American Gold Eagle, Koin Lambang Elang Emas Paling Dicari

American Gold Eagle

American Gold Eagle adalah salah satu keping emas yang paling dikenal dan diminati oleh investor di seluruh dunia. Hal ini salah satunya karena desain yang indah dan kemurnian emas yang digunakan. Koin ini memiliki gambar elang emas terbang melintasi sarangnya di salah satu sisinya dan Liberty di sisi lainnya.

Koin emas ini bukan hanya dijadikan instrumen investasi namun juga koleksi di kalangan penggemarnya. Nilainya sebagai instrumen investasi sangat tinggi karena kandungan logam mulia emas yang dimiliki. Emas dikenal memiliki harga yang relatif stabil dan trennya naik terus. Selain itu, minat pasar yang tinggi pada koin ini juga menambah nilainya.

Ajaib merangkum hal yang harus kamu ketahui mengenai emas batangan dari negeri Trump ini.

1. Apa Itu American Gold Eagle?

Koin emas ini merupakan emas batangan resmi yang diproduksi Amerika Serikat, sama seperti emas Antam di Indonesia. Pertama kali diproduksi dan dirilis ke publik pada tahun 1986.

Setiap keping koin emas ini mengandung emas setara 22 karat, sehingga kandungan emasnya mencapai 91,67%. Sisanya terdiri dari 3% kandungan perak dan 5,33% tembaga. Perpaduan ini dipercaya kombinasi sempurna nilai emas yang tinggi dan keping emas yang tahan lama.

2. Berapa Harga American Gold Eagle Koin?

Sama seperti emas lainnya, harganya sangat bergantung dengan fluktuasi harga pasar. Hanya saja koin emas ini dijual dengan harga kisaran USD1.200 sampai dengan USD1.300 untuk 1 troy ons koin.

Harga tersebut berlaku untuk pembelian secara online pada 2017 lalu. Untuk diketahui, troy ons adalah satuan emas yang digunakan pasar internasional. Satu troy ons sama dengan 31,1035 gram.

3. Ada Berapa Tipe American Gold Eagle yang Tersedia?

Koin emas ini disediakan dalam empat tipe sesuai dengan beratnya masing-masing. Namun tidak perbedaan kandungan emas di empat tipe emas tersebut, yakni sama-sama mengandung 91,67% emas. Semua tipe memiliki kandungan berbeda-beda, namun campuran yang sama yaitu perak dan tembaga.

Tambahan logam ini dimaksudkan agar koin tersebut lebih tahan lama dan kuat. Setiap tipe memiliki kandungan emas yang sesuai dengan nama tipenya masing-masing. Tersedia ukuran 1 troy ons, 1/2 troy ons, ¼ troy ons, dan terakhir ukuran terkecilnya yakni 1/10 troy ons.

4. Berapa Nilai American Gold Eagle?

Nilai koin emas ini bergantung pada kondisi pasar termasuk kesediaan dan minat pasar. Namun, diperkirakan 1 koin dengan berat 1 troy ons saat ini bernilai rata-rata sekitar USD2.500 sampai USD3.000. Sedangkan koin dengan berat ½ troy ons bernilai di bawah USD1.000 sedangkan koin ukuran terkecilnya, 1/10 troy ons memiliki harga berkisar USD450.

5. Di Mana Bisa Beli Koin Emas Ini?

Kamu mungkin sekarang sudah paham nilai koin emas ini sebagai alat investasi. Jika ingin memilikinya, kamu bisa membeli secara online maupun penjual emas batangan lainnya yang tepercaya. Cara membelinya juga sama saja seperti emas asing lainnya seperti emas London. Pastikan tempat kamu membeli benar-benar terpercaya agar tidak tertipu dan malah merugi.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait