Cara Milenial untuk Meneruskan Semangat Sumpah Pemuda

sumpah pemuda
sumpah pemuda

Sumpah Pemuda merupakan hari bersejarah bagi Indonesia. Di tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda dari seluruh Indonesia melakukan ikrar, bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, dan satu itu adalah Indonesia. Semangat tersebut hingga sekarang tidak terlupakan. Kalau kamu melihat, pemuda-pemuda Indonesia memiliki andil yang besar melakukan perubahan.

Perubahan itu bisa dilihat ketika pencetusan tanggal 17 Agustus 1945, jika bukan karena desakan pemuda, saat itu Presiden Soekarno tidak akan mendeklarasikan Kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa besar lainnya adalah pergerakan besar-besaran yang dilakukan mahasiswa untuk menggulingkan masa Orde Baru karena masalah-masalah yang ditimbulkannya. Hingga akhirnya mahasiswa berhasil menguasai Gedung MPR/DPR dan membuat Presiden Soeharto melepaskan jabatannya.

Sekarang apa yang bisa pemuda lakukan untuk Indonesia yang lebih baik? Kamu sebagai milenial yang produktif, bisa melakukan hal-hal ini untuk tetap menyalurkan semangat Sumpah Pemuda.

Berani Berpendapat

Mengutarakan pendapat mungkin bagi sebagian orang sulit karena merasa takut tidak akan didengarkan, dan takut pula dikucilkan. Namun tidak ada salahnya mengutarakan pendapat untuk kebaikanmu sendiri.

Pendapatmu tetap berharga meskipun ada yang meremehkan. Dengan berani mengutarakan pendapat, kamu akan merasa lebih lega karena unek-unekmu akan tersampaikan.

Raih Pendidikan Setinggi-tingginya

Bisa mendapatkan ilmu di tempat yang baik adalah kebanggaan tersendiri. Kamu jangan pernah ragu untuk meraih pendidikan tinggi karena hal itu akan menjadi investasi seumur hidup yang berharga. Tidak hanya ilmu, kamu akan bertemu dengan berbagai macam orang, dan itu bisa membuatmu menjadi orang yang lebih terbuka.

Terus Berkarya

Tidak peduli apa pun itu pendapat orang, terus berkarya, melakukan hal yang kamu sukai. Karyamu itu bisa kamu dan orang lain nikmat. Karyanya bisa dalam bentuk apa saja, buku, film, lukisan, dan karya-karya lainnya. Sesuaikan dengan targetmu sehingga kamu bisa mencapainya dalam waktu yang ditentukan.

Jauhi Narkoba

Pengaruh narkoba begitu besar bagi kehidupan seseorang. Ia bisa menghancurkan hidup seseorang dalam sekejap. Karena itu jangan sampai kamu mendekatinya karena yang akan rugi adalah dirimu sendiri. Narkoba efeknya mengerikan karena bisa menyebabkan kematian. Jadi, jangan sampai kamu berkenalan dengannya.

Menjadi Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri adalah hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menggapai kebahagiaan. Tidak ada salahnya menjadi diri sendiri, tanpa harus mengikuti orang lain. Dengan menjadi diri sendiri kamu akan lebih merasa bebas dan tentunya lebih bahagia.

Jangan Malu untuk Berbahasa Indonesia

Indonesia merupakan salah satu bahasa yang banyak penggunanya karena digunakan oleh ratusan juta jiwa. Tidak ada masalah jika kamu mempelajari banyak bahasa luar, asalkan kamu tidak meninggalkan bahasa negaramu sendiri. Tidak perlu malu untuk bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Bacaan menarik lainnya:

Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2002). When Generations Collide: Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work. New York: HarperCollins


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait