Ibu Kota Pindah, Saham Wika Beton Miliki Prospek Cerah?

Ibu Kota Pindah, Saham Wika Beton Miliki Prospek Cerah?
Ibu Kota Pindah, Saham Wika Beton Miliki Prospek Cerah?

Sadarkah kamu? Bahwa banyak properti, proyek jalan dll yang mungkin saja pernah kamu gunakan atau lewati tanpa kamu sadari merupakan proyek-proyek yang digarap oleh PT Wika Karya Beton Tbk (WTON).

Proyek-proyek besar di Indonesia banyak ditangani oleh perusahaan ini. Misalnya saja proyek MRT, di mana PT Wika Karya Beton Tbk (WTON) masuk ke dalam proyek MRT sebagai pemasok produk-produk beton untuk membangun infrastruktur MRT.

Sehingga tak usah heran jika memang perusahaan ini begitu besar dan sering sekali pasti kamu melihat logo perusahaannya di berbagai proyek pembangunan. Proyek yang digarap oleh PT Wika Karya Beton Tbk (WTON) tidak hanya meliputi Indonesia melainkan sudah mancanegara khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Apalagi Indonesia memang merupakan negara yang berkembang di dunia sehingga pembangunan di sejumlah daerah di tanah air pasti kian bertumbuh saja.

Memahami Saham WTON

PT Wika Karya Beton Tbk (WTON) merupakan perusahaan publik yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 8 April 2014. Kepemilikan saham Wika Beton saat ini dikuasai oleh diantaranya PT. Wijaya Karya Tbk sebesar 60%, publik 28,47%, Koperasi Karya Mitra Satya 6,18% dan masih banyak lagi.

Banyak Proyek Baru, Harga Saham WIKA Beton Bisa Meningkat

Dikutip dari Mandiri Sekuritas, banyaknya proyek yang akan digarap, hal ini dirasa juga akan semakin meningkatkan harga saham WIKA Beton sebut saja beberapa kontrak proyek pembangunan baru yang senilai ratusan miliar seperti bendungan – Pacitan (Rp 110 miliar), Masjid Istiqlal (Rp578 miliar), flyover Bandara Ahmad Yani (Rp 195 miliar), dan lain sebagainya. Proyek-proyek tersebut merupakan beberapa proyek yang dimenangkan oleh Kementerian PUPR 2019.

Saham WTON akan Melepas Saham Simpanan?

Selain itu, PT. Wika Karya Beton Tbk (WTON) juga akan melepas saham Treasury perseroan (saham simpanan) sebesar 4,33% atau 377,15 juta lembar saham pada Oktober 2019 sebagai salah satu sumber pendanaan belanja modal tahun ini.

Menurut laporan keuangan WTON 2018, laba bersih pada tahun 2018 naik sebesar 44,26% dibandingkan tahun 2017 yang hanya mencatatkan laba bersih Rp337,12 miliar menjadi Rp486,35 miliar.

Proyeksi saham WTON dinilai baik hingga akhir tahun 2019, hal ini diungkapkan oleh analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Joshua Michael, merekomendasikan untuk membeli saham WTON pada level Rp 1.000 per saham. Pada target tesebut saham WTON akan mencapai harga per laba 15,7 kali pada akhir 2020.

Target Manajemen Saham WTON

Dari segi manajemen WTON sendiri hingga akhir tahun 2019 ini, mereka menargetkan nilai kontrak hingga Rp9,1 triliun dan baru merealisasikan target nilai kontrak pada semester I 2019 sebesar Rp2,9 triliun. Sedangkan Wika Beton masih memiliki kontrak carry over sebesar Rp5,7 triliun maka kontrak yang akan dihadapi sebesar Rp14,8 triliun.

Rasa optimis menyelimuti PT Wika Karya Beton Tbk (WTON), pasalnya masih ada proyek-proyek besar yang ingin disasar dan beberapa proyek yang didapatkan dari induk perusahaan.

Jadi, mulai tertarik dengan Saham WTON? Yuk jadi salah satu investornya dengan memulai investasi saham dan reksa dana di Ajaib sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait