Moissanite, Alternatif Cincin Nikah untuk Hemat Biaya Pernikahan

Moissanite, Alternatif Cincin Nikah untuk Menghemat Biaya Pernikahan
Moissanite, Alternatif Cincin Nikah untuk Menghemat Biaya Pernikahan

Pernikahan adalah momen yang sakral menurut banyak kebudayaan di Indonesia. Karena statusnya yang tinggi, tak jarang banyak orang yang menuntut pernikahan dirayakan semaksimal mungkin. Akan tetapi, apa yang diidam-idamkan sering tidak sesuai dengan kondisi keuangan.

Mengurus pernikahan, mulai dari akad nikah hingga resepsi dapat memakan biaya yang tinggi. Yang lebih memprihatinkan lagi, banyak pasangan yang harus berutang untuk menggenapi rasa gengsinya. Ada juga yang menggunakan uang orang tua untuk membayar semua persiapan pernikahan tersebut.

Fakta Pernikahan Crazy Rich Surabaya

Akhir 2018 yang lalu, pasangan Jusup Maruta Cahyadi dan Clarissa sempat membuat geger satu Indonesia. Pernikahan dan kisah cinta mereka membuat sepasang kekasih tersebut dijuluki sebagai Crazy Rich Surabaya. Bagaimana tidak, resepsi pernikahan Jusup dan Clarissa menyediakan hadiah mobil mewah untuk tamu yang beruntung. Mereka juga memberi cendera mata koin emas dengan berat 3,5 dan 10 gram. Walaupun menggelontorkan uang banyak, Jusup dan Clarissa menolak kado dari tamu.

Tidak heran jika pernikahan sering dikaitkan dengan simbol status sosial. Jika kamu tidak memiliki dana yang cukup, ada baiknya membatasi biaya nikah yang keluar. Mungkin makanan yang enak dan lokasi resepsi premium yang sangat berarti bagi sebuah pasangan. Jika kamu memang tidak bisa menghemat biaya di dua hal itu, kamu bisa berhemat dalam hal cincin kawin.

Hemat Biaya lewat Cincin Nikah

Cincin nikah biasanya dibuat dari logam mulia dengan harga selangit. Tiap pasangan biasanya ingin memiliki model perhiasan emas terbaru. Banyak pula yang ingin menyematkan batu berlian di mata cincin. Di negara-negara Barat, perhiasan dengan berlian menjadi kontroversi. Penambangan berlian dinilai tidak etis dan sering menimbulkan pertumpahan darah. Orang-orang lebih memilih alternatif lain sebagai pengganti berlian. Salah satunya adalah adalah moissanite.

Moissanite, Alternatif Cincin Nikah

Moissanite adalah mineral langka silikon karbida yang ditemukan oleh Henri Moissan. Harga moissanite lebih rendah daripada berlian karena praktik penambangan yang lebih manusiawi dan tidak ekploitasi besar-besaran. Meski murah, moissanite memiliki keindahan yang menyaingi berlian. Moissanite memiliki indeks bias yang lebih tinggi dari berlian sebesar 9,25. Perhiasan dari mineral ini juga dikenal sangat kuat.

Dengan kombinasi moissanite dan model perhiasan emas terbaru, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk merebut hati sang kekasih. Sebagai referensi kamu bisa melihat katalog Charles & Colvard. Mereka adalah perusahaan pertama yang memproduksi moissanite secara komersil. 

Harga yang tertera di laman website sangat bervariasi, mulai yang paling murah Rp1,3 juta ($1 = Rp14.000) hingga yang paling mahal Rp105 juta. Model yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Ada yang disematkan ke emas putih 14 karat sampai yang disematkan ke cincin berlapis titanium.

Mengadakan upacara pernikahan yang meriah adalah impian semua orang. Namun, rasanya tidak perlu dipaksakan jika memang kondisi keuangan tidak mendukung. Alih-alih bahagia setelah menikah, jangan sampai pernikahanmu runyam karena hutang menghantui hari-harimu. Jadi, buat kamu yang tidak memiliki budget yang banyak, alangkah lebih baiknya dibanding untuk pesta pernikahan, alangkah baiknya digunakan untuk investasi.

Tapi buat kamu yang masih merencanakan pernikahan dan ingin acara pernikahanmu meriah seperti Crazy Rich Surabaya, kamu harus mulai menabung investasi sekarang. Dengan begitu, gak ada lagi irit-irit untuk menikah. Yuk investasi sekarang di Ajaib!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait