Tips dan Trik Model Rumah untuk Negara Tropis

Model Rumah

Indonesia merupakan salah satu negara tropis. Ciri dari negara tropis memiliki kelembaban tinggi, sinar matahari berlimpah, dan curah hujan tinggi. Alhasil, rumah di negara tropis memiliki model tersendiri untuk menyesuaikan perubahan cuaca atau musim di wilayah ini.

Selain penyesuaian model rumah, juga melakukan penyesuaian material bangunan. Penyesuaian ini bertujuan agar nyaman dihuni. Jangan sampai rumah tersebut terasa panas dan tak nyaman karena salah pilih model saat pembuatannya.

Ajaib akan memberikan tips yang bisa diaplikasikan untuk rumahmu agar tetap nyaman walau panas terik dan hujan sekalipun. Tips ini bisa kamu contoh jika suatu saat akan membangun ataupun merenovasi rumah.

1. Langit-Langit Tinggi

Langit-langit rumah alias plafon yang tinggi adalah suatu keharusan dan kebutuhan untuk rumah di negara tropis. Cara ini akan membuat volume ruangan lebih luas agar sirkulasi udara lebih bebas. Selain itu, panas matahari juga tidak terperangkap di ruangan dan membuat penghuninya terasa gerah. Idealnya, perlu plafon hingga tiga meter agar rumah terasa sejuk dan bebas gerah di siang hari.

2. Jendela Lebar

Negara tropis dianugerahi sinar matahari yang melimpah, sehingga harus dimanfaatkan dengan maksimal. Tambahkan ukuran lebar jendela agar udara lebih segar dan bebas dari lembab. Efek positifnya adalah pasokan oksigen ke dalam rumah jauh yang lebih banyak, sehingga penghuninya bisa lebih sehat. Rumah dengan jendela besar kaya sinar matahari juga lebih hemat listrik. Ini dikarenakan ruangan di dalam rumah tidak membutuhkan lampu penerangan tambahan saat siang hari.

3. Ventilasi atau Saluran Udara

Ventilasi adalah salah satu fitur model rumah yang tidak boleh dilupakan di negara tropis. Fungsinya sebagai jalur sirkulasi udara sehingga lebih segar dan bebas apek. Sayangnya keberadaan ventilasi juga menjadi jalur masuk debu. Sehingga debu yang mudah masuk melalui jalur ventilasi dan bertebaran di dalam ruangan seringkali mengotori perabot rumah.

Untuk mengakali mudahnya debu masuk melalui jalur ventilasi, yakni menambahkan sekat berjaring. Adanya sekat berjaring membuat debu tersangkut, namun sirkulasi udara tetap berjalan.

4. Material Sejuk

Pilihlah material yang bisa menambah kesejukan ruangan rumah. Pertimbangan suhu ruang adalah suatu hal yang penting untuk model rumah di negara tropis.

Sebagai contoh, rumah dengan atap genteng jelas lebih sejuk dibandingkan atap asbes atau seng biasa. Rumah dengan material kayu jelas lebih terasa kesejukannya dibandingkan beton atau material porselen. Bambu dan rotan juga bisa jadi alternatif material yang sejuk dan bebas gerah.

Pemilihan material yang ramah lapuk harus juga harus diperhatikan. Aplikasikan cairan pelindung agar material ini bebas dari kelembaban dan tahan lama.

Pemilihan model rumah memang sangat berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan. Saat ini orang beranggapan model rumah minimalis adalah yang paling hemat biaya dibandingkan model lainnya. Kamu bisa berkreasi dengan rumah minimalis dengan sentuhan tropis agar tetap nyaman dan unik.

Rumah sendiri merupakan salah satu jenis investasi yang aman dan stabil. Nilainya, ditopang dengan lokasi yang strategis, akan naik seiring dengan waktu. Hanya saja investasi rumah tentunya membutuhkan dana yang besar.

Untuk investasi dengan dana terbatas kamu bisa mencoba membeli reksa dana melalui Ajaib. Cukup dengan dana Rp10.000 kamu bisa menanamkan modal dan mendapatkan keuntungan maksimal akan ada tim ahli Ajaib yang memastikan investasmi berjalan baik dan menguntungkan.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait