Dana Darurat Wajib Kamu Siapkan Mulai dari Sekarang. Kenapa?

Cara Jitu Menganalisa Emas Bagi Investor Pemula

Dana darurat menjadi salah satu pos tabungan yang wajib kamu miliki. Pasalnya, apa jadinya kalau kamu harus kehilangan pekerjaan hingga terjerat hutang? Bertahan hidup dalam situasi tidak menentu, pastinya membutuhkan dana ekstra.

Setiap manusia pasti akan menghadapi berbagai ujian di dalam kehidupan, salah satunya adalah masalah keuangan. Saat kamu mendadak kehilangan pekerjaan , sudah pasti keuangan kamu dalam bahaya. Oleh sebab itu, kamu harus menabung untuk dana darurat  mulai sekarang saat kondisi keuangan kamu tengah stabil.

Dana darurat dapat menjadi penyelamat ketika segala sesuatu tidak berjalan dengan semestinya. kamu tak perlu masuk dalam jeratan hutang  saat dalam kondisi sulit. Berikut beberapa alasan mengapa menabung untuk dana darurat harus menjadi prioritas utama:

Dana Darurat Menjadi Proteksi Pertama kamu saat Kehilangan Pekerjaan

Kehilangan pekerjaan yang tidak terduga dapat mengejutkan siapapun, apakah itu karena pengurangan karyawan, kebangkrutan, atau kinerja pekerjaan. Bahkan, orang-orang dalam posisi yang tampaknya aman dari kehilangan pekerjaan pun tak akan luput dari kejadian ini.

Butuh berhari-hari, berminggu-minggu, atau berbulan-bulan untuk menemukan pekerjaan baru. Dana darurat akan memungkinkan kamu untuk tetap stabil secara finansial selama beberapa bulan saat kamu mencari pekerjaan baru. Tanpa dana ini, kamu mungkin tergoda untuk mengambil kartu kredit dan menimbun hutang berbunga tinggi untuk membayar tagihan bulanan kamu. Hal ini justru semakin menambah beban finansial kamu.

Kamu Terlindung dari Tagihan yang Tetap Terus Berjalan

Para pembuat anggaran dan perencana terbaik kadang-kadang bisa melupakan pengeluaran besar, seperti perpanjangan keanggotaan tahunan, iuran profesional, atau tagihan pajak. Tanpa dana darurat, kamu mungkin harus bergegas membayar tepat waktu ditambah bunga.

kamu juga akan selalu siap untuk pengeluaran tak terduga, seperti biaya perawatan rumah, kebutuhan medis, atau biaya perawatan anak tambahan. Menyimpan untuk keadaan darurat berarti kamu selalu siap untuk membayar tagihan-tagihan tersebut.

Dana Darurat Menjauhkan kamu dari Jeratan Hutang atau Kartu Kredit

Dengan mampu menangani tagihan bulanan atau tahunan yang tetap, itu berarti kamu akan terhindar dari hutang atau tagihan kartu kredit. Bahkan, pengajuan pinjaman kredit tanpa agunan sekalipun akan menjerat kamu dengan suku bunga yang relatif tinggi dan denda keterlambatan. Dana darurat yang sudah kamu persiapkan ini adalah alternatif yang jauh lebih bijaksana daripada pinjaman dengan bayaran berbunga tinggi, kartu kredit, atau jalur kredit. Ingat, pinjaman berbunga akan semakin mempersulit masalah keuangan kamu.

Menghindari Rusaknya Hubungan Teman atau Keluarga

Salah satu solusi yang dianggap cukup cepat untuk mengatasi masalah keuangan adalah dengan meminjam uang kepada teman atau keluarga. Sekilas, ini mungkin solusi yang lebih baik dibandingkan terjebak dengan kartu kredit. Tentunya mendapatkan pinjaman dari orang terdekat akan lebih mudah ketimbang meminjam dari lembaga-lembaga keuangan tertentu, bukan? Kendati demikian, kamu tidak boleh terlena. Meminjam uang dengan orang-orang terdekat ini bisa menjadi masalah tersendiri ketika kamu gagal membayarnya sesuai dengan tempo waktu yang kamu janjikan.

Kedua belah pihak dalam situasi yang canggung serta dapat menempatkan hubungan kamu dengan teman atau keluarga dalam bahaya. Dana darurat akan menghindarkan kamu dari situasi-situasi kurang menyenangkan tersebut.

Dalam Kondisi Tak Menentu, Kamu Masih Bisa Tidur Nyenyak

Fase kehancuran finansial sangat rentan membuat kamu merasa tertekan. Pengeluaran bulanan terus harus kamu keluarkan untuk hidup sehari-hari. Nah, dengan menabung dana darurat, kamu akan lebih tenang karena biaya hidup tersebut dapat tertutup selama beberapa bulan, setidaknya hingga kamu mendapatkan sumber pemasukan baru. Dana tersebut sangat membantu kamu dalam menangani biaya tak terduga yang menjadi tanggungan hidup kamu.

Berapa besaran dana darurat yang harus kamu persiapkan? Idealnya, kamu harus mengumpulkan minimal dana sebesar tiga bulan biaya hidup kamu sehari-hari. Jumlah ini tentunya bisa meningkat lagi jika kamu mempertimbangkan hal-hal tak terduga seperti sakit dan kecelakaan. Untuk dua hal yang disebut tadi, sebaiknya kamu memiliki asuransi agar tabungan dana darurat kamu tetap aman.

Hujan pasti datang dengan tiba-tiba. Jika kamu telah menyiapkan payung atau jas hujan sebelumnya, maka perjalanan kamu tidak akan terganggu. Begitu pula dengan cobaan hidup yang dapat menggoyahkan keuangan kamu secara tiba-tiba. Asal kamu memiliki dana darurat, cobaan keuangan pasti dapat kamu lalui.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait