Saham Indosat & Telekomunikasi yang Harus Dipertimbangkan

Saham Indosat & Telekomunikasi yang Harus Dipertimbangkan
Saham Indosat & Telekomunikasi yang Harus Dipertimbangkan

Saham perusahaan telekomunikasi merupakan salah satu emiten yang patut untuk dipertimbangkan, terutama oleh investor pemula. Pasalnya, selama semua hal membutuhkan digitalisasi, maka perusahaan telekomunikasi jadi perusahaan yang akan selalu berkembang.

Di Indonesia, ada beberapa perusahaan telekomunikasi, salah satunya PT Indosat Tbk. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai saham-saham perusahaan telekomunikasi termasuk saham Indosat.

Saham ISAT

Saat ini, saham Indosat membukukan kinerja keuangan yang kurang memuaskan pada paruh pertama 2019. Pasalnya, pada periode tersebut Indosat mengalami kerugian sebesar Rp331,9 miliar. Meski begitu, angka kerugian bisa dipastikan mengalami penurunan yang signifikan hingga 52,2 persen dari tahun lalu. Sementara, pendapatan Indosat tercatat mengalami kenaikan sebesar 11,1 persen menjadi Rp12,29 triliun di tahun ini. Dari data itu, bisa dikatakan Indosat masih bisa dipertimbangkan untuk dibeli.

Adapun harga per lembar saham ISAT ini hingga Rabu (25/9/2019) mencapai Rp2.890. Diprediksi, beberapa hari ke depan akan mengalami kenaikan lagi setelah sempat mengalami penuruan sejak sesi penutupan Rabu (18/9/2019) lalu.

Saham TLKM

Saham dari perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ini menjadi salah satu saham pemerintah Indonesia yang perlu dimiliki oleh investor pemula. Pasalnya, risiko kerugian yang akan didapatkan oleh investor bisa dikatakan cukup rendah. Maka dari itu, kamu sebagai investor wajib memiliki saham dengan kode TLKM ini.

Walaupun sempat mengalami penurunan performa, berkat IHSG mulai menguat lagi maka saham TLKM pun kembali menguat. Hal itu terlihat dari harga per lembar yang ada. Pada sesi penutupan Selasa (24/9/2019), harga saham TLKM sempat tertahan di Rp4.210. Namun, pada penutupan Rabu (25/9/2019), harga saham TLKM kembali menanjak hingga Rp4.220. Adapun TLKM juga dalam beberapa tahun terakhir sering memberikan dividen. Terakhir, mereka membagikan dividen sebesar Rp 163,82 pada bulan Juni lalu. 

Saham EXCL

PT XL Axiata Tbk merupakan salah satu saham telekomunikasi di Indonesia yang patut untuk dipertimbangkan. Pasalnya, saat ini mereka sedang gencar melakukan perkembangan untuk menarik banyak pelanggan. Terakhir, PT XL Axiata sedang terus memperkuat jaringan di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan atas pembangunan infrastruktur wisata yang sedang dilaksanakan pemerintah.

Chief Marketing Officer XL Axiata, David Arcelus Oses mengungkapkan bahwa perseroan akan terus berinovasi dan memberikan kemudahan akses data serta meningkatkan kualitas layanan sesuai kebutuhan pelanggan. Selain mempertahankan jumlah pelanggan, pihak XL juga terus berusaha meningkatkan jumlah pelanggan, terutama trafik penggunaan.

Jika dilihat dari perkembangan yang ingin dilakukan, EXCL menjadi salah satu saham yang harus dipertimbangkan untuk dimiliki. Adapun untuk harganya, pada sesi penutupan Rabu (25/9/2019), telah mencapai Rp3.300.

Itulah beberapa saham jasa telekomunikasi di Indonesia yang wajib dipertimbangkan untuk dimiliki. Jangan lupa, untuk dipertimbangkan secara matang dengan melihat laporan keuangan agar kamu bisa meraup keuntungan dengan maksimal.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait