Bisnis & Kerja Sampingan, Rumah Tangga Masa Kini

Untung Rugi Belanja Online vs Belanja di Supermarket

Untung Rugi Belanja Online VS Belanja di Supermarket

Masih terbayangkah seberapa BT-nya ngantre parkir di parking area supermarket favorit setiap awal bulan atau setiap weekend? Naik ojol atau taxi online, bukan alternatif yang menyenangkan karena kerepotan menunggu dan mencari driver di pick up area sambil membawa-bawa tumpukan belanjaan. 

Fenomena rutin perusak hari libur itu tidak ditemukan dalam aktivitas belanja online untuk kebutuhan dan peralatan rumah tangga. Dengan santai ngopi bahkan sambil pijat refleksi pun, belanja online untuk kebutuhan bulanan pun bisa lancar dilakukan, dengan syarat, sinyal internet stabil.

Platform Keren untuk Belanja Online Bulanan

Ada banyak platform keren yang nyaman untuk dijadikan tempat belanja online untuk membeli kebutuhan berbagai produk rumah tangga.

  • Platform berbentuk online marketplace seperti Blanja, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada Indonesia.
  • Situs belanja online atau E-commerce: seroyamart.com, alfacart.com, carrefour.co.id, indofoodstore.com, happyfesh.id, shop.hypermart.co.id, honestbee.com. 
  • Mobile App untuk belanja groceries dari smartphone: Layanan Go-Mart dari Gojek, happyfresh, honestbee, Sayurbox, Tanihub, Tukangsayur.co. Tinggal download saja masing-masing aplikasinya di App Store & Google Play.

Kenapa Supermarket Tetap Menjadi Favorit

Ratusan kategori produk, ruang yang luas berudara sejuk dengan tata cahaya ala hotel berbintang 5 memang masih menjadi daya tarik utama bagi para shopper untuk meluangkan waktu belanja bulanan/mingguan di supermarket. Apalagi jika ada tambahan arena ice skating, amusement park, resto dan retail fashion. Rutinitas belanja bulanan dan belanja mingguan pun jadi acara rekreasi! 

Nilai Belanja di Supermarket yang Tidak Ada di Marketplace

Dari segi nilai keuntungan pembelanjaan, puluhan pilihan untuk tiap kategori produk dengan first hand experience – aroma bisa dicium, rasa bisa dicicip, tekstur bisa diraba –  dan banjir promo yang tak kenal henti, juga masih menjadi nilai lebih berbelanja di supermarket. Kemampuan membandingkan berbagai harga – yang umumnya cuma saling beda recehan – dan kelengkapan variasi ukuran (SKU) dari tiap produk, masih menjadi alasan konsumen – terutama ibu sebagai menteri keuangan rumah tangga – untuk memilih belanja offline di supermarket. Alasan dari pilihan itu: “Bisa milih ukuran, nggak harus beli produk yang berukuran besar,” dan “Beda receh-receh dikumpulin jadi juta-juta, lho!” 

Kombinasikan untuk Manfaat Maksimal.

Mungkin kombinasi dari kedua metode belanja ini bisa menjadi solusi yang paling menguntungkan bagi pengaturan belanja rumah tangga. Biarkan belanja bulanan offline di supermarket tetap jadi ritual seru keluarga dan pribadi untuk mendapatkan kelengkapan dan value harga terbaik kebutuhan bulanan, sekaligus ajang rekreasi seru untuk refreshing mata dan pikiran. Selanjutnya, sederhanakan saja rutinitas belanja mingguan yang lebih sedikit jumlah itemnya dan cenderung bersifat bahan makanan segar menjadi super mudah dengan praktisnya belanja online ayng hanya perlu klik platform atau mobile app groceries online di smartphone.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait