Arsitek Adalah Seniman Bangunan, Anda Tertarik Profesi Ini?

Arsitek Adalah

Saat ini banyak sekali bangunan megah dan tinggi kita temui di kota-kota besar di dalam atau luar negeri. Kadang beberapa bangunan tersebut terlihat unik dan membuat Anda kagum dengan desainnya. Di setiap bangunan megah dan unik tersebut terdapat peran dari arsitek yang hebat.

Arsitek adalah seseorang yang sangat penting peranannya dalam suatu bangunan. Bukan hanya menggambar desain sebuah bangunan, arsitek harus mampu memperhitungkan segala aspek dari suatu bangunan. Seperti faktor estetika, keamanan, dan kenyamanan suatu bangunan.

Meskipun tidak mudah, menjadi arsitek akan membuat Anda mempunyai gaji yang besar, ditambah jika desain bangunannya unik akan mengundang banyak pujian. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil salah seorang arsitek dalam negeri yang terkenal dengan keunikan desain bangunannya. Salah satu contohnya adalah Museum Tsunami Aceh.

Secara singkat arsitek adalah orang yang mendesain bangunan. Namun berikut ini pengertian dari arsitek secara lengkap, dan hal yang berkaitan dengan pekerjaaan arsitek.

Pengertian Arsitek

Arsitek adalah seseorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli dalam merancang suatu bangunan atau ahli lingkungan binaan. Arsitek berasal dari kata Latin architectus dan dari bahasa Yunani: “architekton” (master pembangun), arkhi (ketua) dan tekton (pembangun, tukang kayu).

Menurut National Council of Architectural Registration Boards (NCARB), organisasi nirlaba yang terdiri dari dewan lisensi arsitektur 55 negara bagian dan teritori, arsitek adalah:

“Para profesional berlisensi, yang dilatih dalam seni dan ilmu desain dan konstruksi bangunan dan struktur, terutama menyediakan tempat berteduh. Seorang arsitek akan menciptakan estetika keseluruhan dan tampilan bangunan dan struktur. Tetapi desain bangunan melibatkan jauh lebih banyak daripada penampilannya. Bangunan juga harus fungsional, aman, dan ekonomis serta harus sesuai dengan kebutuhan spesifik orang-orang yang menggunakannya. Yang terpenting, bangunan itu harus dibangun dengan mempertimbangkan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan masyarakat.”

Pengertian arsitek lainnya adalah orang yang memiliki keahlian dan berkecimpung di dalam ilmu dan seni perencanaan dan perancangan lingkungan binaan (artefak). Seperti perencanaan dan perancangan kota, kawasan, lingkungan, lanskap, bangunan, interior, perabot dan produk.

Persyaratan Menjadi Arsitek

Untuk menyematkan titel sebagai seorang arsitek, perlu melakukan hal-hal berikut ini:

  • Telah menempuh jalur pendidikan formal di bidang arsitektur.
  • Setelah lulus Anda harus mempunyai pengalaman bekerja dengan seorang Arsitek Madya atau di perusahaan yang bergerak di bidang desain arsitektur.
  • Mengikuti beberapa program pelatihan yang diadakan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)
  • Berhasil lulus dalam ujian Sertifikasi Keahlian Arsitek (SKA) yang diselenggarakan IAI

Tugas Seorang Arsitek

Tidak hanya mendesain gambar suatu bangunan, arsitek adalah orang yang mampu melaksanakan tugas berikut ini

  • Mengatur tata letak bangunan yang memiliki keterkaitan fungsi dalam sebuah lokasi bangunan dan mendesainnya.
  • Mengolah tata ruang sebuah bangunan.
  • Memikirkan dan menentukan konsep desain interior sebuah bangunan.
  • Memikirkan dan menentukan konsep desain eksterior (tampak luar) sebuah bangunan.
  • Dapat menentukan jenis dan letak sistem struktur pada bangunan.
  • Menentukan jenis dan letak instalasi listrik, pipa air, dan jalur sirkulasi udara pada bangunan.
  • Menentukan jenis dan letak alat-alat transportasi dalam bangunan.
  • Menghitung biaya konstruksi sebuah bangunan.
  • Menentukan jenis dan material bangunan yang dibutuhkan.

Karya Arsitek Dunia

Ada beberapa karya arsitektur dari para arsitek dunia yang membuat kita berdecak kagum dengan bentuk bangunannya, berikut di antaranya :

1.  Burj Khalifa (Dubai, Uni Emirat Arab)

Arsitek: Skidmore, Owings & Merrill

Burj Khalifa sebelumnya diberi nama Burj Dubai. Namun namanya berganti menjadi Burj Khalifa yang artinya  ‘Menara Khalifa’. Bangunan ini adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggiannya mencapai 828 meter (2.717 kaki).

2.  Gardens by The Bay (Singapura)

Arsitek: Wilkinson Eyre Architects, Grant Associates

Gardens by The Bay merupakan taman alam. Membentang seluas 101 hektar dari tanah reklamasi di bagian tengah Singapura, bersebelahan dengan Marina Reservoir. Taman ini terdiri dari tiga taman tepi laut. Yakni Bay South Garden, Bay East Garden, dan Bay Central Garden.

3.  Menara Eiffel (Paris, Prancis)

Arsitek: Gustave Eiffel.

Menara ini merupakan menara besi yang dibangun di Champ de Mars, tepi Sungai Seine, Paris. Ini merupakan salah satu bangunan ikon kota Paris, dan salah satu struktur terkenal di dunia.

4.  Menara Kembar Petronas (Kuala Lumpur, Malaysia)

Arsitek: ‎César Pelli

Menara kembar yang terletak di Kuala Lumpur ini pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004. Tetapi pada akhirnya dapat dilampaui oleh Burj Khalifa dan Taipei 101. Meskipun begitu kedua menara ini masih merupakan pencakar langit kembar tertinggi di dunia pada abad ke-20.

5.  Taj Mahal (Agra, India)

Arsitek: Ustaz Ahmad Lahauri, Ustaz Isa

Sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Taj Mahal dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah mausoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Taj Mahal merupakan karya dari arsitektur Mughal.

Itulah beberapa info penting tentang arsitek. Semoga akan menambah wawasan Anda yang tertarik dengan bidang arsitek, atau bercita-cita menjadi seorang arsitek. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait