Tabungan Rencana Mandiri Buat Modal Nikah Bebas Utang

Tabungan Rencana Mandiri

Menikah menjadi impian banyak anak muda sekaligus momok yang menakutkan. Niat janji sehidup semati ini kadang terkendala besarnya biaya yang diperlukan.

Apalagi sekarang banyak pengantin yang ingin punya pernikahan ala selebgram dengan bunga bertaburan dan wedding clip yang mahal. Alhasil, istilah ‘nikah di gedung tinggal di kontrakan’ bukan sekedar ungkapan. Terbukti banyak pasangan yang terbelit utang, karena anggaran pernikahan yang jebol.

Agar tidak ikut-ikutan pailit paska pernikahan impian, kamu bisa mempersiapkan dananya sejak jauh hari dengan tabungan berjangka. Salah satunya ialah tabungan rencana mandiri dari Bank Mandiri.

Bank BUMN ini menyediakan produk simpanan yang sifatnya autodebet dari rekening utama kita. Kamu juga bisa memilih setoran bulanan yang akan dipotong otomatis dan jangka waktunya.

Apa Itu Tabungan Rencana Mandiri?

Tabungan Rencana Mandiri merupakan produk simpanan dari Bank Mandiri bagi yang sulit menabung, tapi ingin menyiapkan dana untuk kebutuhan di masa mendatang termasuk pernikahan.

Meski jodoh belum jelas, tapi anggaran pernikahan harus sudah jelas dong. Apalagi anggaran pernikahan pasti melonjak demi hari bahagia yang sempurna.

Nantinya, sejumlah saldo akan dipotong otomatis dan dialihkan ke rekening berjangka ini dan dicairkan ketika jatuh tempo. Sistem ini membantu kamu yang sulit disiplin menyisihkan uangmu demi tabungan.

Simak persyaratan dan keuntungan yang ditawarkan Bank Mandiri lewat Tabungan Rencana.

1.     Nasabah berusia 18 sampai 69 tahun

Tabungan ini sesuai untuk semua nasabah Bank Mandiri termasuk kamu yang baru menjalani awal karier dengan gaji yang tak seberapa. Meski terbatas, kamu perlu menyisihkan sebagaian dana agar tidak kewalahan nantinya.

2.     Jangka waktu 1 tahun hingga 20 tahun

Kamu bisa memilih masa tenor tabungan rencana itu sesuai kebutuhan. Idealnya, perlu waktu 1 tahun untuk mengumpulkan biaya menikah yang memadai. Namun, jika punya target lebih juga bisa memilih jangka waktu yang lebih panjang.

3.     Setoran minimal Rp100.000

Bank Mandiri memungkinkan setoran bulanan mulai dari Rp100.000 sampai Rp5 juta. Jumlah ini cocok buatmu dengan gaji yang belum mencapai dua digit. Pepatah ‘sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit’ bisa dipraktikkan untuk mengumpulkan biaya nikah idamanmu itu.

4.     Dapat asuransi gratis

Pemilik tabungan ini akan otomatis mendapatkan asuransi dari PT AXA Mandiri Financial Service hingga maksimal Rp5 juta per bulan. Fasilitas ini akan membantu kebutuhan biaya kesehatanmu sekaligus.

5.     Bisa ditambah sewaktu-waktu

Kamu bisa menambahkan dana ke tabungan berjangka ini di luar setoran bulanan. Jika swaktu-waktu kamu dapat bonus dari kantor atau menang undian maka bisa dimasukkan ke rekening ini agar keuntungannya bertambah.

6.     Tidak bisa dibuka dalam bentuk rekening gabungan

Banyak pasangan membuka rekening gabungan (joint account) untuk mengumpulkan modal menikah. Namun Tabungan Rencana Mandiri tidak bisa memberlakukan itu.

Sisi baiknya adalah kamu tidak perlu mengalami kerepotan membagi isi rekening apabila temanmu di pelaminan bukanlah si dia yang selama ini menabung bersama.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait