6 Cara Mendapatkan Followers di Instagram Supaya Makin Eksis

cara mendapatkan followers
cara mendapatkan followers

Masih bingung dengan cara mendapatkan followers di Instagram? Simak ulasan dari redaksi Ajaib ini untuk mengetahui caranya ya.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling berpengaruh saat ini. Hampir semua fitur yang umumnya ada di media sosial, dimiliki Instagram. Inilah yang menyebabkan kaum milenial lebih senang menggunakan platform media sosial ini dibandingkan platform yang lainnya.

Berpotensi untuk Bisnis

Tidak hanya untuk pemakaian perseorangan, Instagram juga memfasilitasi bisnis besar untuk berjualan pada platformnya. Ini juga yang semakin membuat Instagram memiliki pengaruh yang besar untuk dunia bisnis saat ini.

Tidak hanya untuk dunia bisnis, tingkat eksistensi seseorang juga sangat berpengaruh dari akun Instagramnya. Tidak heran banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat konten agar eksistensinya di Instagram semakin nyata, terutama para milenial yang sebagian waktunya habis di media sosial.

Untuk mengukur tingkat eksistensi ini dapat dilihat dari jumlah pengikut (followers) orang tersebut di akun Instagramnya.

Pengaruh Jumlah Followers

Apakah benar semakin banyak jumlah pengikut seseorang maka semakin tinggi tingkat eksistensi orang tersebut? Benar saja. Dapat dilihat bahwa selebriti yang memiliki pengikut banyak pada Instagram, dapat membagikan fotonya dengan sebuah produk dan kegiatan ini dibayar!

Kegiatan ini disebut dengan endorse. Banyak orang yang sudah tidak perlu lagi mencari pekerjaan di dunia nyata dan mendapatkan uang hanya dari aktivitas mengelola akun Instagramnya saja. Sudah terbayang kan seberapa kuat pengaruh Instagram ini?

Kemudian, Instagram juga membuat fitur yang hanya bisa digunakan oleh akun yang jumlah pengikutnya sudah banyak. Salah satu fitur yang dimaksud adalah fitur swipe up story yang hanya bisa digunakan oleh akun dengan jumlah pengikut lebih dari 10 ribu. Tentu saja ini semakin memperkuat argumen bahwa jumlah pengikut pada Instagram sangat berpengaruh kepada tingkat eksistensi seseorang.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan followers? Adakah cara mendapatkan followers yang banyak tanpa harus membeli? Ada! Mari kita bahas satu per satu.

Konsisten dengan Konten

Pilihlah niche atau persona yang ingin kamu gunakan pada akun Instagrammu, misalnya foto alam, foto minimalis, atau justru video singkat yang lucu, hingga review produk. Dengan ini, pengguna Instagram lainnya akan memiliki sebuah tujuan untuk mengikutimu, yaitu karena konten yang kamu buat. Jangan lupa, buatlah konten tersebut semenarik atau aestetik mungkin sehingga feed akun Instagrammu juga enak dipandang mata. Jika kamu bisa konsisten dengan konten tersebut, maka tampilan Instagram kamu akan semakin cantik dan pengguna Instagram lainnya tidak akan segan untuk mengikuti akun kamu!

Ikuti Tren

Banyak sekali tren di Instagram yang bisa kamu ikuti, salah satunya melalui hashtag. Hashtag adalah salah satu cara agar postingan kamu bisa dilihat oleh orang lain. Semakin banyak dan semakin populer hashtag yang kamu pakai, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk postingan kamu dilihat oleh pengguna Instagram lainnya yang akan membuka jalan untuk mereka menemukan dan mengikuti akunmu.

Kamu bisa menggunakan hashtag #10YearChallenge, #FaceApp, dan lainnya. Contoh hashtag seperti ini hanya bertahan saat periode hashtag tersebut sedang tren. Ada juga hashtag lain yang populer dan selalu menjadi tren dikarenakan hashtag-hashtag ini bisa digunakan di segala situasi, seperti #OOTD, #Instagram, #LookBook, dan sebagainya. Hashtag ini pun bisa disesuaikan dengan niche atau konten yang kamu bagikan, misalnya untuk foto alam kamu bisa menggunakan #FolkIndonesia.

Tag Akun Populer

Jika sudah konsisten dengan konten yang kamu posting pada akunmu, jangan ragu untuk menandai atau tag akun populer di Instagram yang memiliki niche sama dengan akunmu. Misalnya kamu suka foto bergaya Outfit of The Day, maka kamu bisa menandai akun LookBook Indonesia. Jika kamu suka membagikan foto alam atau pemandangan, kamu bisa menandai akun Folk Indonesia. Bahkan foto kamu bisa direpost oleh akun tersebut jika foto kamu memang bagus. Hal ini membuka peluang untuk menaikkan jumlah pengikut baru di akunmu.

Follow Akun Lain

Banyak pengguna Instagram yang akan mengikuti balik (follow back) akunmu ketika kamu mengikuti mereka. Namun tentu saja, ini tidak hanya menambah jumlah pengikutmu tetapi juga jumlah akun yang kamu ikuti. Nah, jika kamu tidak segan, kamu bisa melakukan follow-unfollow. Artinya, kamu mengikuti akun-akun tersebut kemudian ketika mereka mengikuti balik, kamu bisa berhenti mengikuti (unfollow) mereka secara langsung atau dalam jeda beberapa hari.

Kamu bisa mulai langkah ini dengan mengikuti akun-akun yang bisa kamu temukan di tab pengikut pada akun selebriti. Akun Instagram pejabat maupun selebriti biasanya memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak dan cepat bertambah. Kamu bisa mengikuti akun-akun yang ada di sana.

Buat Caption Menarik

Beberapa orang mengabaikan penulisan caption karena menganggap tidak banyak orang yang akan membacanya. Padahal, caption bisa menjadi daya tarik tersendiri. Caption yang menginspirasi atau justru humoris sekalian akan menambah keingintahuan pengguna Instagram lainnya untuk terus melihat caption yang kamu buat dan membuka peluang untuk mereka mengikuti akunmu.

Buka Akunmu

Tentu saja cara-cara jitu di atas tidak akan berhasil apabila kamu menggembok akunmu. Hashtag yang kamu tulis menjadi percuma karena pengguna Instagram lain juga tidak bisa melihat feed yang telah kamu ciptakan sedemikian rupa. Maka itu, jangan menggembok akunmu ketika sedang dalam proses menaikkan jumlah pengikut, ya!

Cara mendapatkan followers ini sangat mudah bukan? Hanya dengan beberapa langkah saja, Instagram kamu bisa menjadi lebih indah dan diikuti lebih banyak orang. Sebagai kaum milenial yang memiliki tuntutan eksistensi pada media sosial yang besar, kamu bisa mencoba tips-tips tersebut sekarang juga. Siap-siap kebanjiran followers, ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait