Tips Menyimpan Uang Tabungan Agar Tidak Dimakan Rayap

Tips Menyimpan Uang Tabungan Agar Tidak Dimakan Rayap

Tips Menyimpan Uang Tabungan Agar Tidak Dimakan Rayap

Rayap adalah binatang yang sangat merusak jika ada di rumah, terutama hidup di lemari-lemari kayu. Binatang satu ini bisa menggerogoti habis isi lemari jika tidak dibasmi. Memang rayap butuh waktu saat memakan isi lemari, namun patut diperhatikan jangan sekali-kali kita menyimpan uang tabungan di lemari.

Belum lama ini, publik dikagetkan dengan uang yang jumlahnya puluhan juta dimakan rayap. Alih-alih, menganggap tempat itu aman tetapi malah akan terkaget-kaget saat melihat bentuknya saat sudah dimakan rayap.

Agar hal ini tidak terjadi dengan kamu, berikut ini adalah tips biar uang tabungan dan buku tabungan kita tetap aman dan tidak dimakan rayap.

Simpan Uang Tabungan di Brankas  

Ya, simpan uang di brankas atau kotak besi lebih aman dibanding di lemari kayu. Pertama karena brankas itu keras, gigi rayap pasti akan rontok jika memaksa memakannya. Kedua, aman sebab untuk membukanya diperlukan angka kombinasi tertentu. Brankas ini bisa tahan air dan tahan api. Meski menempatkan uang plus mungkin buku tabungan di brankas dirasa sudah aman, namun salah penempatannya bisa berbahaya. Brankas harus diletakkan di ruang tak terduga alias bukan ruang umum seperti lemari di kamar tidur utama. Untuk bentuknya, brankas umumnya berbentuk kubus, balok atau silinder. Ada berbagai jenis brankas, dari yang kecil dan portabel, brankas yang dipasang di dinding, maupun brankas besar berbentuk ruangan.

Simpan Uang di Bank

Paling aman ya simpan uang di bank karena memang itu salah satu fungsi bank yaitu tempat menyimpan uang kita dalam berbagai bentuk produk keuangan seperti tabungan, tabungan berjangka, deposito, dan lainnya. Pilihlah bank yang sesuai dengan selera dan mulailah untuk menyimpan uang di sana. Menyimpan uang di bank pun bisa banyak jumlahnya. Dibanding kita menyimpan uang di rumah terlebih di lemari yang resikonya besar, selain rayap juga tamu tak diundang alias maling, lebih baik simpanlah uang di bank.

Menyimpan Uang di Rumah Tidak Mendapat Bunga

Menyimpan uang di rumah pasti tidak akan mendapat bunga. Berbeda jika menabung di bank, salah satu keuntungan utama adalah  uang yang disimpan akan memperoleh bunga. Selain itu, bank memberikan fasilitas dan kemudahan jika kamu menyimpan atau menabung uang di bank. Menyimpan uang di rumah justru akan menyulitkan jika akan digunakan untuk transaksi. Pasalnya, jika dibutuhkan kita diharuskan membawa uang dalam jumlah banyak. Hal ini tentu akan merepotkan kita.  Sementara itu, jika menyimpan uang di bank, kita bisa menggunakan kartu debit dengan hanya menggesek atau dengan cara transfer.

Itulah beberapa tempat penyimpanan uang tabungan yang aman daari rayap. Namun, Ajaib menyarankan untuk tetap menyimpan uang di bank. Meski tidak akan mendapat keuntungan yang besar dan memiliki biaya bulanan, ini akan lebih aman dibanding kamu simpan di dalam lemari rumah.

Atau bagi kamu yang mengharapkan uang tersebut bisa bekerja buat kamu, cobalah mulai belajar investasi saham. Dengan investasi saham, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Jadi tunggu apalagi? Apapun investasi yang kamu pilih, mulai investasi dulu sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait