3 Fitur Bikin Bangunan Ini Jadi Rumah Terbesar di Dunia

Rumah Terbesar di Dunia

Umumnya rumah pribadi dilengkapi dua sampai lima kamar dengan luas mulai puluhan hingga beberapa ratus meter persegi saja. Tapi pernahkah kamu berpikir berapa luas rumah terbesar di dunia yang mungkin ada? Jawabannya adalah jutaan meter persegi, luar biasa luas untuk sebuah rumah pribadi.

Rumah terbesar di dunia sampai saat ini dimiliki oleh Sultan Brunei Darussalam, yakni Sultan Hassanah Bolkiah. Saat ini, ia dan keluarganya tinggal di istana yang bernama Nurul Iman. Istana tersebut dianggap paling luas di dunia mengalahkan rumah pribadi milik raja atau ratu di belahan dunia lainnya. Luas dan besarnya bahkan sudah diakui oleh Guinness Book World of Record beberapa tahun silam.

Ada sejumlah alasan yang menjadikan rumah ini terbesar di dunia, khususnya kapasitas ruangannya. Namun dari banyak hal, tiga fitur inilah yang paling menonjol dari negara yang berbagi Pulau Kalimantan dengan Indonesia ini, antara lain:

1. Luas 2 juta meter persegi

Istana Nurul Iman memiliki luas 2.152.782 alias 2,1 juta meter persegi atau sama dengan 210 hektar secara keseluruhan. Beribu kali lipat dibandingkan rumah ukuran paling besar di kluster perumahan. Bahkan berbagai rumah terbesar lainnya di Benua Eropa dan Amerika hanya memiliki luas puluhan hektar saja.

Tersedia ribuan ruangan dengan peruntukannya masing-masing di istana yang dibangun dengan dana hingga Rp19 triliun tersebut.

2. Ribuan kamar pribadi dan ratusan kamar mandi

Istana yang namanya berarti Cahaya Iman ini punya 1.788 kamar tidur yang siap menampung tamu-tamu para penghuninya. Disediakan pula fasilitas kamar mandi hingga 257 ruang.

Hal ini tentunya tak lepas dari fungsinya sebagai kediaman pemimpin negara yang sering mendapat kunjungan dari berbagai negara lain. Tentunya tidak bakal ada antrean kamar mandi ya dengan jumlahnya yang sangat fantastis ini.

3. Aula super luas

Aula di rumah sultan ini kapasitasnya bisa menyaingi hotel-hotel mewah di dunia. Ruangan yang sering dijadikan tempat pertemuan ini bisa menampung hingga 5.000 orang di dalamnya. Umumnya dijadikan ruang untuk menyelenggarakan kegiatan kenegaraan, atau menjamu tamu dari negara lain.

Rakyat biasa juga diperbolehkan masuk ke aula ini meskipun hanya di waktu-waktu tertentu. Salah satunya jelang perayaan Idul Fitri ketika sultan biasanya bagi-bagi sembako.

Rumah dengan luas ratusan hektar ini rasanya mustahil dimiliki oleh kita yang sampai saat ini masih berkutat dengan gaji yang pas-pasan. Meski demikian, jangan patah semangat. Rumah yang luas masih mungkin kamu miliki dengan perencanaan keuangan yang tepat.

Tentunya kamu juga tidak butuh rumah seluas Sultan Brunei jika hanya sebagai tempat tinggal. Sudah sangat memuaskan jika memiliki rumah idaman ala-ala Nagita Slavina kan?

Keinginan ini bisa terwujud andai kamu jeli menambah aset lebih cepat. Yakni dengan cara berinvestasi. Salah satu investasi yang cocok antara lain dengan membeli emas atau reksa dana. Keduanya setipe karena bisa dilakukan dengan modal terbatas. Hanya saja reksa dana sedikit lebih unggul karena keuntungannya lebih progresif dan menjanjikan.

Kamu bisa mencoba investasi reksa dana bersama Ajaib agar tak salah arah. Kalau masih bingung dan butuh diyakinkan, bisa langsung download aplikasi ini di smartphone dan pahami fitur-fiturnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait