Tips Membenahi Kondisi Keuangan Pribadi Dalam 10 Minggu

Semakin dewasa kita semakin sibuk dengan kegiatan sehari-hari sehingga jarang waktu luang untuk memikirkan berbagai keputusan yang dibuat. Termasuk pula keputusan yang tepat soal kondisi keuangan pribadi. Padahal kita kerapkali berlaku impulsif dan tidak berpikir panjang saat menggunakan sumber daya keuangan yang dimiliki.

Hal ini pulalah yang menjadi pangkal masalah keuangan yang kerap mendera generasi milenial dan anak muda secara umum. Padahal penting untuk melakukan evaluasi keuangan termasuk untuk menentukan prioritas dan tujuan finanasial yang ingin dicapai dengan tingkat penghasilanmu sekarang. Sayangnya banyak yang luput melakukal hal ini sehingga masalah finansialnya berkelanjutan.

Bandingkan dengan perusahaan yang terus-terusan melakukan evaluasi posisi keuangan perusahaan. Biasanya disediakan staf khusus untuk yang menilai kemampuan perusahaan, termasuk pula laporan laba rugi dan rasio utang, dan memahami kondisi keuangan perusahaan. Hasil pelaporan keuangan ini yang nantinya dipakai untuk membuat keputusan ke depannya.

Meskipun dalam skala berbeda, hal ini juga harus kamu lakukan untuk membenahi perencanaan anggaran dan penggunaan uang milikmu. Jangan beralasan tidak punya waktu atau terlalu sibuk, kamu hanya butuh sedikit waktu untuk menilai laporan keuangan pribadimu dan kemudian memutuskan apa yang harus dilakukan untuk ke depannya demi kondisi keuangan yang lebih baik.

Step by Step Membenahi Kondisi Keuangan Pribadimu

Pekerjaan sibuk, jadwal padat sepanjang minggu dan tidak ada waktu untuk diri sendiri, berarti bahwa keuangan pribadimu juga akan ada di prioritas bawah. Mungkin itulah alasannya kamu selalu merasa kurang dengan penghasilanmu saat ini. Kamu tak punya dana yang cukup untuk membayar asuransi, menabung atau bahkan berinvestasi.

Mungkin permasalahannya pada kondisi keuanganmu bukan lah besaran uang yang dimiliki, melainkan bagaimana uangmu digunakan untuk berbagai hal itu. Mungkin kamu tidak punya indikator yang pas untuk mengukur seberapa benar caramu menggunakan uang atau memperbaikinya. Namun, Ajaib akan memberikan tips memperbaiki kondisi keuangmu dalam jangka waktu 10 minggu saja.

Untuk memastikan kamu mendapatkan hal-hal yang penting, lakukan rancangan rencana aktivitas berikut selama 10 minggu ke depan. Kamu hanya perlu melakukan satu tugas setiap minggu selama retang waktu itu dan sebagian besar dari tugas ini hanya membutuhkan satu jam dari akhir pekanmu.

Rencana ini akan memastikan bahwa kamu akan meningkatkan kondisi keuanganmu yang mungkin terbengkalai karena kesibukan selama ini.

# Minggu 1 – Otomatisasi Pembayaran Tagihan Kamu

Mulailah dengan mengotomatisasi pembayaran tagihan rutin yang harus kamu penuhi. Mulai dari biaya sewa, listrik, Wi-Fi, tagihan ponsel dan semua urusan bulananmu. Jangan lunasi secara manual masing-masing dengan menetapkan instruksi debit otomatis. Manfaatkan kecanggihan teknologi keuangan zaman sekarang untuk memenuhi kewajiban keuanganmu.

Tugas yang satu ini menghilangkan aktivitas bulananmu sehingga kamu bisa fokus pada hal-hal yang lebih penting atau menarik. Selain itu, kamu juga menghilangkan potensi lupa membayar tagihan tersebut sehingga dikenakan denda atau mengganggu aktivitasmu.

# Minggu 2 – Gabungkan Seluruh Rekeningmu Menjadi Satu Rekening Utama

Kurangi jumlah rekening bank yang kamu miliki karena hanya satu rekening bank yang kamu butuhkan. Maka tugasmu untuk minggu kedua adalah menggabungkan semua rekening bankmu menjadi satu dan buat hidupmu lebih mudah.

Ini akan membantumu melihat semua tabungan di satu tempat dan tahu persis seberapa likuid uangmu. Kamu juga menghemat biaya administrasi bulanan yang harus dibayar dengan mengeliminasi rekening bank yang terlalu banyak.

# Minggu 3 – Mengurangi Kartu Kreditmu Menjadi Satu

Tugas minggu ketiga adalah mengurangi kartu kredit yang kamu miliki menjadi cukup satu saja. Latihan ini membantumu hanya menggunakan satu kartu kredit untuk semua pembayaran tagihan dan pengeluaran lainnya. Hal ini menghapus tugas menjaga tagihan pada beberapa pernyataan kartu.

Selain itu, hanya memiliki satu kartu kredit akan membantumu melunasi hutangmu setiap bulan dengan tepat waktu dan menghindarimu agar terjerumus ke dalam lingkaran hutang yang ganas. Tentu saja biaya keanggotaan atau iuran tahunan yang harus kamu bayar juga menjadi lebih sedikit.

# Minggu 4 – Hitung Berapa Jumlah Pinjaman dan Hutang yang Kamu Miliki

Tugasmu selanjutnya adalah menghitung berapa banyak kamu berhutang dalam bentuk pinjaman dan hutang ke lembaga lain, untuk menghitung kekayaan bersih pribadimu. Ini akan menunjukkan seberapa sehatmu secara finansial dan kondisi keuanganmu secara keseluruhan.

Tagihan kartu kredit, pinjaman mobil, pinjaman rumah atau pinjaman pribadi lainnya, tuliskan semuanya dengan detail dan komplet. Buat daftar berapa banyak kamu berhutang dan berapa banyak waktu yang tersisa untuk melunasinya. Paling tidak ini akan memberikan gambaran mengenai beban keuanganmu untuk kemudian mencari cara menyelesaikannya sebaik mungkin.

# Minggu 5 – Periksa Asuransi Kesehatanmu

Setelah tahu betapa sehatnya kamu secara finansial, coba cek apakah kamu memiliki rencana asuransi kesehatan yang tepat. Kamu perlu mendapatkan ini untuk keluargamu juga, terlebih bagi istri atau suami atau anak jika sudah memilikiknya. Kalau belum memilikinya, segeralah daftarkan dirimu.

Jika sudah memiliki asuransi kesehatan, cek kembali preminya. Cari tahu lebih jauh apakah premi asuransi yang kamu ambil sesuai dengan kondisimu sekarang. Jika dirasa tidak memadai mungkin saatnya kamu mempertimbangkan untuk mengubahnya.

Asuransi akan membantumu jika suatu saat kamu atau keluargamu mengalami sesuatu yang membutuhkan uang banyak.

# Minggu 6 – Buat Dana Darurat yang Bisa Kamu Akses Sewaktu-waktu

Setelah pos keuangan untuk kesehatan aman, lanjutkan dengan membuat dana darurat pribadi. Jadikan ini dana SOS, supaya kamu tidak perlu berutang dengan pihak lain. Perlu kamu ketahui, tidak berhutang juga merupakan salah satu bentuk investasi karena kamu tidak perlu membayar bunga utang yang mungkin kamu ambil.

Buat dana darurat yang cukup membiayai kehidupanmu dan keluarga setidaknya selama 3 sampai 6 bulan. Jumlah ini akan memberi kamu ketenangan pikiran yang sebelumnya tidak dimiliki misalnya terjadi hal yang tidak diinginkan dan mengganggu kondisi keuanganmu. Berbagai hal seperti mendapatkan kecelakaan, jatuh sakit atau kehilangan pekerjaan adalah contoh di mana kamu pasti membutuhkan dana darurat.

# Minggu 7 – Komunikasikan Finansialmu dengan Keluarga

Setelah melindungi orang yang kamu cintai dan diri Kamu sendiri, sekarang kamu perlu berkomunikasi dengan mereka soal kondisi keuangan pribadimu. Pastikan keluargamu selalu tahu di mana semua uangmu berada. Ini akan membantu mereka membantumu, seandainya kamu berada dalam situasi yang sulit dan tidak memiliki akses ke dokumen-dokumen penting.

# Minggu 8 – Buat Asuransi Jiwa

Dalam minggu kedelapan, mulailah dengan mengasuransikan hidupmu. Pahami perbedaan antara asuransi berjangka dan asuransi jiwa. Aturan praktis yang baik adalah mengasuransikan 300 kali jumlah bulanan yang kamu butuhkan. Asuransikan diri kamu untuk tetap aman. Ada berbagai produk asuransi jiwa yang terjamin dan sudah banyak dipakai orang untuk kamu pilih sesuai dengan kondisi dan keuanganmu.  

# Minggu 9 – Mulai Berinvestasi

Setelah sebagian besar tanggung jawab keluargamu diurus, kamu harus fokus untuk mendapatkan penggunaan pendapatanmu secara optimal. Jika sudah memenuhi kebutuhan pokok, asuransi dan dana darurat dengan baik maka manfaatkan sisa uangmu dengan baik.

Jangan sampai ada uang yang tersisa dan tidak dioptimalkan dengan baik. Kamu bisa mengembangkan uangmu dengan mulai berinvestasi. Mulailah berinvestasi pada instrumen keuangan seperti deposito, reksa dana, saham, obligasi, properti dan lainnya.

Cari tahu toleransi resikomu, horizon waktu, dan tujuan finansialmu saat menentukan instrumen apa yang akan kamu pilih. Kalau ternyata sisa uang yang bisa kamu alokasikan untuk investasi belum banyak, maka kamu bisa mencoba berinvertasi dalam reksa dana.

Ajaib menyediakan berbagai produk invesasi reksa dana yang sesuai bagi portofolio investasimu. Kamu bisa mulai mengembangkan uangmu hanya dengan Rp10.000 saja. Masih bingung jenis reksa dana apa yang ingin dibeli? Kamu bisa mendapatkan rekomendasi terbaik dari para ahli di Ajaib.

# Minggu 10 – Siapkan Masa Pensiunmu

Kamu telah cukup banyak mengurus semua tanggung jawabmu saat ini. Sudah waktunya untuk merencanakan ke depan dan memikirkan pensiun. Jika belum melakukannya sama sekali, kamu harus segera mulai dan menyisihkan uang untuk hari tua agar tidak hidup kekurangan nantinya. Hitung kebutuhan pensiunmu dan jangan lupakan tingkat inflas yang mungkin membayangi.

Investasi reksa dana di Ajaib juga memungkinkanmu untuk mempersiapkan dana pensiun yang memadai sesuai dengan kondisi keuanganmu sekarang.

 

Sepuluh langkah ini hanya membutuhkan waktu singkat setiap minggunya, namun akan mengatur kondisi keuanganmu untuk waktu yang lama. Waktu yang kamu simpan dan uang yang kamu investasikan dengan baik, akan membantumu menikmati hal-hal yang lebih baik dalam hidup dan mendapatkan ketenangan pikiran, bersama dengan keamanan finansial.

 

 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait