Cara Memasarkan Produk Bisnis Memanfaatkan Media Sosial

Cara Memasarkan Produk

Sebagai seorang pebisnis, sudah pasti ingin memasarkan produk yang kamu jual agar makin dikenal banyak orang. Saat ini, banyak cara memasarkan produk bisnismu yang bisa dilakukan. Namun, ada salah satu cara memasarkan produk bisnis yang efektif. Pemasaran tersebut melalui media sosial.

Kenapa media sosial? Sebab penyebaran informasi di media sosial sungguh sangat cepat dan efektif. Dengan begitu, nantinya bisa memberi pengaruh kepada orang-orang banyak.

Meskipun menggunakan media sosial bisa dikatakan menjadi strategi yang tepat, kamu tentu harus memahami esensi penggunaan media sosial bagi masyarakat modern. Dengan menyamakan persepsi dengan pengguna media sosial lainnya, setidaknya kamu bisa mengetahui ekspektasi seperti apa yang diharapkan oleh pengguna media sosial lainnya.

Nah, agar kamu bisa menjadi lebih kreatif dan cermat dalam menggunakan media sosial untuk saranan pemasaran, pelajari beberapa trik di bawah ini.

Tentukan Target dan Jenis Media Sosial

Sebelum memulai memasarkan produkmu di media sosial, alangkah baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu terkait target pemasaran dan jenis media sosial yang akan digunakan. Dengan begitu, pemasaranmu akan lebih efektif dan produk yang kamu jual bisa laku keras.

Contohnya, saat kamu menjadi penjual barang-barang hypebeast, targetkan pemasaranmu kepada anak-anak muda yang tinggal di kota besar dan gunakan instagram sebagai medianya. Sebab, biasanya orang-orang yang suka dengan hypebeast pasti akan lebih aktif di instagram.

Buat Konten Kreatif

Untuk memasarkan produkmu, sudah barang tentu menggunakan konten yang kreatif, bukan konten yang biasa-biasa saja. Dengan konten yang kreatif, setidaknya bisa menarik banyak pengguna media sosial untuk melihat terlebih dahulu kontenmu tersebut. Saat kontenmu itu menarik banyak minat, maka setidaknya bisa menambah pelanggan untuk produk-produk yang kamu jual.

Selain itu, dengan membuat konten yang kreatif, banyak orang yang akan membagikan kontenmu sehingga jangkauannya pun makin meluas. Kesempatan itu bisa membuat pengguna internet lainnya mulai mengenal informasi dan produk bisnismu. Jangan lupa, usahakan untuk membuat konten yang singkat, padat, jelas, dan menarik agar pengguna internet lainnya tidak merasa malas untuk melihat konten tersebut.

Jalin Komunikasi Efektif

Setelah menentukan target, memilih media sosial dan membuat konten, sekarang saatnya untuk memanfaatkan bantuan dari orang-orang sekitar. Coba untuk membuat postingan konten secara internal di kalangan teman-temanmu agar mereka lebih kenal dengan produkmu itu.

Langkah ini bisa dikatakan efektif jika teman-temanmu dengan senang hati menyebarkan dan membagikan konten tersebut. Maka dari itu, jangan bosan untuk menjalin hubungan yang baik dengan kenalan di media sosial.

Pilih Influencer yang Tepat

Saat ingin memperluas jaringan, kamu bisa meng-hire seorang influencer yang mana followers-nya sudah banyak dan tersebar di seluruh Tanah Air. Namun, saat menentukan influencer, pilihlah yang tepat dan sesuai dengan produk yang kamu jual. Dengan begitu, kamu bisa lebih efektif dalam memperluas informasi terkait produkmu itu.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa memasarkan produkmu di media sosial dengan efektif. Selamat mencoba.

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tjiptono, Fandy. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait