibilitas dalam investasi menjadi hal penting, di mana kondisi senantiasa berubah. Namun, ketika kamu ingin memulai investasi ini, kamu harus menyelesaikannya dan berhenti dari tabungan tersebut, kemudian beralih ke instrumen lain yang menurut kamu lebih baik. Jadi, ketika kamu ingin menabung untuk dana pendidikan di waktu panjang, kamu bisa mengambil instrumen yang lebih berisiko dengan return lebih tinggi. Namun untuk keperluan jangka pendek, kamu bisa mengandalkan tabungan berencana ini.

#3 Jangan Mengandalkan Asuransi Jiwa

Jangan mentang-mentang kamu sudah mendapatkan asuransi jiwa dari mandiri, lalu kamu bisa mengandalkan dana tersebut untuk proteksi keluarga. Hal ini tentu salah, karena asuransi jiwa yang diberikan mandiri hanya bisa memberikan proteksi terhadap iuran tabungan rencana Mandiri. Bukan untuk hal lainnya. Jadi, pastikan kamu juga membeli asuransi lain untuk memberikan perlindungan bagi keluarga.

#4 Hanya Cocok untuk Tujuan Jangka Panjang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tabungan mandiri berencana ini hanya cocok digunakan untuk investasi jangka pendek. Kenapa? Karena bunga tabungan ini cukup rendah dibanding instrumen investasi lainnya. Dengan memilih tabungan rencana, kamu justru akan sulit mencapai tujuan yang kamu rencanakan tersebut. Selain itu, fitur autodebit yang dilakukan dalam jangka panjang bisa menjadi fleksibel.

Selain itu, ketika suatu saat kamu butuh biaya darurat, kamu tidak bisa mencairkan dana tersebut dan akan dikenakan biaya penalti sebesar Rp150.000. Dan ketika kamu tidak membayar setoran rutin bulanan sebanyak 3 kali, maka sistem otomatis bank akan menutup rekening tersebut.

Instrumen Investasi Lain Selain Tabungan Berjangka

Nah, bagi kamu yang ingin memulai investasi dengan jangka panjang maupun jangka pendek, dan bisa melakukan penarikan dana, kamu bisa mulai dengan membuka rekening efek atau reksa dana. Di mana, investasi ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pendidikan, umrah, haji, pensiun, dan sebagainya.

Investasi reksa dana dan saham juga memiliki return yang lebih tinggi dibanding bunga tabungan. Selain itu, reksa dana juga bisa disesuaikan dengan tujuan investasimu dan bisa kamu mengganti instrumen investasi tersebut kapan dan di mana saja. Sehingga bisa mengikuti kondisi.

Bagaimana mengenai inflasi? Karena memiliki return yang lebih besar, instrumen investasi ini bisa kamu membantu kamu menghadapi inflasi yang terjadi. Perlu diketahui ya, ketika kamu memilih risiko investasi tinggi, maka return yang kamu dapatkan juga tinggi, begitu juga sebaliknya.

Jadi, ketika kamu memilih instrumen, pastikan kamu memilihnya sesuai kebutuhan ya. Alangkah lebih baik jika kamu memilih investasi reksa dana dengan risiko tinggi dan return tinggi, ketika kamu ingin berinvestasi jangka panjang. Namun, ketika kamu ingin investasi jangka pendek, kamu bisa memilih risiko dan return yang rendah. Atau mungkin juga bisa memilih tabungan rencana mandiri.

Jadi apapun investasimu, mulailah menabung dan investasi sekarang juga! Lebih cepat memulai, lebih cepat juga kamu mendapatkan keuntungan.

Nabung Reksa Dana di Ajaib Sekarang!

Ajaib merupakan salah satu platform yang dapat membantu kamu memulai investasi dengan mudah, cepat, dan aman. Di mana, dengan Ajaib, kamu bisa memilih beberapa aplikasi pilihan dan manajer investasi terbaik. Selain itu, Ajaib juga memiliki tampilan yang mudah dan membuat pengalaman investasi kamu lebih menyenangkan.

Bukan hanya itu, bagi kamu yang sedang bingung memilih investasi mana yang terbaik, Ajaib juga menyediakan konsultan investasi terbaik yang membantu kamu merencanakan investasi dengan lebih mudah, kapan dan di mana saja. Cukup dengan memilih tujuan investasimu, manajer investasi akan membantu kamu mengelola dana investasimu untuk mendapatkan return terbaik.

Selain itu, Ajaib juga menyediakan paket investasi terbaik yang akan memberikan kamu return terbaik dengan risiko yang lebih rendah. Di mana, dalam paket ini Ajaib membuat paket lebih dari 800 opsi yang ada berdasarkan analisis kinerja historis jangka panjang, perhitungan return berdasarkan risiko, dan reputasi Manajer Investasi yang jelas lebih profesional dan ahli dibidangnya.

Bagaimana memulai investasi di Ajaib? Kamu bisa langsung membuat akun investasimu di Ajaib atau mendownload aplikasinya untuk investasi lebih mudah. Kemudian, simpan dana dan mulai investasi sekarang juga. Satu lagi, Ajaib juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir atas keamanan dana investasimu.

Dengan menunda investasi berarti kamu juga menunda keuntungan, jadi jangan tunggu nanti. Mulai investasi pertamamu di Ajaib untuk hasil terbaik dan pengalaman investasi yang menyenangkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait