Rencana Merger Axiata – Telenor, Saham EXCL Diborong Investor

Rencana Merger Axiata Telenor Saham EXCL Diborong Investor

Rencana merger dua perusahaan telekomunikasi Axiata (Indonesia) dan Telenor (Norwegia) akhir pekan ini, berdampak pada penjualan saham PT XL Axiata Tbk (EXCL) yang laris manis.

Pada penutupan perdagangan hari ini Jumat (6/9), saham EXCL turun 7,1% pada level Rp3.270 per saham, atau 250 poin dari Rp3.520 per saham. Rencana merger Axiata-Telenor membuat investor asing tercatat melakukan net buy hingga Rp125,8 miliar di pasar reguler.

Dalam lima hari terakhir harga saham EXCL turun 6,5% dari awal perdagangan di level Rp3.500 per saham pada (2/9) atau 230 poin. Sedangkan dalam satu bulan terakhir, saham EXCL turun 30 poin atau 9% dari pembukaan pasar Rp3.300 per saham pada (7/8).

Sedangkan akumulasi dalam enam bulan terakhir saham EXCL menunjukkan kinerja positif dengan kenaikan 39% atau 920 poin dari pembukaan pasar di level Rp2.350 per saham.

Rencana Merger Axiata dan Telenor

Pada pertengahan tahun ini kedua perusahaan telekomunikasi berencana menggabungkan aset mereka dan membangun sebuah perusahaan holding raksasa telekomunikasi yang diberi nama Margedco.

Telenor dikabarkan akan memiliki saham mayoritas sebesar 56,5% dan Axiata sebesar 43,5%. Namun sayangnya pembicaraan terhambat.

Pada menit terakhir sebuah sodoran klausul perjanjian muncul. Klausul perjanjian ini dituding menjadi penyebab mega-merger telekomunikasi ini tertunda.

Adapun masalah yang menjadi penghambat, berkaitan dengan kepentingan nasional (Malaysia-Norwegia) dan nasib pekerja atau staf pascamerger. Selain itu, Indonesia masih ragu untuk melakukan merger, karena Norwegia bagian dari kawasan Eropa. Selama ini Eropa selalu mendiskreditkan sawit Indonesia dan Malaysia.

Profil XL Axiata

PT XL Axiata Tbk sebelumnya bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk atau yang disingkat dengan XL. Axiata merupakan sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996.

Axiata merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia. Pada 16 November 2009, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) XL menetapkan perubahan nama perusahaan dari PT Excelcomindo Pratama Tbk menjadi PT XL Axiata Tbk.

Saat ini Axiata memiliki dua lini produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL Pascabayar. Selain itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP.

Profil Telenor ASA

Sedangkan Telenor ASA adalah perusahaan telekomunikasi multinasional Norwegia yang bermarkas di Fornebu, Oslo. Telenor merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia yang berfokus di Skandinavia, Eropa Timur, dan Asia.

Perusahaan ini mengoperasikan distribusi internet kabel dan televisi, lini riset dan bisnis teknologi. Telenor memegang kepemilikan jaringan di 13 negara dan beroperasi di 29 negara.

Telenor merupakan perusahaan terbesar ketiga yang terdaftar di Bursa Efek Oslo setelah DNB dan Equinor. Pada November 2015, kapitalisasi pasarnya bernilai (Krona Sedia) KR 225 miliar atau USD23 miliar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait