Rekomendasi Tabungan Anak Agar Si Kecil Belajar Menabung

rekomendasi-tabungan-anak
Family saving money in piggy bank

Dahulu orang tua kita mengajarkan menabung sejak dini dengan berbekal celengan sederhana yang disimoan di rumah. Namun dengan kecanggihan dunia perbankan kini maka tak ada salahnya berinovasi dalam mengajarkan kebiasaan baik menabung kepada si kecil lewat rekening bank. Ada sejumlah rekomendasi tabungan anak yang bisa dipilih dan sesuai dengan kebutuhanmu dan buah hati.

Memilihkan tabungan anak terbaik tentunya punya pertimbangan yang jauh berbeda dibandingkan untuk kebutuhan kita sendiri. Jika bagi orang dewasa persoalan mengenai aksesibilitas, ketersediaan kartu kredit dan layanan yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari menjadi indikator utama. Namun tidak demikian jika membuka rekening untuk anak-anak.

Ada tujuan berbeda-beda ketika akan membuka tabungan bagi buah hati. Mulai dari hanya sekedar mengajarkan menabung, mempersiapkan anak mengatur kondisi keuangannya sendiri sampai dengan tabungan pendidikan anak di masa depan. Salah satu tujuan tersebut, atau lebih, mungkin saja sesuai dengan kondisimu saat ini.

Pada dasarnya, kita bisa memilih tabungan anak sesuai dengan jumlah dana yang akan disimpan dan tujuan keuangannya. Barulah kemudian kita meninjau ulang soal fitur yang tersedia. Misalnya saja untuk pendidikan menabung rasanya bebas biaya administrasi akan menjadi suatu kelebihan. Sedangkan jika dana pendidikan maka carilah dengan suku bunga yang paling bersaing.

Hampir semua bank menyediakan produk tabungan anak. Mulai dari bank negara seperti Mandiri, BNI, BTN sampai dengan bank swasta yang sudah punya nama besar seperi BCA, CIMB Niaga dan masih banyak pilihan lainnya. Dengan banyaknya pilihan tersebut, wajar saja jika kamu bingung memilih mana yang akan menjadi produk keuangan bagi si kecil.

Jika bertanya soal rekomendasi tabungan anak pada kerabat atau keluarga, mungkin kamu akan mendapatkan jawaban yang berbeda. Pasalnya latar belakang membuka rekening dan memilihkan tabungan anak juga berbeda. Mulai dari jumlah dananya, jangka waktu sampai usia anak adalah sejumlah faktor yang cukup penting.

Karena itu, Ajaib akan memberikan sejumlah rekomendasi tabungan anak dari sejumlah bank. Produk perbankan ini sudah menjadi favorit dari banyak nasabah di Indonesia. Dengan pilihan yang lebih terbatas, tentu saja kamu dan pasangan bisa lebih mudah meneliti dan menjatuhkan pilihan kan.

3 Rekomendasi Tabungan Anak Versi Ajaib

Membiasakan anak untuk mulai menabung memang bukan persoalan mudah. Padahal, kebiasaan menabung akan membantu si anak untuk lebih siaga terhadap kondisi finansialnya di usia dewasa nanti. Para orang tua di masa kini mestinya bisa lebih terbuka karena banyaknya pilihan tabungan anak yang bisa digunakan.

Semua tahu umumnya rekening tabungan baru bisa dibuka saat usia dewasa ketika memiliki KTP. Namun membiasakan anak untuk mulai menabung adalah persoalan lain. Saat ini banyak bank membuka opsi tabungan anak sehingga orang tua tidak perlu terlalu repot membiasakan sifat menabung pada anak.

Banyak rekomendasi tabungan anak yang bisa dijadikan pilihan agar anak bisa mengikuti pola tabungan seperti orang tuanya, yakni melalui bank. Bukan menabung secara tradisional seperti lewat celengan ayam, misal. Mengenalkan bank dan konsep menabung sejak dini diharapkan akan memupuk sifat peduli finansial pada si kecil nantinya.

Tabungan anak sendiri memiliki kelebihan seperti syarat pembukaan rekening yang lebih mudah dan saldo awal yang terjangkau mulai dari Rp 100 ribu. Selain itu, biasanya desain kartu ATM atau buku tabungannya juga lebih menarik. Tersedia pilihan karakter lucu atau tematik yang sesuai dengan selera anak-anak.

Hany saja, kadang ada tabungan anak yang tidak menyediakan buku tabungan atau kartu ATM. Selain itu, suku bunganya juga lebih rendah dibandingkan simpanan biasa. Selain itu, fitur yang disediakan juga relatif terbatas sehingga kurang memudahkan ketika si anak beranjak dewasa.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada rekomendasi tabungan anak yang bisa dipertimbangkan. Keterbatasan tersebut sebenarnya sesuai dengan kebutuhan anak yang tentunya belum sebanyak orang dewasa. Sekali lagi, tujuan membuka rekening ini adalah guna mengajarkan anak menabung sejak dini.

Berikut beberapa opsi tabungan anak yang bisa orang tua pilih dan berbagai benefit yang juga bisa diambil. Dengan banyaknya pilihan berikut tentu orang tua tidak perlu pusing untuk memilihkan tabungan yang pas untuk si kecil.

1.  BRI Junio

BRI Junio adalah layanan tabungan anak yang dibuka oleh pihak BRI. Kamu tentu tahu bahwa BRI memiliki jangkauan hingga pelosok Indonesia. Melalui BRI Junio, kamu cukup melakukan setoran awal sebesar Rp250.000 saja.

Namun untuk membuka tabungan ini orang tua juga harus memiliki tabungan BRI terlebih dahulu, ya. Keuntungan lain yang bisa didapat adalah adanya asuransi kecelakaan anak sebesar 250 persen dari saldo akhir. Juga pendaftaran yang cukup mudah.

Si kecil hanya perlu menunjukkan copy kartu keluarga dan disertai form yang telah diisi. Selain itu, terdapat fasilitas e-banking untuk memudahkan anak dan orang tua dalam mengelola tabungannya.

2.  BNI Taplus Anak

BNI Taplus Anak hadir dengan kartu debit yang dapat didesain dengan foto anak. Jenis tabungan ini ditujukan untuk anak usia 0-17 tahun, lho. Jadi, orang tua sudah bisa menyisihkan tabungan spesifik untuk si kecil sejak dini.

Terlebih, setoran awal yang dilakukan cukup Rp100.000 dan bebas biaya pengelolaan rekening. Syaratnya cukup mengisi form pembukaan rekening dan melampirkan copy Akte Kelahiran/Kartu Keluarga serta identitas diri orang tua (SIM/KTP/Paspor).

Di sisi lain, benefit yang bisa didapat adalah suku bunga 1-1,5 persen. Juga fitur SMS notifikasi agar orang tua tetap mengetahui transaksi yang dilakukan anak.

3.  BCA Simpan Pelajar

BCA Simpan Pelajar secara khusus dihadirkan BCA untuk membiasakan si kecil gemar menabung. Dengan setoran awal minimal Rp5.000 saja, si kecil sudah bisa membuka tabungannya. Selain itu, si anak juga mendapatkan kartu ATM dan buku tabungan yang sesuai dengan namanya, lho.

Adapun syarat yang diperlukan cukup mengisi form aplikasi pembukaan rekening dan melampirkan copy identitas orang tua (SIM/KTP/Paspor) serta Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran. Di sisi lain si anak juga tidak akan dikenakan biaya administrasi. Tentu memudahkan sekali, bukan?

Itulah beberapa rekomendasi tabungan anak yang bisa dipilihkan orang tua untuk si kecil. Tentu membiasakan anak menabung sejak dini akan membentuk sifat melek finansial bagi si anak. Semakin cepat si anak belajar menabung pastinya akan jauh lebih baik. Jadi, sudah pilih tabungan anak yang mana?

Metode yang Efektif Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Setelah mendapatkan rekomendasi tabungan anak yang sesuai dengan kebutuhanmu dan buah hati maka tahap selanjutnya adalah mengajak anak untuk rutin menabung. Mengajarkan anak pentingnya menabung sejak kecil merupakan salah satu pendidikan yang wajib diberikan oleh orang tua.

Berapa banyak orang dewasa, bahkan mungkin kamu sudah mengalaminya, mengalami masalah keuangan karena tidak tahu cara mengelolanya dengan tepat. Dengan pendidikan finansial sedini mungkin, anak bisa mendapatkan kemampuan tersebut sesegara mungkin.

Tugasmu sebagai orang tua memang bukan hanya sekedar memilihkan rekomendasi tabungan anak terbaik saja namun mengajarkan pentingnya menabung. Berikut adalah metode yang bisa kamu terapkan dalam mengajarkan anak menabung semuda mungkin.

  • Cermat dalam Memilih dan Membeli Produk

Seperti yang kita ketahui bahwa semua produk kebutuhan, termasuk kebutuhan sehari-hari, sangat beragam macamnya. Kecermatan dalam memilih produk-produk ini juga menjadi salah satu faktor berapa besar biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk mengajarkan anak supaya cermat dalam memilih dan membeli produk bisa dimulai dengan bermain sembari mengindentifikasi iklan. Seringnya, ketika kita bermain media sosial atau menonton televisi, banyak iklan bermunculan yang bisa menimbulkan keinginan untuk memiliki barang atau menggunakan jasa yang tertera pada iklan tersebut.

Cobalah untuk edukasi anak mengenai iklan mana yang berlebihan dan sebenarnya tidak sesuai dengan kualitas produknya. Jangan lupa untuk edukasi anak mengenai produk alternatif lain yang kualitas produknya sama tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Mengenalkan Uang dan Fungsinya

Kenalkan uang, termasuk bentuk uang, nilai uang, hingga bagaimana perannya dalam kehidupan sehingga akhirnya bisa mengontrol pasar. Ajarkan pula fungsi uang dengan memberikan contoh yang sederhana, seperti mengambil contoh transaksi pembelian dan penjualan di pasar atau di warung.

  • Jelaskan Tujuan Keuangan

Berikan pengertian sederhana bahwa tujuan keuangan adalah untuk mempersiapkan kehidupan di masa mendatang dan hal tersebut bisa dibantu atau dilakukan dengan menabung. Berikan pula contoh hal-hal yang bisa didapatkan dengan menabung, seperti membeli sepatu, baju, dan sebagainya.

Dengan pemahaman ini, anak bisa mengerti bahwa uang mampu memenuhi kebutuhannya sehingga anak dapat memiliki kemampuan dalam mengatur dan membelanjakan uangnya.

  • Berikan Perbedaan Mengenai Kebutuhan dan Keinginan

Dengan mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan, anak akan lebih bijak dalam membelanjakan uangnya. Anak juga akan lebih paham mana hal yang butuh dipenuhi dengan segera dan mana yang bisa ditunda.

  • Ajari Kebiasaan Mencatat Pengeluaran

Sangat penting untuk mengajarkan anak bagaimana cara mengelola keuangan yang teratur dan rapi. Salah satu caranya bisa dengan membiasakan anak untuk mencatat keuangannya. Siapkan satu buku catatan di mana ada kolom pengeluaran dan pemasukan yang dapat diisi. Dengan mengajarkan untuk melakukan ini, anak pun akan menjadi disiplin dan tahu ke mana saja dan untuk apa saja uangnya dibelanjakan.

  • Beri Jatah Uang Bulanan

Setelah mengajarkan hal-hal di atas, saatnya mulai praktek dengan memberikan anak jatah uang bulanan. Dengan pengalaman mengelola keuangannya sendiri seperti ini, anak akan lebih mudah untuk memahami teori-teori yang telah diketahui sebelumnya.

Biarkan anak belajar dan akhirnya mengerti serta menemukan caranya sendiri dalam mengelola keuangan pribadinya. Jangan lupa untuk memberikan penghargaan apabila ternyata anak sudah mampu mengatur keuangannya dengan sangat baik.

Setelah memberikan bekal keuangan kepada anak yang memadai, baik itu prinsip keuangan maupun pilihan rekomendasi tabungan anak, maka salah satu tugasmu sebagai orang tua sudah dijalankan dengan baik.

Jadi, mana diantara rekomendasi tabungan anak di atas yang jadi pilihanmu?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait