Dana Darurat

Seberapa Penting Menyiapkan Dana Darurat Untuk Kehidupan Anda?
Setiap manusia pasti akan menghadapi berbagai ujian di dalam kehidupan, tidak terkecuali dalam masalah keuangan. Seperti misalnya saat Anda tidak mempunyai pekerjaan atau di PHK dari kantor, ini sudah pasti keuangan Anda akan terkuras. Itulah sebabnya Anda harus menabung untuk dana darurat ketika kondisi keuangan Anda sedang membaik atau stabil.
Dana darurat dapat menjadi penyelamat ketika segala sesuatunya berjalan tidak dengan semestinya. Berikut beberapa alasan mengapa menabung untuk dana darurat harus menjadi prioritas utama:
Anda Terlindungi Jika Kehilangan Pekerjaan
Kehilangan pekerjaan yang tidak terduga dapat mengejutkan siapapun, apakah itu karena pengurangan karyawan, kebangkrutan, atau kinerja pekerjaan. Bahkan orang-orang dalam posisi yang tampaknya aman dari kehilangan pekerjaan mereka bukan tidak mungkin akan mengalaminya.
Mungkin butuh berhari-hari, berminggu-minggu, atau berbulan-bulan untuk menemukan pekerjaan baru. Dana darurat akan memungkinkan Anda untuk tetap stabil secara finansial selama beberapa bulan saat Anda mencari dan wawancara untuk pekerjaan baru. Tanpa dana ini, Anda mungkin tergoda untuk mengambil kartu kredit dan menimbun hutang berbunga tinggi untuk membayar tagihan bulanan Anda, tetapi justru ini semakin menambah beban finansial Anda.
Terlindungi Dari Tagihan Bulanan atau Tahunan Yang Tetap Terus Berjalan
Bahkan para pembuat anggaran dan perencana terbaik kadang-kadang bisa melupakan pengeluaran besar, seperti perpanjangan keanggotaan tahunan, iuran profesional, atau tagihan pajak. Tanpa dana darurat, Anda mungkin harus bergegas membayar tepat waktu ditambah bunga.
Anda juga akan selalu siap untuk pengeluaran tak terduga, seperti biaya perawatan rumah, kebutuhan medis, atau biaya perawatan anak tambahan. Menyimpan untuk keadaan darurat berarti Anda selalu siap untuk dana tagihan-tagihan tersebut.
Anda Tidak Akan Terjerat Hutang Atau Kartu Kredit
Mampu menangani tagihan bulanan atau tahunan yang tetap, bisa berarti Anda tidak akan terhindar dari hutang atau kartu kredit. Dana darurat adalah alternatif yang jauh lebih bijaksana daripada pinjaman dengan bayaran berbunga tinggi, kartu kredit atau jalur kredit. Bunga ini akan bertambah seiring waktu, membuat waktu keuangan Anda yang sulit menjadi lebih sulit lagi.
Menghindari Rusaknya Hubungan Teman Atau Keluarga
Beberapa orang ketika mengalami kesulitan keuangan akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan solusinya. Salah satunya dengan meminjam uang kepada teman atau keluarga. Ini mungkin solusi yang lebih baik dibandingkan terjebak dengan kartu kredit, akan tetapi ini juga akan memberi masalah ketika Anda belum membayarnya sesuai dengan tempo waktu yang Anda janjikan. Kedua belah pihak dalam situasi yang canggung, dan menempatkan hubungan Anda dengan teman atau keluarga Anda dalam bahaya. Dengan menyimpan uang darurat, Anda tidak perlu menjadi orang yang seperti itu.
Anda Akan Lebih Mudah Tidur
Hidup pada umumnya jauh lebih stres ketika Anda berada di dalam fase kehancuran finansial. Dengan menabung dana darurat, Anda akan lebih mudah tidur, karena dana tersebut sangat membantu Anda dalam menangani biaya tak terduga yang menjadi tanggungan hidup Anda.
Hujan pasti datang dengan tiba-tiba, akan tetapi jika Anda telah menyiapkan payung atau jas hujan sebelumnya maka perjalanan Anda tidak akan terganggu. Begitupula dengan kehidupan Anda, musibah atau cobaan hidup yang dapat menguras keuangan Anda kadang datang tiba-tiba, akan tetapi jika Anda mempunyai tabungan dana darurat itu semua tidak akan menjadi masalah.
Share to :
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com