3 Chinatown Di Indonesia yang Menarik untuk Dikunjungi

chinatown di Indonesia
chinatown di Indonesia

Malaysia disebut sebagai kawasan yang memiliki Chinatown yang indah, tapi tahukah bahwa Chinatown di Indonesia juga tidak kalah dari negara tetangga tersebut?

Indonesia merupakan negara paling besar di kawasan Asia Tenggara. Maka tak perlu heran di negara ini terdapat pemukiman dan perdagangan warga etnis Tionghoa di setiap kota. Kawasan-kawasan ini seringkali disebut sebagai pecinan.

Karena area tersebut ditinggali oleh warga etnis Tionghoa, maka sangat kental dengan budaya khas Tiongkok. Kamu bisa mendapatkan baju Cheongsam, atau pernak-pernik, serta makanan khas Tionghoa di sini.

Di bawah ini terdapat tiga Chinatown di Indonesia yang populer dan menarik untuk kamu kunjungi. Selain lebih dekat, juga jauh lebih murah daripada ke Malaysia. Silahkan simak ulasannya.

Chinatown Bandung

Tempat ini diresmikan pada 20 Agustus 2017 oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Lokasinya berada di Jl. Kelenteng Nomer 41, Ciroyom, Andir, Bandung. Chinatown di kota ini dibuka sebagai tempat wisata.

Beroperasi dari jam 11.00 hingga 22.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup murah, yaitu Rp20.000. Di tempat wisata ini terdapat sebuah museum yang di dalamnya berisi pernak-pernik oriental. Kamu dapat juga membelanjakan uangmu dengan membeli barang-barang unik di toko yang tak jauh dari lokasi museum.

Toko di tempat ini cukup artistik karena interiornya dipenuhi dengan berbagai lampion. Buat kamu yang hobi posting foto di instagram, jangan khawatir. Karena tempat bernuansa pecinan tempo doeloe ini memiliki banyak spot foto.

Kamu bisa memilih sudut manapun untuk berfoto bersama teman atau keluarga karena spot-spot foto di tempat ini cukup menarik. Terdapat juga tempat persewaan pakaian atau kostum ala kerajaan-kerajaan era dinasti Tiongkok kuno.

Sehingga kamu bisa berimajinasi sebagai princess dari dinasti Tiongkok kuno ketika sedang bergaya saat difoto. Di area kuliner, terdapat berbagai macam makanan khas Bandung yang bisa kamu nikmati setelah berfoto.

Chinatown Tua Semarang

Destinasi wisata yang satu ini memiliki keunikan yang berbeda daripada Chinatown di kota lain. Hal itu karena terdapat nuansa berbagai macam budaya yang ada di tempat ini. Selain Cina, terdapat nuansa Arab dan Eropa.

Ada salah satu tempat yang sangat populer di tempat tersebut, yaitu Pasar Semawis. Di Pasar Semawis sering diadakan pagelaran seni yang cukup terkenal, yakni Wayang Potehi. Wayang Potehi adalah jenis wayang khas Tionghoa yang dibawa dari Tiongkok selatan.

Kesenian tersebut dahulu dibawa oleh perantau Tionghoa ke berbagai daerah di Nusantara. Saat ini Wayang Potehi sudah menjadi salah satu kesenian tradisional di Indonesia. Selain menyaksikan Wayang Potehi, kamu juga dapat menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia di Pasar Semawis.

Salah satu kuliner yang paling populer di Pasar Semawis adalah lumpia. Bau lumpia tersebut ketika masih hangat sangat menggugah selera. Rasanya juga nagih dan bakal membuatmu merindukan tempat tersebut.

Jika mencari lumpia khas Semarang, maka salah satu tempat yang direkomendasikan adalah di Pasar Semawir. Tidak berlebihan apabila Semarang disebut sebagai kota lumpia.

Chinatown Singkawang, Kalimantan Barat

Singkawang adalah salah satu kota yang cukup populer di kawasan Kalimantan Barat dan menjadi rumah bagi warga etnis Tionghoa. Karena hal itulah yang membuat Singkawang sering disebut sebagai Little Hongkong.

Kota Singkawang banyak dipenuhi arsitektur dan dekorasi-dekorasi khas Tiongkok. Arsitektur-arsitektur tersebut sangat indah dan mengesankan. Tak heran jika kota ini menjadi Chinatown paling besar di Indonesia.

Chinatown di Indonesia ini bisa jadi daya tarik pariwisata juga lho. Selain bisa wisata, kamu yang cukup jeli memanfaatkan peluang bisnis juga bisa membuka usaha sampingan seperti bisnis kuliner kekinian, atau bahkan jasa fotografi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait