Tips Foto Rumah Sederhana Agar Cepat Dilirik Pembeli

Foto Ruang Keluarga Rumah Sederhana
Foto Rumah Sederhan

Anda ingin menjual properti dalam waktu dekat ini? Atau Anda kesulitan mempromosikan properti Anda? Mungkin selain masalah harga yang tinggi, Anda lupa untuk menunjukkan foto-foto detail rumah yang menarik minat pembeli.

Mengambil foto detail rumah untuk kebutuhan jual beli tidaklah sulit. Anda tidak perlu menyewa seorang fotografer untuk membuat foto rumah sederhana tampak menarik. Dengan kamera seadanya, Anda dapat membuat pencitraan yang maksimal.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat foto rumah sederhana, tampak menarik dan dilirik pembeli. Simak tips berikut ini.

Mengatur Pola Pencahayaan

Mengatur pola pencahayaan sangatlah penting dalam mengambil foto rumah sederhana. Pencahayaan ini berguna untuk menunjukkan beberapa sudut ruangan agar ruangan tidak terlihat kumuh dan kotor.

Atur pencahayaan agar tidak terlalu terang yang mengakibatkan over white. Jangan mengambil gambar objek dengan membelakangi cahaya, ini akan mengakibatkan backlight sehingga foto akan terlihat siluet.

Fokus pada Objek

Fokus kepada objek sangat penting dalam pengambilan foto rumah sederhana. Terkadang sedikit gerakan saja akan menjadikan gambar buram atau blur. Hal ini jelas akan mengurangi minat pembeli untuk melirik rumah yang Anda jual.

Auto focus memang umumnya terdapat pada kamera DSLR. Namun jangan sedih, beberapa kamera handphone juga sudah dilengkapi dengan image stablilizer untuk mengurangi gambar buram.

Perhatikan Angle Foto Rumah Sederhana

Tips mengambil foto rumah sederhana adalah dengan memperhatikan pengambilan angle (sudut pandang). Dengan memikirkan sudut pandang sebuah foto, selain menunjukkan informasi produk secara visual, ini sekaligus menunjukkan sisi artistik dari sebuah produk yang akan Anda jual.

Beberapa angle yang umumnya diambil untuk foto rumah adalah eye level atau setinggi arah mata lurus memandang. Bird’s eye view yang artinya angle yang diambil dari ketinggian untuk melihat semua sudut.

Kemudian ada high angle yakni dengan posisi lebih tinggi dari arah pandangan mata. Selanjutnya menggunakan low angle atau teknik pengambilan gambar dari angle lebih rendah dari mata.

Ukuran Kepadatan Pixel

Hal yang menjadi tak kalah penting adalah dengan memperhatikan kepadatan pixel dari sebuah foto. Foto yang baik sudah pastilah foto yang disesuaikan dengan media yang akan menampilkan foto.

Khusus untuk foto rumah sederhana yang akan ditampilkan di website atau media online, kepadatan pixel yang bisa Anda atur adalah 72 pixel per inchi. Ukuran ini cukup kecil, guna memudahkan pengguna website untuk melihat gambar dalam sekejap tanpa perlu waktu untuk reload gambar.

Gunakan Software Fotografi

Setelah Anda melakukan sederet tips di atas, Anda dapat mulai melakukan editing dengan software fotografi.

Standar paling umum adalah Photoshop. Dengan aplikasi Photoshop, Anda dapat melakukan pengeditan beberapa foto yang dinilai masih kurang maksimal.

Namun perlu diingat, editing hanya dilakukan terkait dengan kontras cahaya dan tata letak bagi beberapa foto yang miring atau tidak proporsional. Hindari untuk melakukan retouch pada foto, agar gambar terlihat lebih real dan pastinya tidak mengecewakan pembeli Anda.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait