Faktor Penting yang Memengaruhi Persiapan Dana Pensiun

Faktor Penting yang Memengaruhi Persiapan Dana Pensiun
Faktor Penting yang Memengaruhi Persiapan Dana Pensiun

Investasi bukan hanya tentang saham dan reksa dana, namun juga dana pensiun. Merencanakan dana pensiun sedini mungkin sama pentingnya dengan memulai berinvestasi ketika masih muda. Tak bisa dipungkiri, dana pensiun adalah salah satu indikasi bahwa kamu ingin menikmati masa tua dengan tenang dan damai, tanpa takut terbelit utang dan tagihan.

Berbeda dengan investasi saham atau investasi reksa dana yang bergerak ke arah positif dalam hal antusiasme masyarakat, dana pensiun justru masih cenderung kurang dipahami oleh generasi millenial. Lalu, bagaimana caranya untuk menyiapkan dana pensiun yang baik dan benar? Serta faktor apa yang harus dipertimbangkan? Berikut jawabannya.

Buat Tabungan Dana Darurat

Salah satu tujuan utama dari dana pensiun adalah ketenangan. Apakah kamu mempunyai tabungan yang bisa menutupi kebutuhan sehari-hari minimal selama 3 bulan? Karena terkadang, banyak kendala yang tak terduga seperti keterlambatan dana pensiun atau hal lainnya. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki tabungan yang bisa diandalkan untuk mengcover tagihan jika kamu mengalami keterlambatan.

Buat Anggaran

Apakah kamu pernah menyisihkan sedikit waktu untuk menganalisis pengeluaran kamu ketika pensiun nanti? Mengulas dana pensiun sangat penting untuk dilakukan. Kamu harus mempunyai perkiraan akurat estimasi apa yang kamu habiskan saat ini dan apa yang akan berubah ketika pensiun nanti. Meremehkan pengeluaran adalah kesalahan dalam dana pensiun yang paling sering dilakukan oleh banyak orang.

Tentukan Pilihan Asuransi Kesehatan

Dana pensiun bukan hanya harus menutupi biaya sehari-hari, namun juga bagaimana biaya medis dan asuransi kesehatan di masa tua. Sertakan kedua hal ini dalam dana pensiunmu. Tolok ukurnya mungkin bisa dimulai ketika kamu mulai berumur 65 tahun, tapi tentunya lebih awal lebih baik.

Pelajari Pajak dari Pendapatan Ketika Pensiun

Apakah kamu tahu bahwa ada beberapa dana pensiun yang akan terkena pajak? Para calon pekerja yang akan pensiun tidak memahami bahwa beberapa sumber pendapatan mereka akan terkena pajak. Para pensiunan cenderung melupakan dampak pajak ketika merencanakan pensiun.

Buat Jadwal Pendapatan Ketika Pensiun

Dana pensiun bukan hanya berasal dari tabungan, namun juga dari beberapa mantan perusahaan. Disinilah peran jadwal atau timeline pendapatan ketika pensiun sangat penting. Kamu bisa mengkalkulasi kapan pensiun tiba dan bagaimana kamu bereaksi jika sewaktu-waktu pensiun dari mantan perusahaan kamu mengalami keterlambatan.

Seperti yang telah disinggung pada awal artikel, dana pensiun investasi yang kerap disepelekan oleh banyak orang. Semoga artikel ini bisa menjadi pemicu kamu untuk mulai memikirkan dana pensiun dan faktor pertimbangan yang harus ada didalamnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait