Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis

Cara Menggunakan Instagram
Cara Menggunakan Instagram

Instagram adalah platform media sosial yang populer dan memungkinkan kita berbagi foto atau video kepada publik. Cara menggunakannya juga cukup mudah untuk dilakukan sehari-hari. Dengan kemampuan dan kepopulerannya tersebut memungkinkan kamu untuk berbisnis melalui Instagram.

Cara menggunakan Instagram untuk bisnis tidak melulu soal online shop atau retailer saja. Tapi media sosial ini juga bisa menjadi salah satu alat efektif untuk membangun brand kamu. Hal tersebut tidak akan terlalu sulit, karena penggunanya sendiri sangat banyak di dunia.

Yang perlu kamu ingat tentang cara menggunakan Instagram untuk bisnis, adalah membuat akun khusus untuk bisnis kamu. Gunakan logo bisnismu dan tulis deskripsi sekreatif mungkin, tambahkan link menuju website kamu untuk meyakinkan setiap pengunjung.

Berikutnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara menggunakan Instagram bisnis:

Pelajari Cara Menggunakan Instagram Bisnis

Banyak yang telah menggunakan Instagram sebagai media bisnis karena jumlah penggunanya yang sangat banyak di seluruh dunia. Instagram sudah membangun blog terkait cara berbisnis dengan Instagram.

Isi dari blog tersebut adalah tips berbisnis, info soal brand dan berbagai macam berita seputar Instagram bisnis. Dengan membaca panduan cara menggunakan Instagram untuk bisnis, kamu akan mengetahui berbagai cara efektif dari blog tersebut.

Optimalkan Profil Akun Bisnis

Informasi yang lengkap jelas dan mudah dipahami pada setiap sosial media bisnis kamu, akan memudahkan konsumen untuk datang dan menghubungimu. Lengkapi dengan link menuju website atau langsung menuju Whatsapp Admin, untuk lebih mempermudah saat order.

Unggah Konten Menarik

Instagram memungkinkan kamu mengunggah foto ataupun video. Kunci untuk menarik perhatian audiens adalah desain yang kekinian dan informatif. Setelahnya, jangan malas untuk melengkapi deskripsi untuk mempermudah memahami isi konten kamu.

Tambahkan Hashtag Populer dan Sesuai Bisnis Anda

Penggunaan hashtag dalam setiap postingan berguna seperti mesin pencari pada setiap kategori. Jika kamu rajin memberikan hashtag yang sama untuk semua postinganmu, maka produkmu akan lebih mudah dicari konsumen.

Biasakan menggunakan hashtag sebanyak mungkin yang sesuai dengan bisnis kamu, juga hashtag yang sedang populer saat ini untuk mendapatkan konsumen baru.

Unggah Konten Secara Berkala

Dengan kamu mengunggah konten setiap hari, maka bisnismu akan terlihat hidup dan selalu ramai. Dengan begitu calon konsumen tidak akan ragu untuk melakukan pemesanan.

Follow Kembali Follower Kamu

Beberapa perusahaan tidak mem-follow kembali pelanggan atau follower-nya, dan menganggap semakin sedikit following itu profesionalitas. Padahal dengan kamu mem-follow kembali, kamu akan mendapatkan data yang sangat penting.

Dengan mem-follow kembali setiap konsumen, kamu akan mengetahui postingan seperti apa yang mereka sukai. Melakukan follow kembali juga bisa menjadi reward bagi konsumen dan memberikan rasa kebanggaan sendiri untuk konsumen. 

Maksimalkan Promosi Bisnis Anda Dengan Integrasi

Untuk menjangkau publik yang lebih luas lagi. Kamu bisa mengintegrasikan akun Instagram bisnismu dengan akun Facebook bisnismu. Facebook saat ini memiliki 818 juta pengguna aktif dan 130 juta pengguna aktif Instagram di seluruh dunia.

Dengan pengguna sebanyak itu, kemungkinan untuk mendapatkan konsumen dari luar negeri akan terbuka lebar dan omsetmu akan meningkat drastis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait