Tips Desain Rumah Dua Lantai Agar Memuaskan

Tips Desain Rumah Dua Lantai

Memiliki rumah yang luas adalah impian banyak orang. Tetapi banyak di antara Anda yang mungkin mempunyai keterbatasan lahan dan anggaran untuk mewujudkan rumah yang luas. Jangan khawatir, solusinya adalah desain rumah Anda menjadi dua lantai.

Kehadiran rumah dua lantai kini semakin banyak dibangun oleh pengembang properti, Anda tinggal memilih yang sesuai dengan selera dan anggaran Anda. Tetapi jika telah memiliki lahan dan ingin membangun rumah dari awal, Anda bisa melihat beberapa referensi desain rumah dua lantai yang bisa mengakomodir keinginan Anda untuk memiliki banyak ruangan dalam rumah Anda.

Berikut tips bagi Anda agar rumah dua lantai tidak mengecewakan hasilnya.

Membuat Perencanaan

Pikirkan tentang ruangan yang diinginkan di rumah Anda. Tanyakan pada diri Anda apakah ingin mendesain rumah dengan konsep “ruang besar” dimana sedikit menggunakan sekat pemisah antar ruangan, atau justru sebaliknya banyak menggunakan ruangan.

Pertimbangkan apakah Anda ingin kamar tempat tidur di lantai atas atau kamar utama di lantai bawah yang terpisah dari kamar tidur lainnya? Putuskan apakah Anda ingin ruang cuci di dalam atau di luar ruangan, ruang kerja atau ruang teater media? Kemudian soal penambahan kamar mandi di lantai bawah untuk akses lebih mudah.

Rencanakan dengan baik semua ruangan yang akan Anda buat di dalam rumah berdasarkan gaya hidup dan kebutuhan Anda, agar nantinya setiap ruangan berfungsi dengan optimal.

Arus Lalu-lalang

Perhatikan akses jalan dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Putuskan apakah dapur dan ruang makan akan terbuka dan setiap orang bisa melewatinya atau hanya anggota keluarga utama yang dapat memasukinya. Termasuk lorong-lorong besar untuk menghubungkan kamar tidur.

Perhatikan arus lalu-lalang kamar Anda. Lihat tata letaknya, jangan sampai ruangan pribadi bisa dilewati oleh banyak orang, sehingga dapat mengganggu privasi Anda.

Merancang Denah

Buat desain denah yang berdasarkan tata letak yang telah Anda rencanakan. Pilih persegi, persegi panjang atau kombinasi persegi panjang dan persegi untuk tata letaknya. Anda juga dapat mendesain denah lantai dalam bentuk T.

Pertimbangkan untuk membuat lorong dan pintu dengan lebar, setidaknya 36 inch untuk mengakomodasi kursi roda jika diperlukan, terutama jika Anda memiliki orang tua yang menggunakan kursi roda.

Melakukan Berbagai Pertimbangan

Jauhkan tangga dari kamar pribadi, akan lebih baik diletakkan di lokasi yang merupakan bagian dari area umum rumah Anda. Pikirkan cara-cara membuat rumah lebih hemat energi dalam desainnya. Menggabungkan penempatan jendela untuk memaksimalkan sinar matahari.

Desain dinding menggunakan stud 6 inci untuk memberikan ruang yang lebih besar. Atau mungkin ada beberapa pertimbangan lainnya yang ingin Anda terapkan pada desain rumah dua lantai.

Mencari Referensi Desain Rumah

Jika Anda sulit untuk membuat konsep Anda sendiri dalam sebuah desain, ada banyak referensi gambar desain rumah dua lantai yang sangat mudah ditemukan di internet. Cari yang mirip dengan konsep desain yang Anda inginkan. Jika belum cocok seperti yang diinginkan, Anda bisa melakukan modifikasi sehingga hasilnya sesuai dengan konsep desain yang direncanakan.

Menyewa Jasa Desain Rumah

Jika Anda tidak ingin repot memikirkan konsep, perencanaan, dan membuat desain rumah dua lantai sendiri, maka menggunakan jasa desain rumah bisa menjadi solusi. Dengan menyewa jasa desain rumah, Anda akan mendapatkan hasil yang estetik, pengaturan tata ruang yang baik, menghemat waktu, dsb. Namun tentu saja ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk menyewa jasa arsiteknya.

Rumah merupakan tempat Anda dan keluarga berkumpul, bercengkrama  berteduh dan berlindung dari segala cuaca maupun ancaman dari luar. Tentunya Anda harus mempertimbangkan faktor keamanan, kenyamanan, dan keselarasan dalam desain rumah dua lantai Anda.

Jangan sampai sudah jadi rumahnya Anda baru menyesalinya. Terapkan tips yang telah dijabarkan di atas, agar hasilnya dapat memuaskan, dan membuat Anda dan keluarga betah di rumah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait