Dunia Kerja

Pemasaran Efektif adalah Soal Menggunakan Insight Konsumen

Pemasaran Efektif adalah Menggunakan Insight Target Konsumen

Ajaib.co.id – Untuk mendapatkan strategi pemasaran yang efektif adalah hal yang tidak mudah. Terlebih lagi dengan era digital marketing sekarang yang perlu kejelian membaca data pasar. Salah satu sumber yang bisa dijadikan pertimbangan ialah insight dari sosial media.

Menurut para ahli, pengertian efektif adalah pencapaian hasil yang sesuai dengan tujuan seperti yang telah ditetapkan. Dalam banyak kasus, kerapkali banyak yang sulit mengidentifikasi perbedaan efektif dan efisien sehingga juga menyulitkan aplikasi untuk pencapaian targetnya.

Pengertian efisien adalah tepat dalam menggunakan sesuatu untuk memenuhi target dalam batas waktu yang sudah ditetapkan. Sedangkan efektif adalah sesuatu yang dianggap memenuhi suatu target hasil atau menghasilkan kesan yang jelas dan mendalam. Pekerjaan yang efektif merupakan kunci untuk mencapai kesuksesan termasuk dalam hal marketing.

Dalam ilmu pemasaran, komunikasi yang efektif adalah strategi pemasaran yang berupaya menceritakan tentang hal-hal yang dibuat (ide, produk, jasa, dan sebagainya) – atau cerita yang beredar dengan tujuan menjual sesuatu.

Pada umumnya pemasaran akan mempengaruhi pasar. Dulunya pemasaran adalah melulu tentang iklan, dan iklan offline tradisional (iklan tv, radio, print ad) sangat mahal. Namun kini sudah berbeda, terlebih lagi dengan penggunaan sosial media secara efektif untuk tujuan marketing. Biaya yang sudah dikeluarkan kini bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya.

Di sisi lain, marketing masa kini juga lebih interaktif. Maksudnya adalah ada respon baik dari pembeli maupun konsumen dalam proses pencapaian tujuan tersebut. Sebagaimana kutipan di bawah ini:

Kini, pemasaran adalah tentang melibatkan mayarakat dan menyediakan produk atau jasa yang relevan dengan sebuah cerita yang beredar.

Seth Godin, American author and former dot com business executive

Karena itu, cara paling efektif adalah memanfaatkan sumber daya yang ada. Di era saat ini maka sumber daya terbaik adalah data yang bisa kamu dapatkan untuk memetakan pola kosumenmu. Dulu butuh banyak usaha untuk mendapatkan data tersebut namun kini bisa lebih mudah dengan keberadaan teknologi.

Namun sebelum membahasa lebih jauh soal usaha untuk pengaplikasinnya, ketahui ada sejumlah ciri yang yang bisa kamu pakai untuk tahu apakah metodemu efektif atau tidak.

Ciri Pemasaran Efektif

  1. Dimulai dengan cerita yang menarik. Sebuah bisnis produk/jasa dapat menunjuk agensi iklan digital atau pun melakukan sendiri tugas membangun cerita yang bisa menjangkau perhatian target market dan mayarakat luas.
  2. Strategi cerdas dalam mengintegrasikan fungsi berbagai channel pemasaran yang terhubung dalam ekosistem digital, yang lebih dari sekedar keterampilan teknis pengoperasian tiap channel digital.
  3. Pesan-pesan yang terkoordinasi, konsisten di segala channel dan titik perhatian konsumen.
  4. Konten adalah fondasi. Konten harus otentik dan terlahir dari cerita unik tentang brand yang dipasarkan yang relevan dengan insight target konsumen.
  5. Mengikutsertakan suara karyawan. Karena konten otentik berasal dari cerita unik tentang brand, maka opini karyawan termasuk di dalamnya. 
  6. Berfokus pada branding, bukan penjualan.

Konsumen tidak suka brand yang “mengemis” untuk dibeli. Konsumen ingin tanpa sadar terseret ke dalam pusaran sebuah cerita menarik, dan diberi kesempatan untuk mengalaminya sendiri dengan cara membeli dan menggunakan produk/jasa dari brand itu.

Pemasaran Efektif adalah Solusi Utama Budget Terbatas

Manfaat pemasaran efektif adalah efisiensi besar-besaran di semua lini pemasaran, terutama biaya yang selama ini sering membuat para marketing director mengerutkan dahinya. Paham tradisional bahwa makin besar budget penayangan iklan, berati makin sukses pemasaran, tidak valid lagi.

Kini bahkan anggaran yag terbatas juga bisa berperan efektif asalkan metodenya tepat. Terlebih lagi saat ini sosial media sekelas Instagram memberi ruang yang amat besar untuk promosi usaha. Karena itu jika ada anggapan bahwa hanya usaha dengan modal besar yang bisa berpromosi efektif maka hal itu salah besar.

Suatu metode marketing dikatakan efektif jika bisa memenuhi target yang ditetapkan sejak awal. Misalnya saja untuk brand awareness atau meningkatkan penjualannya. Cara aplikasinya bisa saja berbeda sesuai tujuanya.

Walaupun faktor kelas selebgram yang dipakai juga akan menentukan tingkat amplifikasi – makin top selebgram, makin mahal tarifnya – produk tersebu dalam brand awareness. Namun jika isi kontennya tidak relevan atupun menarik, budget besar menjadi tidak efektif.

Kiat utama pemasaran efektif adalah memprioritaskan strategi pemikiran tentang relevansi antara cerita, pengalaman dan konsumsi produk/jasa dari sebuah brand. Contoh kasusnya, ketika kamu memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Media sosial ini bukan hanya memiliki arti soal visual content namun juga menyediakan data insight yang sangat bermanfaat.

Dalam hal ini kamu harus sudah memiliki akun Instagram Bisnis agar bisa mendapatkan insight yang dibutuhkan. Adapun, algoritma media sosial ini juga terus berubah sehingga metodenya juga harus terus beradaptasi.

Jika kamu mengunggah postingan lewat Instagram Bisnis maka kamu bisa menikmati fitur yang sangat bermanfaat untuk strategi marketingmu. Inilah yang dinamakan dengan Insight yang mengungkapkan data engagement. Data ini berupa view, likes, comments, dan audience retention yang sangat esensial.

Aspek view dan comments sendiri sudah terbukti menjadi alat yang sangat membantu. Namun fitur terbarunya berupa audience retention akan memberikan informasi berapa lama rata-rata audience menyimak postingan yang kamu unggah. Semakin optimal postinganmu maka semakin baik pula hasilnya.

Bagaimana sih postingan yang efektif di Instagram?

Postingan yang efektif adalah yang memuat informasi yang tepat serta benar-benar bisa menarik perhatian konsumen sesuai dengan tujuan. Ada sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan agar unggahannya efektif antara lain:

  • Tentukan Tujuan Postingan

Setiap unggahanmu harus memiliki tujuan yang jelas agar audiens mendapatkan pesannya dengan jelas. Misalnya saja untuk marketing maka kontennya juga harus jelas agar tidak terjadi kebingungan dan kemudian tertarik untuk menyimaknya lebih jauh.

  • Buatlak Hook Post

Hook post bisa dikatakan merupakan umpan untuk menarik audiens. Banyak yang beranggapan jika hook ini menentukan kesuksesan unggahan hingga 80%. Karena itu wajib sekali menarik dengan visual dan konteks yang sangat jelas. Isi dari postinganmu harus bisa terbaca dari hook post tersebut.

Tambahkan pula caption yang menarik karena tidak dipungkiri ada banyak pengguna Instagram yang kerap membaca caption lebih dulu. Dengan poin ini maka unggahanmu akan jauh lebih efektif.

  • Buat Cerita

Pastikan postinganmu bercerita. Kamu bisa melakukannya dengan postingan yang berupa carousel. Tambahkan pula caption untuk menjabarkan isi dari postinganmu. Berikan pula hashtag yang relevan dengan postingan itu untuk meningkatkan efektivitasnya.

Kunci Sukses Pemasaran Efektif

Sifat progresif, dinamis, dan akurat dari teknologi digital menular ke sifat pemasaran efektif di era 4.0 ini. Meski ada prinsip-prinsip klasik yang masih mendasari secara prinsip, pemasaran efektif saat ini dan masa mendatang akan sangat dipengaruhi inovasi bidang teknologi. Jadi kunci suksesnya adalah terus fleksibel berkembang sesuai perubahan zaman, sambil tetap memegang teguh prinsip-prinsip dasar marketing sebagai akar pemikirannya.  

Instagram kini memang sedang jadi media sosial masyarakat dunia. Jumlah penggunanya yang terus meningkat membuktikan hal itu. Hingga November 2019, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram di Indonesia dilaporkan telah mencapai 61.610.000. Jumlah ini sama dengan 22,6 persen, atau nyaris seperempat total penduduk Indonesia.

Jumlah tersebut naik tipis dari bulan sebelumnya, yang menyebut total pengguna Instagram di Indonesia mencapai 59.840.000. Pengguna Instagram dengan gender perempuan paling dominan di Indonesia. Tercatat jumlahnya mencapai 50,8 persen, unggul tipis dari pengguna bergender pria yang mencapai 49,2 persen.

Data ini saja sudah menjadi gambaran betapa instagram adalah area yang sangat luas untuk melakukan promosi. Cara yang efektif adalah dengan memanfaatkan data yang ada. Terlebih lagi, Instagram juga sudah mengakomodir hal ini dengan memberikan data yang dibutuhkan.

Itulah beberapa tips pemasaran efektif yang bisa kamu tiru dan gunakan dalam pemasaran bisnismu. Dan perlu diingat, untuk mencapai suatu tujuan pemasaran, kamu harus membuat pesan dan komunikasi sesuai bisnis, temukan insight mengenai target konsumenmu untuk memberikan hasil yang efektif.

Artikel Terkait