5 Keuntungan Tabungan Berjangka Mandiri

5 Keuntungan Tabungan Berjangka Mandiri
5 Keuntungan Tabungan Berjangka Mandiri

Setiap orang memiliki impian atau keinginan untuk diwujudkan, seperti berlibur, umroh, dana pendidikan, dan lainnya. Namun, jika hanya ditaruh dalam tabungan saja seringkali rencana tersebut gagal karena godaan untuk terus menerus mengambil dananya. Terlebih jika ada tawaran diskon belanja. Untuk mengatasinya ada tabungan berjangka yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah tabungan berjangka Mandiri.

Produk tabungan berjangka merupakan solusi tepat buat kamu yang sulit menabung. Jenis tabungan ini bisa membantu kamu mempersiapkan dana cadangan untuk masa depan. Menyimpan di tabungan jenis ini lebih menguntungkan daripada tabungan konvensional, dan memiliki jatuh tempo.

Mandiri menawarkan tabungan berjangka bernama Mandiri tabungan rencana (MTR). Lalu apa itu tabungan berjangka Mandiri? Apa saja keuntungannya?

Memakai Sistem Autodebet

Pada bank Mandiri, tabungan berjangka ini dimiliki dengan nama Tabungan Rencana. Sebelum memutuskan untuk membuka rekening tabungan rencana Mandiri, pastikan kamu sudah punya tabungan konvensional di bank yang bersangkutan. Pasalnya tabungan berjangka menggunakan sistem autodebet, artinya setiap setoran dana per bulannya akan diambil secara otomatis dari rekening tabungan. Dengan begitu, kamu tidak lagi memiliki alasan untuk lupa bayar. Maka, pastikan dana di tabungan konvensional mencukupi tiap bulannya. Jika tidak cukup, akan ada sanksi berupa denda.

Setoran Dana

Membuka tabungan berjangka Mandiri tidak perlu dana besar. Pada umumnya, setoran bulanan mulai dari Rp100.000 dan secara otomatis akan diambil dari tabungan konvensional tiap bulan. Setoran dananya ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kemampuan, namun harus memberitahukan pihak bank terlebih dahulu. Hal ini untuk mengevaluasi target dari tabungan rencana.

Jangka Waktu yang Fleksibel

Kamu tidak bisa begitu saja mengambil uang yang disimpan dalam rekening tabungan rencana. Di samping itu, kamupun tidak dapat menghentikan setoran rutin secara tiba-tiba dari kontrak jangka waktu yang sudah disepakati dengan pihak bank. Di tabungan berjangka Mandiri, kontrak jangka waktunya antara 1 tahun hingga 20 tahun. Jadi, selama waktu tersebut secara tidak langsung pihak bank ‘memaksa’ kamu menyetorkan dana tiap bulan dari tabungan konvensional secara otomatis. Selama kontrak tersebut kamu tidak bisa menarik dana yang sudah terkumpul di tabungan berjangka.

Jika kamu mengambil dana di tengah periode tersebut, akan dikenakan denda sekitar 1-2%. Lalu setelah periode jangka waktunya selesai, pihak bank akan mengalihkan dana dari tabungan berjangka ke rekening tabungan biasa.

Bunga Lebih Tinggi

Keuntungan dari membuka tabungan rencana adalah bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Persentasenya memang tidak lebih besar dari deposito ataupun reksa dana. Namun, dengan adanya kontrak jangka waktu yang cukup lama membuat nilai dana di rekening jadi lebih terkendali. Bunga yang diberikan pun berubah-ubah mengikuti kondisi pasar. Selain tabungan berjangka Mandiri tidak akan terpotong biaya administrasi alias gratis.

Dilengkapi Asuransi

Dalam tabungan rencana ini disertai dengan asuransi kesehatan dan jiwa. Sehingga, kamu tidak perlu risau rencana masa depan yang sudah disiapkan sebelumnya. Kamu bisa mengklaim asuransinya jika suatu waktu terserang sakit. Sementara besarannya tergantung dari pihak bank. Lalu andai kata kamu meninggal dunia, pihak bank akan menanggung sisa dari kewajiban setoranmu dan akan mengembalikan dana yang telah tersimpan kepada hak waris.

Di balik keuntungan tabungan berjangka, tetap ada kekurangannya yakni tidak cocok untuk investasi jangka panjang. Hal ini karena bunganya selalu di bawah inflasi. Jadi lebih cocok untuk rencana jangka pendek seperti traveling, umroh maupun kebutuhan persiapan pernikahan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait