Pentingnya Memahami Jenis dan Cara Hitung Bunga KPR

Bunga KPR

Ada banyak cara untuk memiliki rumah pribadi yang diidam-idamkan. Salah satu cara yang paling mudah saat ini ialah membeli rumah dengan cara KPR. Namun, dengan KPR ini, kamu akan bertemu dengan yang namanya bunga KPR.

Perhitungan bunga KPR ini bisa dikatakan menjadi pertanyaan yang paling sering diajukan oleh peminjam saat ingin membeli rumah. Sebab, dengan memahami dan memperhatikan perhitungan bunga KPR ini akan menentukan besarnya cicilan yang dibayarkan.

Jenis Bunga KPR

Bank selaku penyedia KPR akan menetapkan bunga KPR dalam dua jenis. Kedua jenis tersebut ialah bunga tetap (fixed) dan bunga mengambang (floating). Berikut penjelasan singkat terkait kedua hal di atas.

1. Bunga tetap

Bunga tetap artinya bunga tidak akan berubah selama jangka waktu kredit atau dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Dengan bunga tetap, debitur akan membayarkan bunga dengan besaran yang sama selama jangka waktu yang sudah disepakati.

Sebagai contoh, jika pada awal perjanjian kredit telah disepakati bunga sebesar 10 persen, maka selama jangka waktu yang sudah ditentukan suku bunga yang berlaku tetap 10 persen. Dengan kata lain, jika menggunakan bunga tetap, apapun perubahan dalam bunga pasar tidak akan mempengaruhi besaran bunga pinjaman.

2. Bunga mengambang

Maksud dari bunga mengambang ialah bunga kredit yang bisa berubah sewaktu-waktu selama jangka waktu kredit yang sudah ditentukan. Dengan bunga mengambang, besaran bunga yang harus dibayar akan berubah-ubah sesuai dengan tingkat bunga yang sudah ditentukan oleh bank.

Umumnya, bank menetapkan besaran suku bunga mengambang setiap bulan dan akan memberitahukan ke debitur secara tertulis saat terjadi perubahan suku bunga. Bunga mengambang ini ditetapkan dengan mengikuti kondisi bunga pasar. Jika bunga pasar berubah, maka bunga KPR mengambang juga akan ikut berubah.

Perhitungan Bunga

Secara umum, ada dua metode dalam menghitung bunga KPR, yakni efektif dan flat. Dalam metode efektif, bank akan menghitung bunga berdasarkan saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya. Untuk jumlah bunga didapatkan dari perkalian tingkat suku bunga dengan sisa pokok pinjaman yang ada. Dengan metode ini, peminjam akan membayar jumlah bunga yang terus menurun setiap tahunnya karena setiap saldo pokok pinjaman akan berkurang seiring dengan pembayaran cicilan.

Namun biasanya metode efektif ini sudah dimodifikasi dengan metode annuitas yang mengatur supaya jumlah angsuran pokok dan bunga yang dibayar sama setiap bulan. Dalam pembayaran angsuran ini terdapat komponen pokok dan bunga, di mana dengan metode annuitas ini jumlah pembayaran pokok dan bunga akan disesuaikan sedemikian rupa sehingga jumlah totalnya tetap sama setiap bulan.

Sementara, dalam metode flat, bank menghitung bunga berdasarkan pokok pinjaman awal. Dengan metode ini, peminjam akan membayar jumlah bunga yang tetap sama setiap bulan karena pokok pinjmana yang jadi faktor pengali bunga tidak berubah. Dengan kata lain, jumlah total pembayaran dari pokok dan bunga setiap bulan sama besarnya.

Yang penting dipahami, metode perhitungan bunga ini akan sangat mempengaruhi besar kecilnya angsuran bunga yang harus dibayar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait