Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Memasarkan Produk Bisnis Memanfaatkan Media Sosial

Ajaib.co.id – Cara memasarkan produk lewat sosial media sekarang merupakan kunci sukses di dunai bisnis. Sistem online muncul sebagai solusi strategi promosi yng murah dan sekaligus efektif. Bukan hanya meningkatkan penjualan produk namun juga benar-benar mampu meraih target pasar yang dituju.

Social media mengubah wajah dunia sedemikian rupa, termasuk pula dalam hal bisnis. Internet menjadikan segalanya lebih cepat dan praktis, hal yang sangat menguntungkan dalam dunia usaha. Ini pula yang menjadi salah satu alasan sosial media begitu berpengaruh dalam bisnis.

Jika dulu memasarkan produk butuh biaya besar kini jauh lebih murah. Pengusaha dulu harus membayar biaya pasang iklan di media cetak, televisi atau baliho yang cukup menguras biaya. Sedangkan pengusaha kecil harus puas dengan sistem sederhana sehingga bisnisnya sulit berkembang.

Namun kini bisa lebih terjangkau dengan berpromosi di media sosial. Cara memasarkan produk ini juga bisa menjangkau lebih banyak orang untuk menggunakan produk baru yang dijual. Calon konsumennya bukan hanya sekedar di wilayah tertentu saja namun juga di seluruh dunia dengan jangkauan internet yang tak terbatas.

Cara Memasarkan Produk Lewat Media Sosial Paling Jitu Lewat 4 Tips Ini

Sebagai seorang pebisnis, sudah pasti ingin memasarkan produk yang kamu jual agar makin dikenal banyak orang. Promosi produk menjadi tahapan wajib yang harus dilakukan untuk meraih calon pelanggan. Karena itu, proses ini sangat diutamakan dan dioptimalkan dari berbagai sisi.

Cara memasarkan produk sendiri terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Biasanya dipilih jalur yang paling mudah meraih masyarakat luas. Misalnya promosi lewat radio atau media cetak menjadi cara yang sempat marak di masanya. Strategi promosi kemudian terus bertambah seiring dengan tren di dunia bisnis.

Saat ini, banyak cara memasarkan produk bisnismu yang bisa dilakukan. Namun, ada salah satu cara memasarkan produk bisnis yang efektif yakni melalui media sosial. Para pelaku bisnis online merupakan kalangan yang sudah merasakan manisnya cara promosi ini. Namun kini pelaku bisnis konvensional dan UKM juga turut menerapkan cara ini.

Kenapa media sosial? Sebab penyebaran informasi di media sosial sungguh sangat cepat dan efektif. Dengan begitu, nantinya bisa memberi pengaruh kepada orang-orang banyak. Menggunakan media sosial bisa dikatakan menjadi salah satu cara pemasaran paling cepat dan masif menjangkau masyarakat.

Kini hampir semua orang, baik tua maupun muda, menggunakan sosial media seperti Facebook dan Instagram. Dengan demikian, hampir semua orang bisa dijangkau dengan cara ini. Terlebih lagi jika dikombinasikan dengan cara memasarkan produk lainnya misalnya saja sistem word of mouth.

Word of mouth merupakan strategi marketing yang mengandalkan rekomendasi dan review dari konsumen, baik secara personal maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa sehingga bisa menggaet lebih banyak pelanggan baru potensial.

Review yang diberikan tentulah yang bersifat positif, seperti kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk atau pelayanan. Hal ini akan mempersuasi dan menyakinkan orang lain untuk menggunakan produk atau jasa dari bisnis tersebut. Misalnya saja pelayanan yang prima atau adanya potongan harga yang bisa didapatkan.

Meskipun menggunakan media sosial bisa dikatakan menjadi strategi yang tepat, kamu tentu harus memahami esensi penggunaan media sosial bagi masyarakat modern. Dengan menyamakan persepsi dengan pengguna media sosial lainnya, setidaknya kamu bisa mengetahui ekspektasi seperti apa yang diharapkan oleh pengguna media sosial lainnya.

Nah, agar kamu bisa menjadi lebih kreatif dan cermat dalam menggunakan media sosial untuk saranan pemasaran, pelajari beberapa trik di bawah ini.

1. Tentukan Target dan Jenis Media Sosial

Sebelum memulai memasarkan produkmu di media sosial, alangkah baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu terkait target pemasaran dan jenis media sosial yang akan digunakan. Dengan begitu, pemasaranmu akan lebih efektif dan produk yang kamu jual bisa laku keras.

Contohnya, saat kamu menjadi penjual barang-barang hypebeast, targetkan pemasaranmu kepada anak-anak muda yang tinggal di kota besar dan gunakan instagram sebagai medianya. Sebab, biasanya orang-orang yang suka dengan hypebeast pasti akan lebih aktif di instagram.

Sementara it, sosial media Facebook umumnya lebih efektif jika target pasarmu dari kalangan yang lebih berumur termasuk pula generasi boomer. Beda karakter pengguna sosial media bisa dijadikan acuan untuk menentukan mana yang paling tepat sebagai cara memasarkan produk milikmu.

2. Buat Konten Kreatif

Untuk memasarkan produkmu, sudah barang tentu menggunakan konten yang kreatif, bukan konten yang biasa-biasa saja. Dengan konten yang kreatif, setidaknya bisa menarik banyak pengguna media sosial untuk melihat terlebih dahulu kontenmu tersebut. Saat kontenmu itu menarik banyak minat, maka setidaknya bisa menambah pelanggan untuk produk-produk yang kamu jual.

Selain itu, dengan membuat konten yang kreatif, banyak orang yang akan membagikan kontenmu sehingga jangkauannya pun makin meluas. Kesempatan itu bisa membuat pengguna internet lainnya mulai mengenal informasi dan produk bisnismu. Jangan lupa, usahakan untuk membuat konten yang singkat, padat, jelas, dan menarik agar pengguna internet lainnya tidak merasa malas untuk melihat konten tersebut.

Cari tahu lebih banyak soal model konsep promosi yang paling cocok digunakan. Pahami tren terbaru untuk membuat konten yang menarik sekaligus menjual. Memanfaatkan tren yang ada tidak pernah gagal membuat promosi usahamu jauh lebih efektif.

3. Jalin Komunikasi Efektif

Setelah menentukan target, memilih media sosial dan membuat konten, sekarang saatnya untuk memanfaatkan bantuan dari orang-orang sekitar. Coba untuk membuat postingan konten secara internal di kalangan teman-temanmu agar mereka lebih kenal dengan produkmu itu.

Langkah ini bisa dikatakan efektif jika teman-temanmu dengan senang hati menyebarkan dan membagikan konten tersebut. Maka dari itu, jangan bosan untuk menjalin hubungan yang baik dengan kenalan di media sosial.

Jika kamu sudah memiliki pembeli, tak ada salahnya meminta mereka memberikan review di akun sosial medianya. Dengan demikian, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang. Berikan layanan yang baik kepada pelanggan bahkan setelah penjualan untuk memastikan mereka akan kembali membeli darimu.

4. Pilih Influencer yang Tepat

Saat ingin memperluas jaringan, kamu bisa meng-hire seorang influencer yang mana followers-nya sudah banyak dan tersebar di seluruh Tanah Air. Namun, saat menentukan influencer, pilihlah yang tepat dan sesuai dengan produk yang kamu jual. Dengan begitu, kamu bisa lebih efektif dalam memperluas informasi terkait produkmu itu.

Beberapa waktu lalu sempat viral pembahasan jika beriklan di influencer tidak efektif dalam mengerek penjualan produk. Kamu perlu mencari tahu sejauh mana hal itu berefek bagi produk yang kamu tawarkan. Pastikan biaya yang kamu keluarkan untuk menggunakan jasa influencer itu benar-benar terbayarkan dengan omzet yang sesuai.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa memasarkan produkmu di media sosial dengan efektif. Selamat mencoba. Dunia bisnis online memang tempat dengan persaingan yang ketat. Namun dengan strategi yang tepat, kamu tentu tetap bisa jadi salah satu pemimpinnya.

Artikel Terkait