Bisnis & Kerja Sampingan

Contoh Caption yang Bagus untuk Promosi di Instagram

caption bagus

Ajaib.co.id – Wajah dunia bisnis berubah jauh dengan adanya sosial media sebagai media promosi. Salah satu sosial media yang menjadi jalan untuk bisnis adalah instagram. Format gambar yang diusungnya menjadi salah satu kelebihan utama sebagai ajang promosi dilengkapi dengan caption yang bagus.

Konten di instagram baik itu foto atau caption IG menjadi jembatan untuk menjual produkmu kepada calon pembeli. Jika ibaratnya foto ataupun video yang diposting adalah sebuah etalase jualan maka caption yang disertakan adalah keterangan dari penjual akan produk dagangannya.

Banyak dari seller online yang meremehkan kekuatan caption untuk meraih pembeli. Padahal dari caption itulah cara pedagang untuk memberikan penjelasan yang menjadi salah satu daya tarik utama jualannya. Banyak pedagang yang kehilangan calon pembeli potensial hanya karena deskripsi yang buruk di bawah fotonya.

Harus diakui jika membuat caption tidak lah benar-benar semudah yang dikira banyak orang. Karena itu kini tersedia banyak jasa pembuatan caption, bisnis yang populer karena penulis Zarry Hendrik. Tantangannya adalah membuat caption yang bagus namun juga tetap sesuai dengan kebutuhan bisnis kita yakni menjual produk atau jasa yang kita tawarkan.

Sementara itu, caption yang paling sering mendapat like dari netizen biasanya berkisar caption bijak, jatuh cinta, kasih sayang, atau soal kerja keras dalam hidup. Ketika ingin membuat caption dengan tujuan bisnis maka kamu dipaksa untuk mencoba mengkaitkan tema-tema tersebut.

Ada banyak brand yang sukses melakukan pemasaran lewat media sosial karena caption-nya yang catchy. Dengan tren anak muda zaman sekarang, caption yang bagus di sosial media adalah cara terbaik untuk menarik perhatian mereka dan terus dilanjutkan dengan iklan produk yang akan kita jual.

Caption yang Bagus Adalah Kunci Marketing Kekinian

 Bisnis dan marketing adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan sejak dahulu. Jika pada era sebelumnya marketing diterapkan dengan mengandalkan media cetak dan televisi maka sekarang sudah berubah. Marketer andal zaman sekarang tahu benar bahwa promosi terbaik adalah pakai caption yang unik dan menjual.

Terlebih lagi dengan semakin ditambahnya jumlah kata yang bisa kamu tulis di caption IG maka semakin besar kesempatanmu untuk merumuskan kalimat menarik dan unik untuk menggaet konsumen. Dengan demikian, kamu bisa mempromosikan produkmu dengan lebih leluasa baik untuk anak muda maupun orang tua.

Sebelumnya dengan keterbatasan jumlah karakter di Instagram, dampaknya menjadi orang merasa terbatas pula dalam mengkreasikan kata-katanya. Akibatnya, sulit pula bagi orang lain untuk mendapatkan pesan yang ingin disampaikan oleh konten promosi bisnismu itu.

Bagi kamu yang memiliki akun Instagram untuk bisnis atau media sosial sebagai media promosi, pastinya kamu ingin tahu bagaimana cara menulis caption bagus untuk mempromosikan bisnismu.

Instagram sendiri menjadi salah satu media sosial yang paling populer di dunia. Dengan beragam fitur yang menarik, telah membuat Instagram banyak disukai oleh orang-orang. Saking populernya, banyak penggunanya yang melakukan berbagai cara untuk mempercantik tampilan Instagramnya.

Bagi kamu yang ingin mempromosikan bisnismu, berikut ini adalah contoh caption bagus untuk promosi di Instagram:

Promosi dalam Bentuk Kalimat Permohonan

Secara tidak langsung kamu tengah membujuk netizen untuk mengenal lebih jauh produk bisnismu. Rasa penasaran mereka akan tergelitik dengan foto atau video menarik yang dilengkapi dengan kalimat sejenis ini.

  • “Lagi cari gadget terbaru dengan harga murah? Klik tautan di bio kami!”
  • “Yuk, kunjungi toko kami di kotamu, jangan sampai ketinggalan ya!”

Menggunakan Kata-kata yang Menarik Perhatian

Penggunaan kalimat ‘gratis’ dan ‘bonus’ tetap saja akan menarik konsumen sampai kapan pun. Tekankan lebih jauh soal kesempatan yang mungkin akan jarang mereka temui lagi ini agar segera melakukan pembelian.

  • “Beli hari ini gratis 1 produk untuk setiap pembelian.”
  • “Hanya hari ini saja, beli 2 gratis 1.”

Melakukan Promosi dengan Elemen yang Menantang

Alam bawah sadar manusia umumnya akan langsung tertarik dengan ujaran seperti ini. Mereka secara halus diingatkan untuk tidak melewatkan kesempatan langka ini.

  • “Diskon besar-besaran! Pesan sebelum habis!”
  • “Awas! Kita lagi cuci gudang!”

Gunakan Istilah yang Menarik

Istilah yang catchy dan menarik adalah strategi marketing yang tak lekang oleh waktu. Selain contoh di bawah ini, kamu bisa merumuskan kalimat sendiri yang gampang diingat dan langsung menarik perhatian netizen.

  • “Item produk ini sangat terbatas. Yuk, pesan sebelum kehabisan!”
  • “Produk impor dari US, dijamin kualitasnya ori!”

Promosi dengan Kata-kata Lucu

Kata-kata lucu selalu berhasil menarik perhatian masyarakat termasuk warganet. Gunakan berbagai alternatif islah lucu yang ada, atau bahkan kreasikan sendiri untuk caption bisnismu.

  • “Harganya bakal jatuh hari ini, yuk pesan sebelum dompet kamu tipis!”
  • “Hari ini masih murah, besok udah mahal!”

Promosi dengan Memberikan Jaminan

Jaminan produk atau garansi selalu menarik bagi konsumen. Hal ini karena seringkali ada ketidakpuasan setelah pembelian dilakukan sehingga tambahan pelayanan seperti ini selalu menjadi nilai plus.

  • “Ada jaminan layanan satu tahun gratis khusus pembelian hari ini.”
  • “Produk ini 100% asli, kalau palsu uang kembali.”

Menjelaskan Produk Terbaik Kamu

Ada banyak seller online yang bertebaran di Instagram saat ini dengan produk yang serupa bahkan sama. Dengan tingginya persaingan, penting sekali menekankan unsur perbedaan produk atau bisnis milikmu agar calon konsumen tertarik.

  • “Cuma kami satu-satunya yang berani memberi jaminan!”
  • “Produk yang kami jual adalah resmi.”

Berikan Bonus

Konsumen di mana pun dan kapan pun selalu lebih suka mendapatkan lebih banyak barang dengan jumlah uang dikeluarkan sama, karena itu istilah bonus atau free gift selalu menggoda. Pastikan caption milikmu menyertakan istilah ini.

  • “Dapatkan bonus khusus pembelian hari ini!”
  • “Bonus kemeja bermerek untuk minimal pembelian Rp 500.000.”

Berikan Penjelasan Mengenai Khasiatnya

Terkadang calon pembelimu hanya ingin mencari suatu produk tertentu tanpa pemahaman jelas akan fungsi dan manfaatnya. Luangkan sedikit waktu untuk membuat caption lebih panjang yang menerangkan akan produk milikmu dan dampaknya agar pembeli lebih paham dan kemudian membeli produkmu.

  • “Gunakan hari ini dan coba bersihkan. Kemudian, liat hasilnya!”
  • “Segera bersihkan wajahmu dan rasakan hasilnya!”

Promosi dengan Menggunakan Angka

Otak manusia terkadang lebih mudah mencerna kalimat promosi dengan menyertakan angka. Alasannya karena merek tidak perlu menghitung sendiri yang bisa saja membingungkan atau bahkan salah.

  • “Uangmu kembali untuk pembelian minimal Rp 750.000.”
  • “Beli hari ini, lebih hemat Rp 100.000.”

Menulis Harga di Keterangan

Caption yang bagus dan gampang dipahami juga bisa diwujudkan dengan menyertakan harganya langsung. Dengan demikian, pembeli tidak perlu repot bertanya begitu pula kamu. Jika memang dianggap tidak cocok maka akan langsung beralih.

  • “Pakaian branded cuma Rp 150.000 saja.”
  • “Beli 2 produk dapat harga khusus Rp 75.000.”

Gunakan Kata “Gratis”

Kata ajaib ini selalu ampuh digunakan dalam semua promosi. Tidak ada yang tidak suka dengan sesuatu yang gratis dalam bentuk apapun.

  • “Beli 2 produk gratis tas belanja.”
  • “Dapatkan mug ini untuk setiap pembelian minimal Rp 100.000.

Promosi Agar Ada Rasa Rugi Kalau Tidak Beli

Kamu juga bisa memberikan bujukan halus bahwa penawaran ini hanya akan terjadi sesekali saja. Harga maupun produk serupa tak akan mudah dijumpai di hari lain sehingga mereka akan takut ketinggalan.

  • Hari ini harga murah, besok bakal naik!”
  • “Miliki produk ini secepatnya, jangan sampai kehabisan!”

Menjelaskan Bahwa Satu Produk Tidak Cukup

Kamu juga bisa menyusun caption untuk membujuk pembeli melakukan pembelian lebih. Misalnya dengan menerapkan harga berbeda ketika pembelian lebih dari satu sehingga terasa lebih hemat.

  • “Dijamin langsung kecanduan, beli 5 dapat harga spesial!”
  • “Beli satu untuk kamu, beli satu lagi untuk gebetan. Yuk, pesan segera!”

Promosikan dengan Harga yang Lebih Terjangkau

Caption yang bagus tetap saja jika menyebutkan jika kamu bisa memberikan harga yang lebih murah sehingga pembeli merasa lebih diuntungkan dibandingkan membeli di toko sebelah. Pastikan kamu mengaplikasikan jenis caption ini untuk bisnismu.

  • “Produk kami memang murah, namun bisa bersaing dengan produk lainnya.”
  • “Kualitas terbaik dengan harga paling terbaik.”

Itulah contoh caption bagus di Instagram yang bisa jadi referensi kamu untuk mempromosikan produkmu. Kamu bisa menggunakan kata-kata atau kalimat yang menarik untuk menarik calon konsumen.

Penggunaan caption yang bagus juga bisa mendatangkan warganet untuk melihat apa yang kamu tayangkan di Instagram. Hal tersebut tentunya juga bisa digunakan untuk menjadi peluang promosi dalam menjalani bisnismu.

Bila sudah mendapatkan keuntungan, pastikan kamu menyisihkannya untuk berinvestasi. Agar tidak hanya mendapatkan keuntungan secara aktif, tapi juga menghasilkan pendapatan pasif. Percayakan investasimu pada Ajaib, aplikasi pintar yang menyediakan ragam investasi untuk berbagai profil risiko.

Artikel Terkait