Setelah Rilis Laporan Keuangan, Saham JPFA Makin Stabil

Businessman checking stock market online

Setelah merilis laporan keuangan pada 30 Juli lalu, saham JPFA (Japfa Comfeed Indonesia) sangat stabil di bulan Agustus 2019. Pada 26 Agustus, saham JPFA seharga Rp1.630 per lembarnya.

Saham PT Japfa Comfeed Indonesia TBK JPFA sendiri sempat berada di titik terendah di tahun ini sebelum merilis laporan keuangan. Itu terjadi pada 16 Mei 2019 dengan harga Rp1.300 per lembar sahamnya.

Keuangan mereka pada semester satu 2019 yang dirilis pada 30 Juli 2019 mencatatkan pertumbuhan penjualan bersih 9,22 persen. Artinya, mereka untung sebanyak Rp18,24 triliun dari sebelumnya Rp16,70 triliun.

Kendati demikian, emiten ini mengalami penurunan laba bersih 20,60 persen menjadi Rp829,28 miliar, dibandingkan semester pertama 2018 yang mencapai Rp1,17 triliun. Penyebabnya adalah beban pokok penjualan JAPFA naik 15,69 persen atau menjadi Rp14,92 triliun pada separuh pertama tahun 2019.

Japfa cukup terbantu program culling atau pemusnahan ayam yang dilakukan pemerintah. Ya, Kementerian Pertanian bahkan telah memberi mandat kepada 48 produsen unggas Indonesia untuk memusnahkan ayam broiler berusia di atas 68 minggu dalam kurun waktu 26 Juni sampai 9 Juli 2019.

Analis Danareksa Sekuritas Victor Stefano menyebut, program pemusnahan ayam efektif menekan risiko kelebihan pasokan di semester dua.

Tak hanya Japfa, menurut dia, emiten poultry yang lain juga ikut ketiban untung. “Sekitar satu bulan sejak culling dilakukan, suplai ayam seharusnya sudah kembali stabil,” ujarnya.

Apalagi, permintaan daging ayam di kuartal III kemungkinan akan melambat, terutama ketika masuk September. Sebab pada bulan tersebut, tidak ada momen musiman yang mendorong peningkatan konsumsi daging ayam.

Sekilas Japfa

Japfa adalah salah satu perusahaan agri-food terbesar dan terkemuka di tanah air. Mereka adalah penghasil protein hewani berkualitas dan terpercaya, yang dengan setia melayani kebutuhan serta menjadi kebanggaan Indonesia sejak tahun 1975.

Kunci kesuksesan mereka berakar dari konsep layanan terpadu yang lengkap dan menyeluruh. Japfa juga memberikan kepada seluruh jaringan pelanggan dengan cara distribusi dan keagenan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Mereka senantiasa menciptakan dan memberikan nilai-nilai tambah kepada mitra industrinya melalui kekuatan rantai produksi Japfa, dimulai dari formulasi pakan ternak yang berkualitas, bibit ternak unggul, peternakan ayam broiler, ikan, udang, dan sapi potong, hingga produk-produk makanan olahan yang menyeluruh dan terintegrasi.

Japfa juga menjadi penyedia terkemuka dan terpercaya di bidang produk pangan berprotein terjangkau di Indonesia, berlandaskan kerjasama dan pengalaman teruji, dalam upaya memberikan manfaat bagi seluruh pihak terkait.

Sebagai informasi tambahan, Japfa dibangun atas dasar keyakinan dalam membina hubungan yang saling menguntungkan, berdasarkan kepercayaan dan integritas. Bersama seluruh pihak-pihak terkait, Perseroan selalu mengambil posisi pro-aktif dalam mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait