6 Hal Bikin Kamu Takut Berinvestasi

Takut Berinvestasi

Bukan rahasia, berinvestasi adalah cara untuk membangun kekayaan. Persediaan uang yang menumpuk uang di rekening tabungan tidak akan membantumu menjadi jutawan, atau bahkan membantu kamu mencapai tujuan keuangan kamu.

Sebenarnya, apa sih pentingnya berinvestasi? Setiap orang akan memberikan jawaban yang berbeda-beda. Namun, para ahli sepakat tujuan utamanya adalah untuk melawan inflasi. Inflasi merupakan fenomena yang memengaruhi semua orang, bukan hanya orang kaya saja.

Setiap tahunnya, Indonesia mengalami tingkat inflasi sekitar 3-4% per tahunnya. Bayangkan apabila kamu hanya menyimpan uang di bank. Biasanya, tabungan bank hanya menghasilkan bunga 0,5% setahun. Beberapa tabungan bahkan tidak memberikan bunga sama sekali! Wah, bayangkan kerugianmu bila takut berinvestasi.

Sayangnya, meskipun begitu banyak manfaat investasi, banyak kekhawatiran dan alasan yang membuat kamu tidak mau atau bahkan takut berinvestasi. Kami berharap dapat menghilangkan beberapa ketakutan dan keraguanmu dan membantu memotivasi kamu untuk mulai berinvestasi!

Investasi Adalah untuk Orang Kaya

Bagaimana caranya sebagian orang kaya menjadi kaya? Tidak dengan duduk-duduk dan mengerjakan pekerjaan kantor 9-5 mereka saja, lo! Banyak yang tidak menyadari bahwa modal awal untuk berinvestasi tidaklah selalu besar. Bahkan, siapa pun dapat mulai melakukan trading saham secara online di manapun melalui ponsel pintar mereka.

Uangnya Tidak Cukup Banyak, Bunganya Tidak Berasa!

Ini adalah prinsip yang tidak tepat. Seperti ilustrasi inflasi di atas tadi, sesedikit apapun uang yang kamu punya, akan semakin kecil nilainya dari tahun ke tahun jika tidak diinvestasikan.

Uang yang sedikit dapat dijadikan bahan belajar bagimu yang baru mulai berinvestasi. Bahkan, lama-kelamaan, kamu bisa menghasilkan banyak uang, asal dilakukan dengan sabar dan konsisten.

Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Lebih baik Rp10.000 menjadi Rp10.100 ketimbang tetap menjadi Rp10.000, bukan?

Tidak Punya Waktu

Faktanya adalah, jika kamu tidak menyediakan waktu untuk keuangan kamu, tidaklah mengherankan jika kamu tidak tahu ke mana uangmu pergi. Tentu tidak baik jika kamu terbengong di akhir bulan dan hanya bisa bertanya-tanya “wah, kok uangku sudah habis saja?”

Sebenarnya, tidak memerlukan banyak waktu untuk meneliti dan menginvestasikan uang kamu. Apalagi bila sekarang ada banyak layanan online yang mudah dan terjangkau (seperti ajaib.co.id).

Biasanya, layanan investasi online ini hanya membutuhkan waktu yang sedikit untuk mendaftar, memilih, dan mulai menginvestasikan uangmu. Nominalnya juga dapat disesuaikan dengan uang yang kamu miliki.

Ada Banyak Opsi untuk Berinvestasi

Instrumen investasi memang banyak sekali. Ada saham, properti, emas, obligasi, deposito, forex, cryptocurrency, dan lain-lain. Nah, banyaknya opsi harusnya membuatmu semakin lega, karena kamu bisa memastikan uangmu ada di berbagai tempat yang aman.

Cobalah berinvestasi di reksa dana jika kamu belum tahu mana instrumen investasi yang tepat untukmu. Reksa dana akan mendiversifikasi uang kamu dan mengurangi risiko hanya dengan memilih satu saham.

Khawatir Kehilangan Uang

Pemikiran ini masuk akal. Namun, ada cara untuk mengakalinya. Pertama, jangan pernah menginvestasikan lebih banyak uang ke hal yang belum tentu akan berhasil. Kamu harus selalu menyimpan dana darurat serta uang tunai di bank sebelum mulai berinvestasi.

Kedua, tidak ada risiko, tidak ada keuntungan juga. Bahkan menyimpan uang di rumah saja masih ada risiko kemalingan, dan menyimpan uang di dompet ada risiko kecopetan. Kamu harus mencoba untuk mengambil risiko dengan uang kamu untuk mendapatkan keuntungan lebih dari uang yang sudah kamu hasilkan dari investasi.

Ketiga, mulailah berinvestasi dengan instrumen yang relatif aman. Misalnya, ketika kamu baru mulai investasi saham, pilihlah saham blue chip. Jangan berinvestasi pada saham perusahaan teknologi tinggi yang bahkan kamu tidak mengerti model bisnis mereka. Meskipun kamu tidak akan pernah menghilangkan risiko, kamu tentu dapat belajar untuk menguranginya.

Sudah Punya Dana Pensiun, Mengapa Berinvestasi Lagi?

Pertama, kami turut senang karena kamu telah memiliki dana pensiun! Tapi, lagi-lagi, mari lihat rekening tabungan kamu sekarang, berapa bunga bulanan yang dibayarkan? Kami akan terkejut jika kamu mengatakan lebih dari 1%.

Ketika dana pensiunmu cair, apakah kira-kira cukup untukmu menjalankan hari tua? Ingatlah bahwa Rp100.000 yang kamu miliki sekarang tidak akan sama nilainya dengan Rp100.000 yang akan kamu miliki di masa pensiun.

Meskipun kamu tidak harus keluar dan menginvestasikan semua uang kamu, berinvestasi lebih awal akan menjadi hal yang baik. Dengan berinvestasi lebih awal, kamu dapat menikmati bunga keuntungan selama bertahun-tahun dan akan melihat total kekayaanmu secara bersih dan bertambah!

Bagaimana, apakah kamu sudah tidak takut berinvestasi? Sudah siap berinvestasi?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait